Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Permafrost?

Apa Itu Permafrost?

Permafrost adalah tanah atau batuan yang tetap beku (di bawah 32 F) sepanjang tahun. Agar tanah dianggap sebagai permafrost, ia harus dibekukan setidaknya selama dua tahun berturut-turut atau lebih. Permafrost dapat ditemukan di iklim dingin dimana suhu tahunan rata-rata kurang dari titik beku air. Iklim seperti itu ditemukan di dekat kutub Utara dan Selatan dan di beberapa daerah pegunungan.

Tanah dengan Suhu Lebih Hangat

Beberapa tanah di daerah yang mengalami suhu yang lebih hangat mencair untuk waktu yang singkat selama bulan-bulan yang lebih hangat. Pencairan dibatasi pada lapisan atas tanah dan lapisan permafrost tetap membeku beberapa inci di bawah permukaan. Di area seperti itu, lapisan atas tanah (dikenal sebagai lapisan aktif) cukup hangat untuk memungkinkan tanaman tumbuh selama musim panas. Permafrost yang terletak di bawah lapisan aktif memerangkap air di dekat permukaan tanah, sehingga membuatnya cukup basah. Permafrost memastikan suhu tanah yang sejuk, pertumbuhan tanaman lambat, dan dekomposisi lambat.

Habitat Permafrost

Beberapa formasi tanah dikaitkan dengan habitat permafrost. Ini termasuk poligon, pinto, solifluction, dan thermokarst slumping. Formasi tanah poligon adalah tanah tundra yang membentuk bentuk geometris (atau poligon) dan paling terlihat dari udara. Poligon terbentuk saat tanah berkontraksi, retak, dan mengumpulkan air yang terperangkap oleh lapisan permafrost.

Tanah Pingo

Formasi tanah pingo terbentuk ketika lapisan permafrost memerangkap sejumlah besar air di dalam tanah. Saat air membeku, ia mengembang dan mendorong bumi yang jenuh ke atas menjadi gundukan besar atau pingo.

Solifluction

Solifluction adalah proses pembentukan tanah yang terjadi ketika tanah yang dicairkan meluncur menuruni lereng di atas lapisan permafrost. Ketika ini terjadi, tanah membentuk pola gelombang beriak.

Saat Terjadi Thermokarst Merosot 

Kemerosotan thermokarst terjadi di area yang vegetasinya telah dibuka, biasanya karena gangguan manusia dan penggunaan lahan. Gangguan tersebut menyebabkan mencairnya lapisan permafrost dan akibatnya tanah runtuh atau merosot.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Permafrost?"