Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Dimaksud Media sosial untuk bisnis ?

Apa yang dimaksud media sosial untuk bisnis?

Media sosial adalah komunikasi online yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan pelanggan dan berbagi informasi secara real time. Ini dapat membantu Anda menjangkau pelanggan dengan lebih baik, membuat jaringan online, dan menjual serta mempromosikan produk dan layanan Anda. Mudah terbawa suasana saat menggunakan media sosial untuk bisnis Anda. Bijaksana untuk melangkah dengan hati-hati dan menyadari pro dan kontra sebelum Anda mulai.

Manfaat media sosial untuk bisnis

Media sosial dapat membantu Anda terlibat dengan pelanggan dan mencari tahu apa yang dikatakan orang tentang bisnis Anda. Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk iklan, hadiah promosi, dan aplikasi seluler.

Media sosial dapat membantu bisnis Anda untuk:

  1. menarik pelanggan, mendapatkan umpan balik pelanggan, dan membangun loyalitas pelanggan
  2. meningkatkan jangkauan pasar Anda, termasuk pasar internasional
  3. melakukan riset pasar dan mengurangi biaya pemasaran
  4. meningkatkan pendapatan dengan membangun jaringan pelanggan dan periklanan
  5. kembangkan merek Anda
  6. bertukar ide untuk meningkatkan cara Anda berbisnis
  7. merekrut staf ahli misalnya melalui situs jejaring kerja seperti LinkedIn
  8. meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda dan meningkatkan peringkat mesin pencari

Kekurangan media sosial

Media sosial mungkin tidak cocok untuk setiap bisnis. Jika Anda meluncurkan halaman bisnis media sosial tanpa perencanaan, Anda dapat membuang waktu dan uang yang berharga.
  • Anda harus menyadari bahwa:
  • Jika Anda tidak memiliki strategi pemasaran atau media sosial yang jelas, manfaatnya dapat berkurang
  • Anda mungkin membutuhkan sumber daya tambahan untuk mengelola kehadiran dalam media online milik Anda
  • media sosial bersifat segera dan membutuhkan pemantauan setiap hari
  • jika Anda tidak secara aktif mengelola kehadiran media sosial Anda, Anda mungkin tidak melihat manfaat nyata apa pun
  • eksposur online dapat menarik risiko seperti umpan balik negatif, kebocoran informasi atau peretasan
  • Klaim palsu atau menyesatkan yang dibuat di media sosial Anda (oleh bisnis Anda atau pelanggan) dapat tunduk pada undang-undang konsumen. Anda dapat didenda jika seorang penggemar pelanggan memposting informasi yang menyesatkan atau menipu, terutama tentang produk atau layanan pesaing

Apa pun risikonya, memiliki strategi media sosial dan mempersiapkan kebijakan serta prosedur Anda dengan cermat sebelumnya dapat membantu Anda mengelolanya.

Alat media sosial untuk bisnis

Tidak semua platform media sosial cocok untuk bisnis Anda. Pertimbangkan untuk menghemat waktu dan tenaga dengan menggunakan alat media sosial yang digunakan pelanggan Anda. Di bawah ini adalah panduan singkat untuk membantu Anda memahami beberapa opsi yang tersedia.

Situs jejaring sosial

Situs jejaring sosial memungkinkan Anda membuat profil atau halaman Anda sendiri, menjalin jaringan dengan orang lain, dan berbagi informasi (termasuk promosi, gambar, dan video). Membuat profil bisnis dapat membantu Anda menarik pengikut, mendapatkan pelanggan baru, dan mengembangkan merek Anda. Contoh situs jejaring sosial termasuk Facebook, Pinterest, dan Instagram.

Situs jaringan kerja

Situs jejaring kerja dapat digunakan untuk membangun profil bisnis profesional dan terhubung dengan jaringan orang-orang terampil untuk perekrutan dan pengembangan. Contohnya adalah LinkedIn.

Blog

Blog adalah jurnal pemikiran, pengamatan, promosi, tautan, gambar, dan video online. Blog biasanya bersifat publik. Mereka memungkinkan pembaca untuk mengomentari postingan dan berinteraksi dengan Anda. Anda dapat menghostingnya di rumah atau melalui platform blog yang menyediakan perangkat lunak dan hosting situs web. Beberapa contoh alat blog gratis termasuk Blogger dan WordPress

Mikro

Mikro-blog digunakan untuk mengirim pesan singkat ke jaringan pengikut. Mereka dapat berguna jika bisnis Anda memiliki banyak informasi untuk dibagikan. Contohnya termasuk Twitter dan Tumblr.

Situs berbagi video

Situs berbagi video memungkinkan Anda mengunggah dan berbagi video Anda. Pengguna kemudian dapat mengomentari dan membagikan video Anda dengan orang lain. Contohnya termasuk YouTube dan Vimeo.

Podcast dan vodcast

Podcast adalah file audio dengan konten gaya blog atau gaya ceramah. Vodcast adalah podcast dalam format video. Mereka biasanya tersedia untuk:

  • unduh ke komputer atau perangkat portabel (sehingga dapat diputar secara offline)
  • dialirkan secara langsung
  • Komunitas berita sosial

Komunitas berita sosial adalah situs web tempat anggotanya membagikan berita atau tautan menarik ke orang lain di komunitas. Situs web berita sosial tidak dimaksudkan untuk menjual produk dan layanan Anda. Contohnya termasuk Digg, StumbleUpon dan Reddit.

Layanan jaringan sosial pribadi

Layanan jaringan sosial pribadi memungkinkan Anda berbagi informasi di jaringan pribadi Anda. Ini berguna untuk bisnis yang ingin mengembangkan jaringan khusus organisasi yang aman untuk berbagi pengetahuan. Contohnya adalah Yammer.

Layanan berbasis lokasi

Layanan berbasis lokasi membantu Anda terhubung dan berinteraksi dengan orang lain dan bisnis di area Anda. Foursquare adalah contoh yang juga memungkinkan Anda merekomendasikan atau menilai bisnis di area tersebut.

Buat strategi media sosial Anda

Melakukan pekerjaan dasar sebelum Anda mulai sangat penting untuk kehadiran media sosial yang sukses. Dengan mengembangkan strategi media sosial Anda, Anda dapat:

  • buat konten yang menarik
  • terlibat dengan pelanggan Anda pada waktu yang tepat
  • menghasilkan penjualan

Strategi media sosial menggambarkan bagaimana bisnis Anda akan menggunakan media sosial untuk mencapai tujuan komunikasinya. Ini juga menguraikan platform sosial dan alat yang akan Anda gunakan untuk mencapai hal ini.

Ikuti strategi Anda dan jangan membanjiri pelanggan Anda dengan postingan yang tidak perlu. Tetap fokus untuk mencapai tujuan spesifik Anda dan sesuaikan pesan Anda dengan tujuan tersebut.

Posting Komentar untuk "Apa yang Dimaksud Media sosial untuk bisnis ?"