Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bioma Tundra : Pengertian, Proses, Ciri - Ciri

Bioma Tundra : Pengertian, Proses, Ciri - Ciri

Tundra adalah bioma terestrial yang dicirikan oleh suhu yang sangat dingin, keanekaragaman hayati yang rendah, musim dingin yang panjang, musim tanam yang singkat, dan drainase yang terbatas. Iklim tundra yang keras memaksakan kondisi kehidupan yang begitu mengerikan sehingga hanya tumbuhan dan hewan yang paling tangguh yang dapat bertahan hidup di lingkungan ini. Vegetasi yang tumbuh di tundra terbatas pada keanekaragaman rendah tanaman kecil yang memeluk tanah yang beradaptasi dengan baik untuk bertahan hidup di tanah yang miskin nutrisi. Hewan-hewan yang menghuni tundra, dalam banyak kasus, bermigrasi mereka mengunjungi tundra selama musim tanam untuk berkembang biak tetapi kemudian pergi ke dataran yang lebih hangat, lebih ke selatan atau lebih rendah ketika suhu turun.

Habitat tundra terjadi di wilayah dunia yang sangat dingin dan sangat kering. Di Belahan Bumi Utara, Kutub Utara terletak di antara Kutub Utara dan hutan boreal. Di Belahan Selatan, tundra Antartika terjadi di semenanjung Antartika dan di pulau-pulau terpencil yang terletak di lepas pantai Antartika (seperti Kepulauan South Shetland dan Kepulauan Orkney Selatan). Di luar daerah kutub, ada jenis tundra lain tundra alpine yang terjadi di dataran tinggi di pegunungan.

Tanah yang menyelimuti tundra kekurangan mineral dan miskin nutrisi. Kotoran hewan dan bahan organik mati memberikan sebagian besar nutrisi yang ada di tanah tundra. Musim tanam sangat singkat sehingga hanya lapisan paling atas tanah yang mencair selama bulan-bulan hangat. Tanah di bawah beberapa inci akan tetap membeku secara permanen, menciptakan lapisan tanah yang dikenal sebagai permafrost . Lapisan permafrost ini membentuk penghalang air yang mencegah drainase air lelehan. Selama musim panas, air yang mencair di lapisan atas tanah terperangkap, membentuk tambalan danau dan rawa-rawa di tundra.

Habitat tundra rentan terhadap efek perubahan iklim dan para ilmuwan khawatir bahwa dengan naiknya suhu global, habitat tundra mungkin berperan dalam mempercepat peningkatan karbon di atmosfer. Habitat Tundra secara tradisional adalah penyerap karbon — tempat yang menyimpan lebih banyak karbon daripada yang dilepaskan. Saat suhu global meningkat, habitat tundra dapat bergeser dari menyimpan karbon menjadi melepaskannya dalam volume besar. Selama musim tanam musim panas, tanaman tundra tumbuh dengan cepat dan dengan demikian, mereka menyerap karbon dioksida dari atmosfer. Karbon tetap terperangkap karena saat musim tanam berakhir, bahan tanaman membeku sebelum bisa membusuk dan melepaskan karbon kembali ke lingkungan. Saat suhu naik dan area permafrost mencair, tundra melepaskan karbon yang telah disimpannya selama ribuan tahun kembali ke atmosfer.

Karakteristik Utama

Berikut ini adalah karakteristik utama dari habitat tundra:

  • Sangat dingin
  • Keanekaragaman hayati yang rendah
  • Musim dingin yang panjang
  • Musim tanam singkat
  • Curah hujan terbatas
  • Drainase yang buruk
  • Tanah miskin hara
  • Permafrost

Klasifikasi

Bioma tundra diklasifikasikan dalam hierarki habitat berikut:

Bioma Dunia > Bioma Tundra

Bioma tundra dibagi menjadi beberapa habitat berikut:

Tundra Arktik dan Antartika - Tundra Arktik terletak di Belahan Bumi Utara antara Kutub Utara dan hutan boreal. Tundra Antartika terletak di Belahan Bumi Selatan di pulau-pulau terpencil di lepas pantai Antartika seperti Kepulauan Shetland Selatan dan Kepulauan Orkney Selatan dan di semenanjung Antartika. Tundra Arktik dan Antartika mendukung sekitar 1.700 spesies tumbuhan termasuk lumut, lumut, sedges, semak, dan rerumputan.

Tundra Alpine - Tundra Alpine adalah habitat dataran tinggi yang terdapat di pegunungan di seluruh dunia. Tundra Alpine terjadi di ketinggian yang terletak di atas garis pohon. Tanah tundra alpine berbeda dari tanah tundra di daerah kutub karena biasanya memiliki drainase yang baik. Tundra Alpine mendukung rerumputan tussock, semak belukar, semak kecil, dan pohon kerdil.

Hewan dari Bioma Tundra

Beberapa hewan yang menghuni bioma tundra antara lain:

  • Lemming rawa utara ( Synaptomys borealis ) - Lemming rawa utara adalah hewan pengerat kecil yang mendiami tundra, rawa, dan hutan boreal di Kanada utara dan Alaska. Lemming rawa utara memakan berbagai tanaman termasuk rumput, lumut, dan alang-alang. Mereka juga memakan beberapa invertebrata seperti siput dan siput. Lemming rawa utara adalah mangsa burung hantu, elang, dan mustelida.
  • Rubah Arktik ( Vulpes lagopus ) - Rubah Arktik adalah karnivora yang mendiami tundra Arktik. Rubah kutub memangsa berbagai hewan mangsa termasuk lemming, voles, burung, dan ikan. Rubah Arktik memiliki sejumlah adaptasi untuk menghadapi suhu dingin yang harus mereka tanggung — termasuk bulu yang panjang dan tebal serta lapisan pelindung lemak tubuh.
  • Wolverine ( Gulo golo ) - Wolverine adalah mustelid besar yang hidup di hutan boreal, tundra alpine, dan tundra Arktik di seluruh belahan bumi utara. Wolverine adalah predator kuat yang memakan banyak mangsa mamalia yang berbeda termasuk kelinci, voles, lemming, karibu, rusa, rusa, dan rusa.
  • Beruang kutub ( Ursus maritimus ) - Beruang kutub mendiami icecaps dan habitat tundra Arktik di Belahan Bumi Utara termasuk wilayah Rusia, Alaska, Kanada, Greenland, dan Kepulauan Svalbard. Beruang kutub adalah karnivora besar yang memakan terutama di lautan cincin dan anjing laut berjanggut.
  • Muskox ( Ovibos moschatus ) - Muskox adalah mamalia berkuku besar yang hidup di tundra Arktik. Muskoxen memiliki penampilan yang kokoh seperti bison, kaki pendek dan panjang, bulu tebal. Muskoxen adalah herbivora yang memakan rumput, semak, dan tumbuhan berkayu. Mereka juga memakan lumut dan lumut.
  • Snow buntings ( Plectrophenax nivalis ) - Snow bunting adalah burung bertengger yang berkembang biak di tundra Arktik dan di beberapa daerah tundra alpine seperti Cairngorms di Skotlandia dan Dataran Tinggi Cape Breton di Nova Scotia. Bunting salju bermigrasi ke selatan selama bulan-bulan musim dingin untuk menghindari suhu terdingin di tundra.
  • Burung Dara Kutub Utara ( Sterna paradisaea ) - Burung Dara Kutub Utara adalah burung pantai yang berkembang biak di tundra Arktik dan bermigrasi 12.000 mil untuk melewati musim dingin di sepanjang pantai Antartika. Dara Kutub Utara memakan ikan dan invertebrata seperti kepiting, krill, moluska, dan cacing laut.

Posting Komentar untuk "Bioma Tundra : Pengertian, Proses, Ciri - Ciri"