Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Zoom Tidak Bisa Dibuka (Error 5003), Ini Cara Mengatasinya

Aplikasi Zoom Tidak Bisa Dibuka

Selama pandemi, Zoom menjadi terkenal di seluruh dunia. Ini adalah platform pertemuan online tempat pengguna dapat mengadakan pertemuan tanpa batas. Aplikasi ini sangat membantu, tetapi terkadang pengguna menghadapi beberapa kesalahan yang berbeda-beda, dan ini dapat menjadi masalah dalam keadaan darurat.

    Cara Memperbaiki Zoom Tidak Bisa Dibuka

    Di sini kita akan menyelesaikan salah satu kesalahan pada aplikasi Zoom Kesalahan ini terjadi dengan kode kesalahan 5003. Ini adalah kesalahan koneksi. Saat Anda mengalami masalah saat menghubungkan dengan server, Anda akan melihat pesan kesalahan ini. Kesalahan ini dapat terjadi karena berbagai alasan. Di sini kami akan memberi Anda panduan lengkap untuk mengatasi kesalahan ini. Juga, kami akan memberikan solusi untuk setiap platform seperti Android, ios, windows, dan mac juga.

    Metode 1: Mulai ulang aplikasi Zoom

    Ini adalah proses dasar. Saat Anda menggunakan aplikasi untuk rapat, dan setelah itu, Anda mencoba untuk bergabung dengan yang lain, dan Anda menghadapi kesalahan, maka memulai ulang akan membantu Anda. Jika Anda menggunakan aplikasi untuk waktu yang lama, dibutuhkan lebih banyak memori. Karena aplikasi ini dapat berfluktuasi dan menyebabkan kesalahan. Dalam skenario seperti itu, memulai ulang aplikasi adalah solusi terbaik. Saat Anda memulai ulang, semuanya segar memulai semua proses, dan memori menjadi bebas sehingga Anda dapat menjalankan aplikasi dengan lancar.

    Untuk perangkat Android dan iOS cukup tutup aplikasi dan hapus dari aplikasi yang baru-baru ini digunakan. Di sisi lain, Anda perlu menggunakan pengelola tugas untuk sepenuhnya menghentikan aplikasi zoom.

    Metode 2: Mulai ulang perangkat Anda

    Terkadang memulai ulang aplikasi tidak dapat menyelesaikan masalah, dan dalam situasi ini, Anda perlu memulai ulang seluruh perangkat. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, biarkan perangkat apa pun. Jika Anda menggunakannya dalam waktu yang lama, memori akan mulai menggunakan lebih banyak, dan restart sederhana dapat membebaskan memori ini. Jadi disarankan untuk sepenuhnya memulai ulang sistem Anda untuk mengatasi kesalahan tersebut.

    Metode 3: Nonaktifkan antivirus Anda

    Solusi ini sebagian besar untuk pengguna PC karena tidak banyak pengguna seluler yang menggunakan aplikasi antivirus apa pun. Antivirus adalah perangkat lunak yang sangat dibutuhkan di PC, tidak diragukan lagi, tetapi terkadang perangkat lunak antivirus dapat menimbulkan masalah bagi pengguna. Untuk lebih spesifiknya, terkadang antivirus mendeteksi beberapa aplikasi sebagai ancaman, dan karenanya, perangkat lunak antivirus memblokir akses tertentu ke beberapa aplikasi. Ini juga dapat terjadi dengan aplikasi zoom. Jika antivirus Anda menghalangi Anda untuk terhubung pada zoom, maka Anda harus menonaktifkannya untuk mengatasi kesalahan tersebut.

    Metode 4: Nonaktifkan VPN Anda

    VPN adalah aplikasi yang memberikan privasi kepada pengguna. Terkadang aplikasi VPN memperlambat kecepatan Internet. Ini terjadi ketika Anda terhubung ke server VPN yang lebih lambat. Ketika koneksi Anda lambat, maka Anda akan menghadapi kesalahan 5003, dan untuk mengatasinya, Anda harus menonaktifkan aplikasi VPN.

    Metode 5: Nonaktifkan Firewall

    Menurut panduan pemecahan masalah resmi From Zoom Firewall adalah salah satu alasan utama di balik kesalahan jaringan. Artinya, jika PC Anda memiliki firewall aktif, tetapi tidak dikonfigurasi dengan benar, maka hal itu dapat menyebabkan latensi, yang mengakibatkan kesalahan jaringan. Untuk mengatasinya, Anda dapat menonaktifkan firewall untuk sementara waktu di PC Anda.

    Metode 6: Perbarui aplikasi Zoom

    Menggunakan pembaruan aplikasi terbaru selalu disarankan dengan aplikasi apa pun, dan itu sama untuk aplikasi Zoom. Alasan di balik ini adalah bahwa aplikasi terbaru selalu memperbaiki bug dan kesalahan yang dilaporkan sebelumnya. Jika Anda terus-menerus menghadapi kesalahan dan aplikasi Anda sudah lama, sangat disarankan untuk mendapatkan aplikasi terbaru. Pertama, untuk mendapatkan pembaruan aplikasi zoom di perangkat android, Anda dapat menggunakan google play store. kedua, untuk iOS, Anda dapat menggunakan app store. Terakhir, untuk windows dan macOS, Anda dapat menggunakan situs resmi aplikasi Zoom untuk mendapatkan pembaruan aplikasi terbaru.

    Metode 7: Periksa status server zoom

    Ketika ada masalah jaringan, server memainkan peran utama di dalamnya. Lebih khusus lagi, server sibuk atau menghadapi beban berat dan dapat menyebabkan masalah koneksi. Ini jarang terjadi karena zoom memiliki server yang hebat. Anda dapat memeriksa status server zoom dengan mengklik di sini . Jika server mati, maka Anda harus menunggu beberapa jam hingga diperbaiki.

    Metode 8: Gunakan metode alternatif untuk bergabung dalam rapat

    Ya, kesalahan 5003 adalah kesalahan jaringan, tetapi ada kalanya hal itu dapat terjadi karena beberapa bug. Jika Anda mencoba untuk bergabung ke rapat dengan link bergabung langsung dan mengalami error, maka gunakan cara alternatif untuk bergabung ke rapat, yaitu dengan ID rapat dan kata sandi. Jika Anda menggunakan ID dan kata sandi rapat dan menghadapi kesalahan, gunakan tautan bergabung langsung.

    Metode 9: Tunggu beberapa menit dan bergabung kembali dengan ruang zoom

    Ketika banyak pengguna mencoba untuk bergabung dalam ruang yang sama, maka hal ini dapat menyebabkan kegagalan bergabung, dan mengakibatkan kesalahan. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menunggu. Segera setelah pengguna bergabung satu per satu, mereka tidak akan menghadapi kesalahan dan dapat berhasil bergabung.

    Metode 10: Hubungi dukungan teknis zoom

    Ketika Anda mencoba semua metode di atas, dan tidak ada yang berhasil untuk Anda, maka ini merupakan solusi terbaik yang pasti akan membantu Anda. Anda dapat terhubung ke dukungan zoom dari situs resmi mereka serta dari aplikasi zoom juga. Beri tahu mereka pertanyaan Anda dan tunggu tanggapan mereka karena mereka akan memberi Anda solusi terbaik sesegera mungkin.

    Kesimpulan

    Singkatnya, ini semua merupakan solusi yang mungkin. Tersedia untuk kode kesalahan 5003. Kami menyarankan Anda selalu menggunakan koneksi jaringan yang kuat sehingga Anda dapat menggunakan aplikasi zoom tanpa gangguan apa pun. Juga, periksa kecepatan internet Anda karena kecepatan Internet yang rendah juga menyebabkan kesalahan. Akhirnya, bersabarlah karena ini membutuhkan waktu Anda untuk mengatasi kesalahan tersebut. Kami berharap ini menghilangkan semua keraguan Anda dan membantu Anda dalam mengatasi kode kesalahan 5003.

    Sumber

    Posting Komentar untuk "Aplikasi Zoom Tidak Bisa Dibuka (Error 5003), Ini Cara Mengatasinya"