Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Dimaksud Suhu Titik Embun (Dew Point)

Suhu titik Embun

Udara pada suhu tertentu mampu menahan sejumlah uap air. Ketika jumlah maksimum uap air tercapai, itu disebut saturasi. Hal ini juga dikenal sebagai kelembapan relatif 100%. Saat hal ini tercapai, suhu udara telah mencapai suhu titik embun. Atau biasa disebut suhu kondensasi . Suhu titik embun tidak pernah bisa lebih tinggi dari suhu udara.

Dengan kata lain, suhu titik embun adalah suhu di mana udara harus didinginkan agar benar-benar jenuh dengan uap air. Jika udara didinginkan hingga mencapai suhu titik embun, ia akan menjadi jenuh, dan kondensasi akan mulai terbentuk. Ini bisa dalam bentuk awan, embun, kabut , kabut, embun beku, hujan, atau salju.

Kondensasi: Embun dan Kabut

Suhu titik embun inilah yang menyebabkan terbentuknya embun pada rumput di pagi hari. Pagi hari  sebelum matahari terbit adalah suhu udara terendah pada hari itu, jadi itulah waktu paling mungkin untuk mencapai suhu titik embun. Kelembaban yang menguap ke udara dari tanah menjenuhkan udara di sekitar rumput. Ketika suhu permukaan rumput mencapai titik embun, uap air keluar dari udara dan mengembun di rumput.

Di langit tinggi dimana udaranya mendingin hingga titik embun, uap air yang menguap akan menjadi awan. Di permukaan tanah, hal itu akan menjadi kabut ketika lapisan kabut terbentuk di suatu titik di dekat permukaan tanah. Air yang menguap di udara mencapai titik embun pada ketinggian rendah, dan kemudian akan terjadi kondensasi.

Indeks Kelembaban & Panas

Kelembaban adalah ukuran seberapa jenuh udara dengan uap air. Ini adalah rasio antara apa yang dimiliki udara di dalamnya dan berapa banyak yang dapat ditampungnya, yang dinyatakan sebagai persentase. Anda dapat menggunakan suhu titik embun untuk membantu menentukan seberapa lembap udara. Suhu titik embun yang mendekati suhu sebenarnya berarti udara cukup penuh dengan uap air dan karenanya sangat lembab. Jika titik embun jauh lebih rendah dari suhu udara, udaranya kering dan masih dapat menahan lebih banyak uap air.

Umumnya, titik embun pada atau lebih rendah dari 55 F terasa nyaman tetapi lebih dari 65 F terasa menekan. Jika Anda memiliki suhu tinggi dan tingkat kelembapan atau titik embun tinggi, Anda juga memiliki indeks panas yang lebih tinggi. Misalnya, mungkin hanya 90 F, tetapi sebenarnya terasa seperti 96 karena kelembapannya yang tinggi.

Titik Embun vs. Titik Beku

Semakin hangat udara, semakin banyak uap air yang dapat ditahannya. Titik embun pada hari yang hangat dan lembab bisa jadi cukup tinggi, pada suhu 70-an F atau 20-an C. Pada hari yang kering dan sejuk, titik embun bisa sangat rendah, mendekati titik beku. Jika titik embun berada di bawah titik beku (32 F atau 0 C), kita menggunakan istilah titik beku.

Posting Komentar untuk "Apa yang Dimaksud Suhu Titik Embun (Dew Point)"