4 Jenis Reproduksi yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu syarat bagi semua makhluk hidup adalah reproduksi. Untuk meneruskan spesies dan menurunkan sifat-sifat genetik dari satu generasi ke generasi berikutnya, spesies harus bereproduksi. Tanpa reproduksi, suatu spesies bisa  punah .

Reproduksi dapat terjadi dalam dua cara utama:  reproduksi aseksual , yang hanya membutuhkan satu orang tua, dan reproduksi seksual, yang membutuhkan gamet, atau sel kelamin, dari jantan dan betina yang dibuat melalui proses meiosis. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi dalam hal  evolusi , reproduksi merupakan hal yang lebih baik.

Reproduksi seksual melibatkan penyatuan genetika dari dua orang tua dan diharapkan menghasilkan keturunan. Seleksi alam  menentukan adaptasi mana yang menguntungkan, dan gen tersebut diturunkan ke generasi berikutnya. Reproduksi seksual meningkatkan keragaman dalam suatu populasi dan memberikan lebih banyak pilihan pada seleksi alam untuk memutuskan mana yang paling cocok untuk lingkungan tersebut.

Berikut empat cara individu dapat menjalani reproduksi seksual. Cara yang disukai spesies untuk bereproduksi sering ditentukan oleh lingkungan suatu populasi.

#1 Autogami

autogami adalah

Awalan "auto" berarti "diri". Seseorang yang dapat menjalani autogami dapat membuahi dirinya sendiri. Dikenal sebagai hermafrodit, individu-individu ini memiliki bagian reproduksi jantan dan betina yang berfungsi penuh yang diperlukan untuk membuat gamet jantan dan betina bagi individu tersebut. Mereka tidak membutuhkan pasangan untuk bereproduksi, tetapi beberapa mungkin dapat bereproduksi dengan pasangan jika ada kesempatan.

Karena kedua gamet berasal dari individu yang sama dalam autogami, pencampuran genetika dalam jenis reproduksi seksual lainnya tidak terjadi. Semua gen berasal dari individu yang sama, sehingga keturunannya akan menunjukkan ciri-ciri individu tersebut. Namun, mereka tidak dianggap klon karena kombinasi kedua gamet memberikan keturunan genetik yang sedikit berbeda dari induknya.

Organisme yang dapat menjalani autogami termasuk sebagian besar tumbuhan dan cacing tanah .

#2 Alogami

alogami adalah

Dalam alogami, gamet betina (biasanya disebut sel telur atau ovum) berasal dari satu individu dan gamet jantan (biasanya disebut sperma) berasal dari individu lain. Gamet bergabung bersama selama pembuahan untuk membuat zigot. Sel telur dan sperma adalah sel haploid, artinya masing-masing memiliki separuh jumlah kromosom yang  ditemukan di sel tubuh, yang disebut sel diploid. Zigot bersifat diploid karena merupakan perpaduan dua haploid. Zigot kemudian dapat menjalani  mitosis  dan akhirnya membentuk individu yang berfungsi penuh.

Alogami adalah pencampuran sejati genetika dari ibu dan ayah. Karena ibu dan ayah masing-masing hanya memberikan setengah kromosom, keturunannya secara genetik unik dari salah satu orang tua dan bahkan saudara kandungnya. Penyatuan gamet melalui alogami ini memastikan adaptasi yang berbeda agar seleksi alam dapat bekerja. Seiring waktu, spesies tersebut akan berevolusi.

#3 Pemupukan Internal

Pembuahan internal terjadi ketika gamet jantan dan gamet betina bergabung untuk menjalani pembuahan saat sel telur masih di dalam betina. Ini biasanya membutuhkan semacam hubungan seksual yang terjadi antara pria dan wanita. Sperma disimpan ke dalam sistem reproduksi wanita dan zigot terbentuk di dalam wanita.

Apa yang terjadi selanjutnya tergantung pada spesiesnya. Beberapa spesies, seperti burung dan beberapa kadal, bertelur dan membiarkannya diinkubasi hingga menetas. Yang lainnya, seperti mamalia, membawa telur yang telah dibuahi ke dalam tubuh betina hingga layak untuk dilahirkan hidup.

#4 Pemupukan Eksternal

Reproduksi pemupukan eksternal adalah

Sesuai dengan namanya, pembuahan eksternal terjadi ketika gamet jantan dan betina menyatu di luar tubuh. Sebagian besar spesies yang hidup di air dan banyak jenis tumbuhan mengalami pembuahan eksternal. Betina biasanya bertelur banyak di dalam air dan seekor jantan menyemprotkan sperma ke atas telur untuk membuahi mereka. Biasanya, orang tua tidak mengerami telur yang telah dibuahi atau mengawasinya, sehingga zigot baru harus menjaga dirinya sendiri.

Pembuahan eksternal biasanya hanya ditemukan di dalam air karena telur yang telah dibuahi perlu dijaga tetap lembab agar tidak mengering, sehingga memberikan kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup. Mudah-mudahan, mereka akan menetas dan menjadi orang dewasa yang berkembang pesat yang pada akhirnya akan menurunkan gen mereka kepada keturunan mereka sendiri.

Lebih baru Lebih lama