Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terminologi dan Definisi Aliran

Terminologi dan Definisi Aliran

Sungai adalah aliran air mengalir yang menempati saluran. Biasanya di atas tanah, mengikis tanah yang mengalir dan menyimpan sedimen saat mengalir. Namun, sungai dapat berada di bawah tanah atau bahkan di bawah gletser es. 

Sementara sebagian besar dari kita berbicara tentang sungai, ahli geosains cenderung menyebut semuanya sungai sebagai aliran. Batas antara keduanya bisa sedikit buram, tetapi secara umum, sungai adalah aliran permukaan yang besar. Ini terdiri dari banyak sungai atau sungai yang lebih kecil.

Aliran yang lebih kecil dari sungai, kira-kira dalam urutan ukurannya, dapat disebut cabang atau percabangan, anak sungai, anak sungai, aliran sungai, dan anak sungai. Jenis sungai yang paling kecil, hanya aliran kecil, adalah aliran sungai .

Karakteristik Aliran

Aliran mungkin permanen atau terputus-putus hanya terjadi sebagian waktu. Jadi bisa dibilang bahwa bagian terpenting dari sebuah sungai adalah salurannya atau alirannya, bagian alami atau cekungan di tanah yang menahan air. Salurannya selalu ada meski tidak ada air yang mengalir di dalamnya. Bagian saluran yang paling dalam, rute yang diambil oleh sedikit air terakhir (atau pertama), disebut thalweg (TALL-vegg, dari bahasa Jerman untuk "jalan lembah"). Sisi saluran, di sepanjang tepi sungai, adalah tepiannya . Saluran aliran memiliki tepi kanan dan tepi kiri: Anda dapat membedakan mana dengan melihat ke hilir.

SSaluran aliran memiliki empat pola saluran yang berbeda , bentuk yang ditampilkan saat dilihat dari atas atau di peta. Kelengkungan saluran diukur dengan sinuositasnya , yaitu perbandingan antara panjang thalweg dan jarak hilir sepanjang lembah sungai. Saluran lurus adalah linier atau hampir sama, dengan sinuositas hampir 1. Kurva saluran berliku bolak-balik. Kurva saluran berkelok-kelok sangat kuat, dengan sinuositas 1,5 atau lebih.

Ujung atas aliran, di mana alirannya dimulai, adalah sumbernya. Ujung bawah adalah mulutnya. Di antaranya, sungai mengalir melalui jalur utama atau batangnya . Aliran mendapatkan air melalui limpasan , masukan gabungan air dari permukaan dan bawah permukaan.

Memahami Urutan Aliran

Sebagian besar aliran adalah anak sungai, yang berarti bahwa mereka mengalir ke aliran lain. Konsep penting dalam hidrologi adalah urutan aliran. Urutan aliran ditentukan oleh jumlah anak sungai yang mengalir ke sana.  Aliran urutan pertama tidak memiliki anak sungai. Dua aliran urutan pertama digabungkan untuk melakukan aliran urutan kedua, dua aliran urutan kedua digabungkan untuk melakukan aliran urutan ketiga, dan sebagainya. 

Untuk konteks, Sungai Amazon adalah aliran urutan ke-12, Nil ke-11, Mississippi sepersepuluh dan Ohio kedelapan. 

Bersama-sama, anak sungai tingkat pertama sampai ketiga yang membentuk sumber sungai dikenal sebagai hulu sungai . Ini membentuk sekitar 80% dari semua aliran di Bumi. Banyak sungai besar membelah saat mendekati muara; aliran-aliran itu adalah para distributor .

Sungai yang bertemu dengan laut atau danau besar dapat membentuk delta di mulutnya, daerah sedimen berbentuk segitiga dengan sebaran yang mengalir di atasnya. Wilayah perairan di sekitar muara sungai yang bercampur air laut dengan air tawar disebut muara .

Mendarat di Sekitar Sungai

Tanah di sekitar sungai adalah lembah. Lembah datang dalam segala ukuran dan memiliki berbagai nama, seperti sungai. seperti sungai. Aliran terkecil, aliran sungai, mengalir di saluran kecil yang juga disebut sungai. Anak sungai dan runnel berjalan di selokan. Anak sungai dan anak sungai mengalir di celah atau jurang atau arroyos atau jurang serta lembah kecil dengan nama lain.

Sungai (sungai besar) memiliki lembah yang tepat, yang dapat berkisar dari ngarai hingga dataran yang sangat luas seperti Lembah Sungai Kapuas. Lembah yang lebih besar dan dalam biasanya berbentuk v. Kedalaman dan kecuraman lembah sungai tergantung pada ukuran, kemiringan, kecepatan sungai serta komposisi batuan dasar. 

Posting Komentar untuk "Terminologi dan Definisi Aliran"