Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Macam-Macam Bioma yang Perlu Anda Ketahui

Bioma adalah wilayah besar di bumi yang memiliki karakteristik serupa seperti iklim, tanah, curah hujan, komunitas tumbuhan, dan spesies hewan. Bioma terkadang disebut sebagai ekosistem atau ekoregion. Iklim mungkin merupakan faktor terpenting yang menentukan sifat bioma mana pun, tetapi ini bukan satu-satunya faktor, faktor lain yang menentukan karakter dan penyebaran bioma termasuk topografi, lintang, kelembaban, curah hujan, dan ketinggian.

Tentang Bioma Dunia

Pengertian bioma

Para ilmuwan tidak setuju dengan tepat berapa banyak bioma yang ada di Bumi dan ada banyak skema klasifikasi berbeda yang telah dikembangkan untuk menggambarkan bioma dunia. Untuk keperluan situs ini, kami membedakan lima bioma utama. Lima bioma utama meliputi bioma akuatik, gurun, hutan, padang rumput, dan tundra. Dalam setiap bioma, kami juga mendefinisikan berbagai jenis sub-habitat.

Bioma Perairan

Apa yang di maksud bioma perairan

Bioma akuatik mencakup habitat di seluruh dunia yang didominasi oleh air. Dari terumbu tropis hingga hutan bakau berair payau, maupun hingga danau Arktik. Bioma akuatik dibagi menjadi dua kelompok habitat utama berdasarkan salinitasnya, habitat air tawar dan habitat laut.

Habitat air tawar adalah habitat perairan dengan konsentrasi garam yang rendah (di bawah satu persen). Habitat air tawar meliputi danau, sungai, sungai, kolam, lahan basah, rawa, laguna, dan rawa.

Habitat laut adalah habitat perairan dengan konsentrasi garam yang tinggi (lebih dari satu persen). Habitat laut meliputi laut , terumbu karang , dan samudra. Ada juga habitat dimana air tawar bercampur dengan air asin. Di tempat-tempat ini, Anda akan menemukan hutan bakau, rawa asin, dan dataran lumpur.

Berbagai habitat akuatik di dunia mendukung keragaman satwa liar termasuk hampir setiap kelompok hewan — ikan, amfibi, mamalia, reptil, invertebrata, dan burung.

Bioma Gurun

Apa yang di maksud bioma gurun

Bioma gurun termasuk habitat darat yang menerima curah hujan sangat sedikit sepanjang tahun. Bioma gurun menutupi sekitar seperlima permukaan bumi dan dibagi menjadi empat sub-habitat berdasarkan kekeringan, iklim, lokasi, dan suhu. Gurun yang gersang, gurun semi-kering, gurun pesisir, dan gurun yang dingin.

Gurun kering adalah gurun kering yang panas yang terjadi di lintang rendah di seluruh dunia. Suhu tetap hangat sepanjang tahun, meskipun paling panas selama bulan-bulan musim panas. Ada sedikit curah hujan di gurun yang gersang dan curah hujan yang turun sering kali terlampaui oleh penguapan. Gurun kering terjadi di Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika, Asia Selatan, dan Australia.

Gurun semi-gersang umumnya tidak sepanas dan sekering gurun gersang. Gurun semi-kering mengalami musim panas yang panjang dan kering serta musim dingin yang sejuk dengan curah hujan. Gurun semi-kering terjadi di Amerika Utara, Newfoundland, Greenland, Eropa, dan Asia.

Gurun pesisir umumnya terjadi di tepi barat benua pada sekitar 23 ° LU dan 23 ° LS (juga dikenal sebagai Tropic of Cancer dan Tropic of Capricorn). Di lokasi-lokasi ini, arus laut dingin mengalir sejajar dengan pantai dan menghasilkan kabut tebal yang melayang di atas gurun. Meskipun kelembapan gurun pesisir mungkin tinggi, curah hujan tetap jarang. Contoh gurun pesisir termasuk Gurun Atacama di Chili dan Gurun Namib di Namibia.

Gurun dingin adalah gurun yang memiliki suhu rendah dan musim dingin yang panjang. Gurun dingin terjadi di Kutub Utara, Antartika, dan di atas barisan pohon pegunungan. Banyak area di bioma tundra juga bisa dianggap gurun dingin. Gurun dingin sering kali memiliki curah hujan lebih banyak dibandingkan jenis gurun lainnya.

Bioma Hutan

Bioma hutan adalah

Bioma hutan termasuk habitat darat yang didominasi oleh pepohonan. Hutan membentang di sekitar sepertiga dari permukaan tanah dunia dan dapat ditemukan di banyak wilayah di seluruh dunia. Ada tiga tipe utama hutan yakni sedang, tropis, boreal dan masing-masing memiliki keragaman karakteristik iklim, komposisi spesies, dan komunitas satwa liar yang berbeda.

Hutan beriklim sedang terjadi di daerah beriklim sedang di dunia termasuk Amerika Utara, Asia, dan Eropa. Hutan beriklim sedang mengalami empat musim yang jelas. Musim tanam di hutan beriklim sedang berlangsung antara 140 dan 200 hari. Curah hujan terjadi sepanjang tahun dan tanah kaya akan nutrisi.

Hutan tropis terdapat di daerah ekuator antara garis lintang 23,5 ° LU dan 23,5 ° LS. Hutan tropis mengalami dua musim, musim hujan dan musim kemarau. Panjang hari bervariasi sedikit sepanjang tahun. Tanah di hutan tropis miskin nutrisi dan asam.

Hutan Boreal, juga dikenal sebagai taiga, adalah habitat terestrial terbesar. Hutan Boreal adalah kumpulan hutan jenis konifera yang mengelilingi dunia di lintang utara yang tinggi antara sekitar 50 ° LU dan 70 ° LU. Hutan Boreal membentuk lingkaran habitat melingkar yang membentang tepat di seluruh Kanada dan membentang dari Eropa utara hingga Rusia timur. Hutan Boreal dibatasi oleh habitat tundra di utara dan habitat hutan sedang di selatan.

Bioma Padang Rumput

Gambar bioma padang rumput

Padang rumput merupakan habitat yang didominasi oleh rerumputan dan memiliki sedikit pohon atau semak besar. Ada tiga tipe utama padang rumput, padang rumput sedang, padang rumput tropis (juga dikenal sebagai sabana), dan padang rumput stepa. Padang rumput mengalami musim kemarau dan musim hujan. Selama musim kemarau, padang rumput rentan terhadap kebakaran musiman.

Padang rumput beriklim sedang didominasi oleh rerumputan dan tidak memiliki pepohonan dan semak besar. Tanah padang rumput beriklim sedang memiliki lapisan atas yang kaya nutrisi. Kekeringan musiman sering kali disertai dengan kebakaran yang menghalangi pertumbuhan pohon dan semak belukar.

Padang rumput tropis adalah padang rumput yang terletak di dekat khatulistiwa. Mereka memiliki iklim yang lebih hangat dan lebih basah daripada padang rumput sedang dan mengalami kekeringan musiman yang lebih parah. Padang rumput tropis didominasi oleh rerumputan tetapi juga memiliki beberapa pohon yang tersebar. Tanah padang rumput tropis sangat berpori dan mengalir dengan cepat. Padang rumput tropis terdapat di Afrika, India, Australia, Nepal, dan Amerika Selatan.

Bioma Tundra

Gambar bioma tundra

Tundra adalah habitat dingin yang dicirikan oleh tanah permafrost (tanah beku), suhu rendah, vegetasi pendek, musim dingin yang panjang, musim tanam singkat, dan drainase terbatas. Tundra Arktik terletak di dekat Kutub Utara dan meluas ke selatan sampai ke titik di mana hutan jenis konifera tumbuh.

Tundra Arktik terletak di Belahan Bumi Utara antara Kutub Utara dan hutan boreal. Tundra Antartika terletak di Belahan Bumi Selatan di pulau-pulau terpencil di lepas pantai Antartika seperti Kepulauan Shetland Selatan dan Kepulauan Orkney Selatan dan di semenanjung Antartika. Tundra Arktik dan Antartika mendukung sekitar 1.700 spesies tumbuhan termasuk lumut, lumut, sedges, semak, dan rerumputan.

Tundra Alpine adalah habitat dataran tinggi yang terdapat di pegunungan di seluruh dunia bahkan seperti di pucak jaya Indonesia. Tanah tundra alpine berbeda dari tanah tundra di daerah kutub karena biasanya memiliki drainase yang baik. Tundra Alpine mendukung rerumputan, semak belukar, semak kecil, dan pohon kerdil.

Padang rumput stepa adalah padang rumput kering yang berbatasan dengan gurun semi-gersang. Rerumputan yang ditemukan di padang rumput stepa jauh lebih pendek daripada rumput beriklim sedang dan tropis. Padang rumput stepa tidak memiliki pepohonan kecuali di sepanjang tepi sungai dan sungai.

Posting Komentar untuk "Inilah Macam-Macam Bioma yang Perlu Anda Ketahui"