Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik SEO On-Page Untuk Meningkatkan Peringkat Penelusuran (Beserta Daftar Pemeriksaan)

Teknik SEO On-Page

SEO pada halaman merupakan salah satu proses terpenting yang dapat Anda gunakan untuk mencapai peringkat pada hasil pencarian organik mesin pencari.

Situs web adalah titik fokus dari semua hal tentang SEO yang harus dioptimalkan dengan benar untuk mesin telusur dan pengguna agar mendapatkan trafik organik mesin penelusuran.

Dalam posting ini Anda akan mempelajari semua hal yang perlu diketahui tentang SEO On-Page. Ikuti tips ini setiap kali Anda mempublikasikan postingan baru agar dapat meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari.

Apa itu SEO On-Page?

SEO pada halaman ( SEO On-Page ), merupakan proses mengoptimalkan konten halaman web untuk mesin penelusuran. Tujuan utama dari SEO pada halaman adalah untuk berbicara dalam 'bahasa mesin pencari' dan membantu crawler mesin pencari memahami arti dan konteks pada halaman Anda.

Mengapa SEO pada halaman penting?

SEO pada halaman penting karena memberikan sejumlah sinyal kepada mesin telusur untuk membantu mereka memahami tentang konten yang Anda buat.

Selama proses pengindeksan, mesin pencari mencoba mengasosiasikan halaman web dengan kata kunci dan istilah pencarian yang diketik pengguna di kotak pencarian.

Melalui elemen SEO yang di terapkan pada halaman, Anda dapat memandu mereka tentang kata kunci mana yang Anda inginkan untuk peringkat halaman Anda.

Selain itu, ini disebut 'di halaman' karena setiap perubahan pengoptimalan yang dilakukan pada halaman web berkontribusi pada pengalaman pengguna yang lebih baik.

SEO On-Page adalah bagian dari SEO. Lihatlah diagram di bawah ini dan perhatikan bagaimana On-Page SEO bersinggungan dengan SEO teknis dan SEO Off-Page.

Gambaran SEO

Ketiga proses tersebut harus bekerja sama untuk mendapatkan hasil terbaik, tetapi tugas utama SEO On-Page adalah mengoptimalkan konten dan struktur halaman tertentu.

Apa itu SEO?

Pengoptimalan Mesin Telusur adalah istilah umum yang mencakup semua yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan posisi peringkat situs web Anda di mesin telusur agar mendapatkan tempat teratas.

Hal ini juga termasuk mengoptimalkan situs Anda untuk tahap perayapan dan pengindeksan ( SEO teknis ). Pengaturan pengoptimalan yang dapat Anda terapkan ke halaman dan konten Anda ( SEO On-Page ) dan teknik yang dapat Anda gunakan di luar batas situs web ( SEO Off-Page ).

Apa itu SEO Off-Page?

SEO Off-page adalah tentang cara membangun tautan dan sinyal lain yang dapat Anda berikan kepada mesin pencari untuk meyakinkan mereka tentang kualitas dan kegunaan situs web Anda.

11 Teknik SEO On-Page

Beberapa orang berpendapat bahwa ada lebih banyak teknik SEO pada halaman dan tidak hanya 11, tetapi 11 poin ini adalah yang paling penting yang dapat Anda terapkan ke situs web Anda.

Berikut adalah ringkasan dari semua teknik SEO pada halaman:

  1. Publikasikan konten berkualitas tinggi
  2. Optimalkan judul halaman dan deskripsi meta
  3. Optimalkan konten halaman
  4. Judul dan pemformatan konten
  5. Gambar SEO dan elemen multimedia lainnya
  6. Optimasi URL
  7. Tautan internal
  8. Tautan keluar
  9. Kecepatan memuat halaman
  10. Keramahan seluler
  11. Komentar dan SEO On-Page

1. Publikasikan Konten Berkualitas Tinggi

Saat berurusan dengan SEO, Anda harus selalu memperhatikan hal-hal berikut:

Sebuah situs web dengan konten yang brilian dapat berhasil dengan atau tanpa SEO. Situs web dengan konten buruk tidak akan bertahan tanpa SEO. Situs web dengan konten yang bagus bisa menjadi lebih baik dengan SEO!

Lantas, apa yang dianggap konten yang bagus? Konten berkualitas tinggi memiliki karakteristik sebagai berikut:

Konten asli (artikel, teks, gambar, video, presentasi, infografis, komentar, dll.) - Tidak ada salinan atau penulisan ulang artikel yang ada ( Plagiat ).

Konten eksklusif dari situs web Anda  - Meskipun Anda menerbitkan konten di situs web Anda sendiri, jika Anda telah menerbitkannya di situs web lain, maka hal itu tidak baik untuk situs Anda (kecuali Anda menentukan tag kanonik dengan benar).

Konten yang menyertakan elemen teks - Tulis teks untuk menyertai konten non-teks Anda. Misalnya, jika Anda memposting video di situs web Anda, coba tambahkan deskripsi teks juga. Jika Anda menambahkan gambar, coba jelaskan dengan kata-kata tentang apa gambar tersebut.

Konten yang bermanfaat - Jangan mempublikasikan konten untuk kepentingan penerbitan. Pastikan bahwa apa yang akan Anda ditayangkan dapat menambah nilai bagi situs web dan pembaca Anda.

Konten yang diteliti dengan baik - Pengguna tidak ingin membaca postingan yang ( kurang matang ). Artikel panjang terbukti memiliki peringkat lebih baik daripada artikel pendek.

Konten yang tidak memihak - Jika Anda menulis tentang topik tertentu atau menjawab pertanyaan, pastikan bahwa apa yang Anda tulis benar dan mencakup kedua situs cerita.

Konten yang memenuhi maksud pencarian - Selain karakteristik di atas, Anda perlu memastikan bahwa konten Anda memenuhi maksud pencarian. Sebelum menerbitkan jenis konten apa pun di situs web Anda, Anda perlu memahami jenis konten apa yang ingin dilihat pengguna untuk kueri pencarian tertentu.

Secara umum, maksud pencarian dapat dikategorikan menjadi empat jenis:

  • Informasi
  • Navigasi 
  • Transaksional
  • Komersial

Cara termudah untuk mengetahui jenis konten apa yang akan dibuat adalah dengan memanfaatkan Google karena mereka telah melakukan pekerjaan yang baik dalam memahami apa yang disukai pengguna untuk berbagai pencarian.

Jadi, langkah pertama adalah pergi ke Google dan mencari kata kunci target Anda. Menavigasi dan memeriksa 10 hasil teratas dengan cermat. Perhatikan hal-hal seperti:

  • Jenis konten
  • Tingkat detail
  • Bagaimana mereka menggunakan gambar dan video
  • Desain halaman

Tujuannya adalah untuk menggunakan informasi ini dalam membuat konten yang lebih baik. Untuk membuatnya lebih baik anda harus memerhatikan beberapa poin berikut.

  • Lebih teliti dan informatif
  • Lebih mudah dibaca
  • Menghadirkan pandangan berbeda dari subjek yang belum tercakup oleh konten yang ada.

Kegagalan dalam membuat konten yang memenuhi maksud pencarian pada akhirnya akan menyebabkan peringkat yang lebih rendah. Meskipun mungkin Anda berhasil mendapatkan peringkat tinggi di Google, tetapi ini hanya sementara, karena Google menggunakan sinyal yang berbeda untuk mengukur apakah pengguna senang atau tidak dengan situs web yang ditampilkan di bagian atas hasil pencarian.

Jadi, bahkan sebelum mulai memikirkan tentang SEO pada halaman, pastikan konten yang akan Anda buat sesuai dengan keinginan pencari Google.

2. Optimalkan Judul Halaman dan Deskripsi Meta

Optimasi judul sangat penting untuk SEO On-Page. Ketika mesin pencari 'membaca' halaman Anda, salah satu yang diperiksa adalah judul halaman dan deskripsi halaman.

Mesin penelusuran melakukan hal tersebut karena mereka perlu memahami tentang apa halaman itu dan kemudian berdasarkan faktor lain (SEO Off-Page, otoritas domain , persaingan, dll.), Mereka akan memberi peringkat halaman Anda (untuk berbagai kata kunci).

Judul halaman

Setiap halaman harus memiliki judul unik yang akan membantu mesin pencari dan pengguna memahami tentang apa halaman tersebut.

Contohnya adalah halaman dengan judul " Tips SEO untuk Pemula " lebih baik daripada halaman dengan judul "index.html".

Tips pengoptimalan judul halaman yang paling penting adalah:

Tambahkan kata kunci ke awal judul halaman Anda - Jika memungkinkan, tambahkan kata kunci target ke awal judul halaman Anda. Hal ini dapat membantu mesin pencari memahami sejak awal kata kunci apa yang ditargetkan halaman. Intinya pastikan kata kunci target Anda adalah bagian dari judul.

Tulis judul yang pendek dan deskriptif - Judul halaman tidak harus terlalu panjang. Rekomendasi umum adalah memiliki panjang di bawah 60 karakter, karena ini merupakan jumlah rata-rata karakter yang ditampilkan oleh Google dalam hasil pencarian.

Sertakan angka dan kata - kata kuat - Memiliki angka dalam judul serta kata-kata kuat seperti "Paling Ampuh", Membuat judul lebih menarik dan ini meningkatkan CTR (Rasio Klik-Tayang).

Tidak perlu memasukkan domain Anda dalam judul - Tidak perlu memasukkan nama domain Anda dalam judul karena akan ditambahkan secara otomatis oleh Google. Anda dapat menggunakan 60 karakter untuk memberikan deskripsi halaman yang lebuh akurat.

Pengecualian untuk aturan ini adalah jika Anda memiliki merek yang kuat yang dapat dikenali dengan mudah oleh orang-orang, dalam hal ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk mencantumkan nama domain Anda.

Meta Deskripsi

Deskripsi halaman ditampilkan di halaman hasil mesin pencari (SERPS). Meta deskripsi harus memiliki kata yang deskriptif, hingga 200 karakter, dan unik untuk setiap halaman.

Ini adalah kesempatan Anda untuk mengiklankan laman Anda dan meyakinkan pengguna untuk mengeklik tautan Anda daripada memilih kompetitor yang lainnya.

Perlu dicatat bahwa Google tidak selalu menampilkan deskripsi meta kustom, tetapi sering kali mereka menggunakan deskripsi otomatis jika menurut mereka lebih berguna bagi pencari.

Kiat pengoptimalan deskripsi meta yang paling penting adalah:

Hindari deskripsi yang dibuat secara otomatis - Meskipun Google mungkin tidak menggunakan deskripsi Anda, praktik terbaiknya adalah menghindari penggunaan deskripsi yang dibuat secara otomatis yang terkadang tidak masuk akal.

Tambahkan kata kunci target Anda dalam deskripsi - Google masih menyoroti istilah pencarian baik dalam judul dan deskripsi sehingga menambahkan kata kunci target Anda dapat membuat deskripsi lebih relevan dan menarik bagi pencari.

3. Mengoptimalkan Konten Halaman

Konten SEO adalah bagian dari SEO On-Page dan berkaitan erat dengan mengoptimalkan konten aktual untuk kata kunci target Anda.

Sebelum menerbitkan sebuah konten (apakah itu teks, gambar, audio, atau video), langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan penelitian kata kunci Anda.

Ini diperlukan untuk mengetahui istilah pencarian apa yang diketik pengguna di kotak pencarian dan membuat konten yang dapat memuaskan maksud mereka.

Setelah Anda memutuskan kata kunci target, Anda harus membuat daftar kata kunci terkait (juga disebut kata kunci LSI ), kata kunci longtail , dan menggunakannya dalam judul, deskripsi, tajuk, dan konten halaman Anda.

Mengapa? Karena dengan diperkenalkannya Rank Brain , algoritma pencarian Google menjadi lebih cerdas dan selain relevansi kata kunci dalam konten, mereka juga mencari relevansi topik .

Artinya, untuk membuat konten Anda lebih relevan dengan topik yang luas, Anda perlu memperkaya konten Anda dengan longtail keyword.

Ada berbagai cara untuk mengetahui kata kunci mana yang dianggap Google relevan dengan kata kunci target Anda.

Cara termudah adalah memanfaatkan tiga fitur yang disediakan oleh Google: Google menyarankan, Orang lain juga menelusuri dan Penelusuran Terkait.

Google menyarankan

Google menyarankan

Saat Anda mulai mengetik kueri di penelusuran Google, Anda akan disajikan daftar frasa yang mungkin untuk digunakan dalam penelusuran Anda. Ini adalah kandidat kata kunci yang bagus untuk disebutkan dalam konten Anda.

Orang Lain Juga Menelusuri

Hasil orang lain juga menelusuri

Saat Anda mengeklik penelusuran, Google menampilkan hasilnya dan di antaranya, bagian yang disebut "Orang lain juga menelusuri". Ini adalah kandidat yang bagus untuk digunakan di sub-judul Anda.

Penelusuran terkait

Gambar Penelusuran terkait

Di bagian bawah hasil pencarian, Google menampilkan daftar  pencarian terkait .

Yang harus Anda lakukan adalah menyebutkan beberapa kata di atas dalam konten Anda.

4. Judul dan Pemformatan Isi

Halaman harus diformat dengan benar. Anggap saja sebagai laporan yang perlu memiliki judul (h1) dan subpos (h2, h3).

Tag H1

Setiap halaman hanya perlu memiliki satu tag H1 . Jika Anda menggunakan WordPress, maka secara default judul halaman dibungkus dengan tag H1.

Anda dapat memilih untuk memiliki tag <title> dan <h1> yang sama atau memberikan judul alternatif untuk heading.

Ingat bahwa mesin pencari menampilkan hasil apa yang mereka temukan di tag judul dan bukan tag h1.

Mengenai heading lainnya (h2, h3), hal-hal yang perlu Anda ingat adalah sebagai berikut:

  • Hindari menggunakan satu kata untuk sebuah heading tapi buatlah heading Anda menarik dan berguna bagi pengguna yang suka membaca sekilas artikel.
  • Gunakan heading secara hierarkis, yaitu tag heading pertama adalah <h1> lalu <h2> dan kemudian <h3>, <h4> dll.
  • Subpos adalah tempat yang tepat untuk menggunakan kata kunci terkait di konten Anda.

Pemformatan Konten

Jangan hanya asal menulis teks ke halaman, tetapi pastikan teks itu dapat dibaca dan dipahami.
  • Gunakan huruf tebal, garis bawah atau miring untuk menyorot bagian penting dari sebuah halaman.
  • Gunakan font ukuran yang bagus (setidaknya 14px).
  • Pisahkan teks menjadi paragraf kecil (maks 3-4 baris).
  • Gunakan jarak yang cukup di antara paragraf untuk membuat teks lebih mudah dibaca.
  • Manfaatkan CSS untuk membuat bagian yang menonjol dan memecah teks menjadi bagian yang lebih kecil dan lebih mudah diatur.

5. Gambar dan Elemen Multimedia Lainnya

Gambar penting untuk tujuan presentasi. Gambar akan membuat halaman lebih menarik dan lebih mudah dipahami.

Masalah terbesar pada gambar adalah mesin pencari akan mengetahui gambar tersebut bagus atau tidak dan juga gambar akan menambah berat proses pemuatan halaman.

Mengoptimalkan SEO Pada Gambar

  • Gunakan gambar asli. Jika Anda perlu menggunakan gambar yang ada dari web, Anda perlu merujuk sumbernya.
  • Optimalkan ukuran gambar - semakin kecil ukuran (dalam byte) gambar akan semakin baik.
  • Gunakan tag ALT untuk mendeskripsikan gambar - Ini membantu mesin telusur memahami tentang apa gambar itu.
  • Gunakan nama file deskriptif - Jangan hanya memberi nama gambar Anda 'image1.jpg' tetapi coba gunakan nama file deskriptif, misalnya, 'praktik-seo-terbaik.jpg'.
  • Gunakan Jaringan Pengiriman Konten - Jika Anda memiliki banyak gambar dalam satu halaman, Anda dapat menggunakan layanan CDN yang akan membuat halaman Anda memuat lebih cepat. Secara sederhana, gambar Anda akan dihosting dan disajikan oleh sejumlah server dan ini mempercepat proses pemuatan.

6. Optimasi URL

Mengoptimalkan URL Anda penting untuk mendapatkan manfaat SEO maksimum. URL yang baik harus kurang dari 255 karakter dan menggunakan tanda hubung '-'  untuk memisahkan bagian yang berbeda.

Sama seperti judul halaman, URL ramah SEO pendek, deskriptif, dan menyertakan kata kunci target Anda.

Ini adalah beberapa contoh URL yang bagus:

Ini adalah contoh URL yang buruk:

  • https://www.seputarkita.id/p?165 atau

Praktik terbaik untuk mengoptimalkan struktur URL Anda

Struktur URL harus meniru struktur sebenarnya dari sebuah situs web.

Memanfaatkan kategori - Kelompokkan halaman Anda ke dalam kategori untuk membantu pengguna dan mesin pencari menemukan apa yang mereka inginkan dengan lebih cepat.

Ini seperti memiliki gudang dengan banyak item yang tidak dikategorikan vs gudang dengan semua item yang ditetapkan ke kategori khusus.

Anda juga dapat memiliki subkategori tetapi saran saya adalah jangan membahas dua tingkat. Misalnya, struktur kategori yang baik adalah:

Beranda> Media Sosial> Facebook> Artikel

dan tidak

Beranda> Media Sosial> Facebook> Cara> Artikel

Tambahkan menu Breadcrumb - Breadcrumb berguna karena memungkinkan pengguna untuk menavigasi situs web Anda secara terstruktur karena mereka selalu tahu di mana mereka berada dan seberapa jauh dari halaman beranda.

7. Tautan Internal

Menautkan ke halaman dalam situs web Anda sangat penting untuk SEO karena:

Seperti membangun web Anda sendiri

Langkah pertama yang akan dilakukan laba-laba mesin pencari adalah mengikuti tautan yang mereka temukan di halaman itu (baik tautan internal maupun eksternal).

Jadi, ketika mereka tiba di halaman Anda, jika Anda tidak memiliki link lain di dalam teks, mereka akan membaca halaman Anda dan pergi.

Jika Anda memiliki tautan yang mengarah ke halaman lain dalam situs web Anda, mereka juga akan mempertimbangkannya.

Ini adalah cara untuk memberi tahu mesin telusur tentang laman Anda yang lain

Seperti yang dijelaskan di atas ketika mesin pencari menemukan halaman dengan link, mereka akan pergi dan membaca halaman tersebut juga, sehingga Anda dapat menggunakan teknik ini untuk memberi tahu mesin pencari tentang halaman situs Anda yang belum mereka temukan.

Ini adalah cara untuk memberi tahu mesin telusur mana halaman terpenting Anda

Setiap situs web memiliki beberapa halaman yang lebih penting daripada yang lain. Tautan internal adalah salah satu cara untuk menunjukkan halaman terpenting dengan mengirimkan lebih banyak tautan internal.

Meningkatkan rasio klik

Pengguna yang membaca postingan Anda lebih cenderung mengklik link untuk membaca lebih lanjut tentang topik tertentu, dengan demikian maka akan meningkatkan waktu yang dihabiskan di situs web Anda, jumlah halaman per kunjungan, dan menurunkan rasio pentalan .

Praktik terbaik untuk penautan internal :

  • Jangan gunakan kata kunci hanya untuk tautan internal Anda
  • Tambahkan tautan internal jika berguna bagi pembaca Anda
  • Tidak lebih dari 15 tautan internal per halaman (ini pendapat saya pribadi dan tidak berdasarkan penelitian atau studi apa pun)
  • Jika memungkinkan, tambahkan link di bagian utama halaman web Anda (bukan di footer atau sidebar)

8. Tautan Eksternal

Tautan eksternal adalah tautan yang menunjuk ke halaman di luar situs web Anda, yaitu di domain yang berbeda.

Kita tahu bahwa backlink penting untuk SEO tetapi bagaimana dengan tautan eksternal?

Link eksternal ke halaman terkait membantu Google mengetahui topik halaman Anda. Ini juga menunjukkan kepada Google bahwa halaman Anda adalah pusat info berkualitas.

Menambahkan tautan eksternal ke konten Anda tidak akan secara langsung membantu Anda dengan SEO, karena ini bukan faktor peringkat tetapi dapat membantu Anda secara tidak langsung.

Anda dapat menggunakan tautan eksternal untuk menautkan ke situs web lain dan kemudian mengirim email kepada mereka dan memberi tahu mereka tentang hal itu. Pemilik web akan senang mengetahui bahwa Anda telah menautkannya dan ini adalah cara yang bagus untuk berkolaborasi. Anda dapat secara bertahap membangun hubungan ini dan akhirnya mendapatkan tautan balik ke situs web Anda karena banyak Pemilik Web kemungkinan besar akan membalas budi.

Praktik terbaik yang harus diikuti saat menambahkan tautan eksternal ke konten Anda.

  • Tautkan hanya jika itu memberikan nilai bagi pembaca.
  • Tautkan hanya ke situs web yang Anda percaya.
  • Tautkan hanya ke situs web terkait yang memiliki konten unik dan asli
  • Gunakan tag ' nofollow ' untuk tautan eksternal ke situs web yang tidak sepenuhnya Anda percayai.

9. Kecepatan Pemuatan Halaman

Google menginvestasikan sejumlah besar uang untuk membuat web lebih cepat. Di setiap Google, I / O seseorang akan berbicara tentang pentingnya kecepatan dan keinginan mereka untuk memasukkan situs web tercepat dalam indeks mereka.

Untuk 'memaksa' pemilik situs web memperhitungkan kecepatan, mereka secara resmi menambahkan kecepatan sebagai salah satu faktor peringkat yang diketahui .

Jadi, kami tahu pasti bahwa kecepatan situs web itu penting dalam hal SEO dan peringkat.

Sebagai seorang Pemilik Web, tugas Anda adalah memastikan bahwa situs web Anda dimuat secepat mungkin dengan mempertimbangkan rekomendasi Google . Memiliki situs web yang dapat memuat cepat tidak hanya bagus untuk SEO tetapi juga untuk retensi dan konversi pengunjung.

10. Keramahan Seluler

Hampir 60% pencarian di Google sekarang berasal dari perangkat seluler. Artinya, jika situs web Anda tidak ramah seluler, Anda sudah kehilangan setengah dari potensi lalu lintas.

Apa yang harus Anda lakukan?

Sebagai langkah pertama, pastikan situs Anda mobile-friendly. Periksa situs web Anda dengan alat ramah seluler Google dan perbaiki masalah potensial apa pun.

Setelah itu, coba buka situs anda mengguanakan perangkat seluler asli untuk mengetahu setiap hal yang mungkin masih tidak berfungsi.

Secara umum, situs web dengan desain responsif, tidak perlu khawatir tentang keramahan seluler.

11. Komentar dan SEO On-Page

Banyak orang percaya bahwa dengan maraknya komentar blog media sosial tidak lagi penting, tetapi mereka salah.

Komentar blog merupakan indikasi bahwa orang-orang menyukai konten Anda dan berinteraksi dengan halaman dan komentar memang benar-benar dapat meningkatkan SEO Anda.

Pengguna sebelum memposting komentar baru kemungkinan besar akan membaca komentar yang ada dan ini merupakan cara tambahan untuk meningkatkan waktu yang mereka habiskan di halaman dan situs Anda.

Untuk memanfaatkan komentar dengan sebaik-baiknya, ikuti aturan sederhana berikut:

  • Selalu moderasi komentar sebelum menerbitkan
  • Hindari menerbitkan komentar yang terlalu umum
  • Hanya menyetujui komentar yang relevan dengan konten halaman dan menambah nilai
  • Jangan menyetujui komentar jika pengguna tidak menggunakan nama asli
  • Selalu balas komentar, ini akan mendorong lebih banyak orang untuk berkomentar.

Daftar Pemeriksaan SEO On-Page

Jika Anda sudah membaca artikel hingga saat ini, tips utamanya dirangkum dalam checklist di bawah ini.
  • Pastikan Anda memahami perbedaan antara SEO On-Page dan SEO Off-Page.
  • Pastikan konten Anda asli, bermanfaat, dan diteliti dengan baik.
  • Tinjau dan optimalkan judul halaman Anda dengan menambahkan kata kunci, kata-kata kuat, dan angka.
  • Berikan deskripsi meta unik untuk semua halaman Anda (termasuk kata kunci target Anda).
  • Lakukan penelitian kata kunci dan pastikan kata kunci target Anda adalah bagian dari judul dan konten.
  • Temukan longtail keyword terkait dan gunakan di heading dan konten Anda.
  • Pastikan halaman Anda hanya memiliki satu tag H1.
  • Gunakan heading secara hirarki pada halaman (H1 -> H2 -> H3).
  • Mempercantik konten Anda (gunakan huruf tebal, miring, dan CSS).
  • Optimalkan gambar Anda dan elemen multimedia lainnya (Teks ALT adalah faktor terpenting untuk gambar).
  • Pastikan URL Anda SEO Friendly dan Struktur URL Anda meniru struktur situs Anda.
  • Tambahkan tautan internal ke konten Anda.
  • Tambahkan tautan keluar ke konten Anda (tautan ke situs web terkait berkualitas tinggi).
  • Pastikan situs web Anda memuat dalam waktu kurang dari 3 detik (baik desktop maupun seluler).
  • Pastikan situs web Anda ramah seluler.
  • Dorong komentar tetapi hanya publikasikan komentar yang masuk akal.

Apakah SEO On-Page Lebih Penting daripada SEO Off-Page?

Untuk mencapai eksposur maksimum di mesin pencari dan membuat pengguna Anda senang, Anda memerlukan SEO Off-Page dan SEO On-Page.

SEO On-Page lebih penting (setidaknya untuk situs web baru), dan saya akan menjelaskan alasannya di bawah ini.

'Bicara' bahasa mesin pencari

Lebih masuk akal untuk memulai dengan SEO pada halaman dan melakukannya dengan benar daripada mencoba meyakinkan mesin pencari untuk memberi Anda peringkat yang lebih baik dengan SEO Off-Page.

Mesin pencari adalah program komputer (perangkat lunak) dan mereka tidak melihat sebuah situs web seperti pengguna biasa, tetapi mereka hanya dapat memahami kode dan khususnya bahasa HTML.

Dengan SEO dan terutama SEO On-Page, Anda akan berbicara dalam bahasa mereka. Tujuan Anda adalah membantu mereka memahami, dengan memberi mereka berbagai sinyal melalui struktur halaman dan pengoptimalan konten, tentang apa halaman itu.

Semakin banyak sinyal yang dapat Anda berikan kepada mereka, semakin besar peluang Anda untuk mencapai peringkat yang lebih baik.

SEO On-Page juga tentang pengguna

Jangan pernah lupa bahwa tujuan utama Anda adalah membuat pengguna Anda senang.

SEO Off-Page dapat membawa lalu lintas ke situs web tetapi jika tidak diatur dengan benar atau jika tidak ramah pengguna, hasilnya akan mengecewakan.

Terkadang Anda hanya membutuhkan SEO On-Page

Jika Anda menjalankan situs web untuk bisnis kecil dan Anda perlu membuat pelanggan lokal mencari berbagai istilah di Google maka SEO On-Page adalah semua yang mungkin perlu Anda lakukan.

SEO Off-page muncul setelah SEO On-Page

Bahkan sebelum mulai berpikir tentang bagaimana Anda dapat mempromosikan situs web Anda, Anda perlu memastikan bahwa halaman yang anda tulis dioptimalkan dan dalam kondisi baik.

Jadi, langkah pertama adalah bekerja dengan SEO di situs dan kemudian pergi ke luar situs.

Posting Komentar untuk "Teknik SEO On-Page Untuk Meningkatkan Peringkat Penelusuran (Beserta Daftar Pemeriksaan)"