Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perbedaan Antara SEO dan SEM?

SEO vs SEM

Perbedaan antara SEO dan SEM adalah bahwa Search Engine Optimization adalah bagian dari Search Engine Marketing atau Pemasaran Pencarian. Kedua proses tersebut bertujuan untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencarian.

SEO berfungsi untuk mengoptimalkan situs web Anda agar mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian organik, sementara SEM lebih dari itu. SEM melibatkan metode lain yang dapat memberi Anda lalu lintas mesin pencari seperti iklan PPC.

SEO vs SEM

SEO VS SEM

Seperti yang Anda lihat pada diagram SEO Vs SEM di atas, halaman hasil mesin pencari (SERP) biasanya menyertakan dua jenis hasil. Yang pertama adalah hasil pencarian berbayar dan yang kedua adalah hasil pencarian organik.

Hasil berbayar biasanya ditandai dengan huruf 'AD' (dan terkadang dengan warna berbeda) untuk membantu pengguna membedakannya dari hasil organik. Mereka ditampilkan di atas dan di bawah hasil pencarian organik.

Agar situs web Anda muncul di atas 'hasil pencarian berbayar', Anda perlu menggunakan iklan PPC (pay per click) untuk menawar dan mendapatkan salah satu posisi teratas.

Anda dapat melakukan ini melalui berbagai platform PPC yang ditawarkan oleh mesin pencari kepada pengiklan.

Misalnya, Google Ads adalah alat periklanan Google, Microsoft Advertising adalah platform iklan untuk Bing, setiap mesin pencari memiliki alatnya sendiri.

Untuk membuat situs web Anda muncul di atas hasil organik, Anda perlu menggunakan praktik SEO yang baik. Singkatnya berarti, situs web Anda ramah SEO dan menerbitkan konten yang memenuhi maksud pengguna untuk istilah pencarian tertentu.

Kedua proses (SEO dan PPC) membentuk apa yang umumnya dikenal dalam pemasaran digital atau disebut Search Engine Marketing (SEM). Berikut adalah representasi visual untuk membantu Anda memahami perbedaan antara ketiga istilah tersebut.

SEO, SEM, PPC

Mari kita periksa SEO dan SEM secara lebih detail untuk memahami cara kerjanya.

Search Engine Optimization (SEO)

Untuk mengetahui tujuan melakukan perbandingan antara SEO dan SEM, penting untuk memulai dengan definisi SEO, sehingga jelas bagi Anda apa perbedaan antara keduanya.

SEO adalah proses mengoptimalkan situs web Anda dengan tujuan mendapatkan lalu lintas gratis dari mesin pencari. Trafik yang berasal dari SEO juga disebut sebagai trafik organik .

SEO penting karena sebagian besar lalu lintas mesin telusur berada di bagian atas hasil organik. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari tanpa membayarnya, situs web Anda harus muncul di salah satu dari 5 posisi teratas.

Situs web yang dioptimalkan untuk SEO mudah dipahami oleh crawler mesin pencari dan ini meningkatkan peluang peringkat lebih tinggi di SERPS (halaman hasil mesin pencari).

Ikhtisar SEO

Gambaran SEO

Ada 3 jenis utama SEO : SEO teknis, SEO On-Site, dan SEO Off-Site.

SEO teknis mengacu pada proses pengoptimalan situs web Anda untuk tahap perayapan dan pengindeksan. Dengan SEO teknis, Anda memastikan bahwa mesin pencari dapat merayapi dan mengindeks situs web Anda tanpa masalah.

Komponen utama SEO teknis adalah:

  • Peta Situs XML
  • URL Kanonis
  • Pagespeed
  • Ramah seluler
  • Struktur situs
  • Keamanan situs web

SEO On-Site mengacu pada aturan yang dapat Anda terapkan pada halaman dan konten individual sehingga dioptimalkan untuk kata kunci tertentu.

Komponen utama SEO pada halaman adalah:

  • Optimasi judul halaman
  • Optimasi deskripsi meta
  • Optimasi URL
  • Pengoptimalan gambar (melalui penggunaan Teks ALT )
  • Optimasi Tag H1
  • Optimasi konten

SEO Off-Site mengacu pada proses mendapatkan referensi ( backlink ) dari situs lain dengan tujuan meningkatkan kepercayaan situs web Anda di mata mesin pencari.

Untuk pemula, ini mungkin membingungkan tetapi coba pikirkan seperti sistem peringkat di mana situs web yang memiliki referensi paling banyak, peringkatnya lebih tinggi. Referensi, dalam hal ini, adalah tautan yang berasal dari situs web lain ke situs Anda. Itu juga alasan mengapa SEO off-site disebut sebagai membangun tautan.

Untuk menghindari kesalahpahaman, ini bukan hanya soal berapa banyak tautan yang Anda tunjuk ke situs web Anda, tetapi juga dari mana tautan ini berasal (dan sejumlah faktor lainnya).

Pemasaran Mesin Telusur (SEM)

SEM adalah proses pemasaran digital dengan tujuan meningkatkan visibilitas di mesin pencari baik dengan mendapatkan lalu lintas organik melalui SEO atau lalu lintas berbayar melalui iklan PPC.

Pemasaran Mesin Pencari sebenarnya telah melampaui dan berada diatas SEO tetapi hal itu hanya sebagian dari pemasaran digital.

Pemasaran digital mencakup hal lain yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan lalu lintas situs web Anda selain SEM dan SEO seperti pemasaran media sosial, pemasaran email, pemasaran video, dan pemasaran konten.

Mengapa lalu lintas SEM Penting?

Lalu lintas Pemasaran Mesin Telusur (baik melalui SEO organik atau Iklan Penelusuran Berbayar) dianggap sebagai sumber lalu lintas Internet yang paling penting karena ditargetkan.

Sudah diterima secara luas bahwa orang menggunakan mesin pencari untuk menemukan solusi atas masalah, jawaban atas pertanyaan, atau untuk mempelajari cara melakukan sesuatu.

Jadi, ketika pencari mengklik situs web dari hasil pencarian atau mengklik iklan, mereka cenderung berkonversi. Relevansi situs web dan iklan yang ditampilkan membuat lalu lintas SEM lebih berharga daripada sumber lalu lintas lainnya.

Facebook dan Twitter mencoba mengoptimalkan platform periklanan mereka untuk memanfaatkan lalu lintas bertarget, tetapi tetap saja, lalu lintas yang datang langsung dari mesin pencari memiliki ROI yang lebih baik.

Apakah SEM membantu SEO?

Terlepas dari apa yang dipikirkan banyak orang, SEM tidak membantu SEO. Jika Anda menggunakan PPC untuk menargetkan kata kunci tertentu dan mendapatkan lalu lintas mesin pencari, itu tidak mempengaruhi upaya SEO Anda secara positif atau negatif.

Peringkat SEO diputuskan setelah memperhitungkan ratusan faktor dan kampanye SEM atau PPC BUKAN salah satunya.

Ikhtisar PPC

Melalui iklan pencarian berbayar pada dasarnya Anda membeli ruang iklan di hasil mesin pencari. Jadi, alih-alih mencoba peringkat di salah satu posisi teratas secara organik melalui SEO dan mendapatkan lalu lintas gratis, Anda membayar untuk tampil di depan hasil pencarian.

Agen periklanan paling terkenal untuk PSA adalah Google Ads (secara resmi Google Adwords). Melalui Google Ads, Anda bisa membuat iklan Anda muncul di hasil pencarian Google dan Anda hanya membayar untuk klik pada iklan Anda.

Ini juga alasan mengapa seluruh proses disebut Pay-per-Click atau PPC.

Berikut ini gambaran umum proses PPC:

  • Buat akun dengan platform PPC (misalnya Google Ads)
  • Tentukan kata kunci yang Anda inginkan untuk menampilkan iklan Anda di hasil pencarian
  • Buat iklan Anda (mesin pencari saat ini hanya menampilkan iklan teks dalam hasil mereka)
  • Tetapkan anggaran harian Anda dan MAX BPK (jumlah maksimum uang yang ingin Anda bayarkan untuk klik pada iklan Anda)
  • Jalankan kampanye Anda dan pantau hasilnya

Setelah anggaran Anda habis, iklan Anda akan berhenti berjalan. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa meskipun Anda membayar agar iklan Anda ditampilkan di hasil penelusuran, tidak ada jaminan bahwa iklan tersebut akan tampil di posisi iklan teratas.

Hal ini tergantung pada persaingan dan seberapa banyak Anda bersedia membayar per klik untuk mengamankan salah satu penempatan iklan teratas.

SEO Vs SEM: Mana yang lebih baik, SEO atau SEM?

Terlepas dari kenyataan bahwa SEO adalah salah satu dari dua komponen pemasaran mesin pencari, banyak pemasar ketika mereka merujuk ke SEM yang mereka maksud adalah iklan PPC.

Pada dasarnya, mereka menganggap Iklan Penelusuran Berbayar sebagai satu-satunya komponen SEM. Dalam hal ini, kita bisa melakukan perbandingan antara keduanya.

Biaya

SEO organik umumnya merupakan taktik pemasaran terbaik untuk hasil yang tahan lama. Situs web yang mendapat peringkat tinggi dalam hasil organik untuk kata kunci target mereka, bisa mendapatkan lalu lintas gratis 24/7, pengakuan industri, dan menikmati semua manfaat SEO .

Situs web yang menggunakan PPC masih bisa mendapatkan lalu lintas bertarget dari mesin pencari tetapi mereka harus membayarnya. Setelah mereka menghentikan kampanye berbayar, lalu lintas pun ikut menghilang.

Penting untuk dicatat pada titik ini bahwa meskipun lalu lintas SEO umumnya dianggap gratis, dibutuhkan banyak waktu, tenaga, dan uang untuk mendapatkan hasil organik teratas untuk kata kunci populer.

Ruang pencarian sangat kompetitif untuk semua industri dan Anda perlu melakukan investasi yang cukup besar untuk mengamankan salah satu posisi teratas.

Anda harus membuat konten berkualitas tinggi secara konsisten (yang merupakan proses yang sangat mahal), menyewa pakar SEO untuk membantu proses SEO dan pengoptimalan situs web Anda dengan ratusan aturan SEO.

Jadi, mana yang lebih hemat biaya, SEO atau SEM? Pasti SEO. Ini mungkin memerlukan investasi awal, tetapi begitu Anda mencapai peringkat tinggi untuk kata kunci yang penting bagi bisnis Anda, Anda dapat menikmati lalu lintas gratis 24/7 tanpa khawatir tentang anggaran iklan.

Kemudahan belajar

Untuk pemula akan ada kurva belajar untuk belajar SEO dan PPC tapi dari pengalaman saya, Anda bisa menjadi ahli PPC lebih cepat daripada ahli SEO.

Pasalnya, PPC memiliki aturan yang lebih sedikit dibandingkan dengan SEO. Setelah Anda mempelajari cara menggunakan platform PPC, Anda dapat mulai bereksperimen dengan kampanye PPC. Anda dapat menjalankan kampanye percontohan dengan anggaran terbatas, menganalisis hasil, kemudian memperluas anggaran Anda dan membuat lebih banyak kampanye.

Selain itu, dengan diperkenalkannya kecerdasan buatan di platform SEM, pekerjaan Anda lebih mudah karena banyak tugas rumit yang biasa dilakukan di masa lalu (seperti penawaran manual untuk penempatan iklan) dapat dilakukan secara otomatis oleh algoritme AI.

Di sisi lain, untuk mempelajari SEO , Anda harus memahami cara kerja mesin pencari dan khususnya cara kerja peringkat. Jika Anda memperhitungkan bahwa mesin pencari menggunakan ratusan aturan ketika memutuskan urutan hasil akan muncul untuk istilah pencarian tertentu, Anda dapat menyadari bahwa itu banyak pekerjaan.

Kabar baiknya adalah ada sejumlah kursus online untuk mempercepat proses pembelajaran dan membangun keterampilan SEO Anda dengan cepat.

Waktu

Perbedaan utama lainnya antara SEO dan SEM adalah butuh banyak waktu agar SEO berfungsi dan menghasilkan hasil sementara PPC hampir instan.

Jadi, mana yang lebih baik tergantung pada tujuan pemasaran digital Anda secara keseluruhan. Jika Anda ingin mendapatkan lalu lintas dengan cepat maka Anda bisa mulai dengan SEM (iklan pencarian berbayar) dan secara paralel mengerjakan SEO Anda. Jika Anda ingin membuat bisnis online yang tahan lama tanpa mengandalkan traffic berbayar, maka SEO adalah jawabannya.

Risiko

Ketika bisnis Anda bergantung pada SEM, Anda perlu mempertimbangkan risiko yang terlibat dengan SEO dan PPC.

Untuk SEO, risiko terbesar adalah perubahan algoritma Google. Google adalah mesin pencari terbesar dan juga sumber utama lalu lintas untuk situs web manapun. Beberapa kali dalam setahun mereka merilis perubahan yang mempengaruhi hasil organik. Selama perubahan ini, Anda mungkin saja kehilangan atau mendapatkan peringkat dan lalu lintas.

Jika Anda mendapatkan lalu lintas, itu bagus tetapi jika Anda kehilangan lalu lintas, mungkin perlu waktu lama untuk mencari tahu apa yang salah dan cara memperbaikinya (jika memungkinkan untuk memperbaikinya).

Bagi PPC, risiko terbesar adalah biaya iklan. Biaya per klik meningkat dari tahun ke tahun dan jika Anda hanya bergantung pada lalu lintas berbayar, Anda dapat mencapai titik di mana biaya iklan melampaui tingkat yang dapat diterima. Ini berarti untuk bertahan dalam bisnis Anda mungkin harus menaikkan harga tetapi ini dapat mengurangi penjualan dan keuntungan.

Cara terbaik untuk menangani risiko ini adalah dengan menggunakan SEO dan PPC sebagai bagian dari kampanye SEM Anda. Bergantung pada model bisnis Anda, Anda dapat memulai dengan PPC karena dapat menghasilkan hasil yang lebih cepat tetapi secara paralel, Anda perlu mengerjakan SEO Anda.

Skenario yang ideal adalah mencapai titik di mana Anda bisa mendapatkan lalu lintas bertarget dari kedua saluran sehingga jika terjadi kesalahan dengan SEO atau PPC, bisnis Anda tidak akan terpengaruh sepenuhnya.

Pembelajaran Penting

Pemasaran SEM memiliki dua komponen, pemasaran SEO, dan pemasaran PPC. Meskipun SEO secara teknis adalah bagian dari SEM, banyak orang ketika mengacu pada SEM yang mereka maksud adalah proses menggunakan iklan PPC untuk mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari.

Secara umum, pemasaran mesin pencari adalah saluran pemasaran digital yang penting. Jika Anda ingin membuat bisnis online yang tahan lama, Anda perlu menggunakan keduanya.

PPC bisa memberi Anda hasil yang lebih cepat tetapi Anda harus terus membayar untuk lalu lintas, SEO membutuhkan waktu lebih lama untuk menghasilkan hasil dan membutuhkan investasi awal yang lebih besar.

Kedua proses tersebut bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari dengan tujuan mendapatkan lalu lintas yang sangat bertarget.

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Antara SEO dan SEM?"