Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEMrush vs Ahrefs vs Ubersuggest : Alat SEO Mana yang Harus Anda Pilih ?

SEMrush, Ahrefs, dan Ubersuggest adalah tiga  tool / alat untuk membantu teknik SEO terbaik di pasaran saat ini. Ketiga tool ini memiliki keunikannya sendiri-sendiri, dan tentu saja memiliki harga yang berbeda pula, hehehe.

Pada artikel ini, saya akan mencoba membandingkan alat dari SEMrush, Ahrefs, maupun Ubersuggest. Hal ini agar dapat menjadi referensi bagi kalian yang ingin mengembangkan teknok SEO agar mendapat alat kerja yang terbaik.

Ringkasan Singkat : 

Dimulai dari SEMrush, SEMrush merupakan alat untuk mengembangkan teknik SEO yang dapat digunakan untuk melakukan riset kata kunci, analisis pesaing, dan mengumpulkan data berguna untuk menjalankan kampanye iklan. Bahkan juga dapat memberikan informasi berharga untuk kampanye PPC (pay-per-click marketing), seperti melihat pesaing, memberikan wawasan tentang audiens yang ditargetkan oleh pesaing Agan, serta dapat juga membantu memprediksi tren.

Selanjutnya yaitu Ahrefs. Ahrefs merupakan alat SEO yang cukup komplit, semua fitur yang Agan butuhkan untuk meningkatkan peringkat situs web Agan terdapat di Ahrefs. Terutama digunakan untuk menganalisis profil backlink dari website Agan atau kompetitor, kesehatan SEO, peringkat situs web, dan peringkat kata kunci.

Yang terakhir adalah Ubersuggest. Ubersuggest juga memiliki alat yang cukup lengkap yang mengkhususkan diri dalam audit situs, analisis domain, analisis backlink, penelitian kata kunci, dan analisis pesaing. Tidak seperti alat lainnya di atas, Ubersuggest bisa memberikan banyak informasi secara gratis. Informasi ini mencakup ratusan saran kata kunci, ide konten, ikhtisar domain, audit situs, dan analisis tautan balik. Maka dari itulah, Ubersuggest sangat saya rekomendasikan bagi kalian yang ingin mencari kata kunci namun tidak memiliki dana.

Perbandingan !

Menggunakan Ubersuggest

Pertama, buka Ubersuggest, masukkan situs web milik Agan atau kata kunci umum yang terkait dengan tema yang Agan usung. Lalu pilih negara atau tempat yang ingin Agan targetkan. Ubersuggest kemudian akan mulai memberikan semua informasi yang relevan terkait dengan pencarian Agan.

Misalnya, saya akan mencoba menelusuri kata kunci "sport shoes". Inilah yang akan Ubersuggest sajikan untuk Agan.


Tampilan ini juga termasuk volume pencarian tiap bulan, kesulitan SEO, kesulitan berbayar, dan BPK. Untuk meningkatkan kemungkinan keyword yang Agan terget dapat peringkat halaman pertama SERP, pastikan pilih kata kunci dengan tingkat kesulitan SEO kurang dari 40.

Saat Anda menscroll ke bawah, maka akan tampil berapa banyak orang yang mengklik Keyword yang Agan cari tersebut, termasukkelompok usia dari pencari. Informasi ini sangat penting jika Agan ingin menargetkan sekelompok orang dengan usia tertentu.


Untuk mengetahui bagaimana kinerja situs web Agan di mesin pencari, masukkan URL yang Anda miliki dan klik penelusuran. Alat tersebut akan menampilkan detail seperti jumlah kata kunci organik, lalu lintas bulanan organik, skor domain, dan juga jumlah backlink.

Menggunakan Ahrefs

Untuk dapat menganalisis situs web, pertama kunjungi situs Ahrefs, lalu masukkan domain target Agan. Agan akan melihat sesuatu seperti ini. Ini termasuk jumlah backlink, peringkat domain, dan jumlah total referring domain. Agan juga dapat melihat detail tentang situs web perujuk, seperti peringkat domain mereka, peringkat URL, dan anchor text.


Agan juga dapat melihat apakah backlink atau anchor text diubah.


Dalam hal analisis kompetitor, masukkan URL milik kompetitor Agan, dan Ahrefs akan menampilkan kata kunci mana yang mereka memiliki rangking dan di posisi mana. Agan juga akan melihat volume pencarian untuk kata kunci tersebut dan lalu lintas yang diperoleh oleh kompetitor Agan.


Menggunakan SEMrush

Untuk dapat menemukan kata kunci target Agan di SEMrush, Agan perlu mengunjungi situs SEMrush terlebih dahulu. Lalu buat akun baru dan masukkan Keyword yang ingin Agan cari. Agan akan melihat detail seperti volume pencarian bulanan, kesulitan kata kunci, tingkat persaingan, dan hasil SERP. Tetapi apabili dibandingkan dengan Ahrefs dan Ubersuggest di atas, ikhtisar kata kunci SEMrush terlihat sedikit lebih berantakan.


SEMrush ini juga dapat membantu Agan untuk menemukan konten atau artikel yang harus Agan buat. Tinggal masukkan kata kunci yang relevan, lalu SEMrush akan otomatis mencari ide konten terbaik yang menarik untuk Agan. SEMrush juga memiliki pilihan untuk memilih "subtopik yang lagi ngetren dulu". Hal ini dapat membantu Agan untuk  menemukan jenis konten yang melibatkan sebagian besar audiens target Agan.


Pemenang : Menurut saya pribadi, Ubersuggest adalah yang paling mudah digunakan. Karena alat ini menyediakan semua data yang Agan perlukan untuk dapat mengoptimalkan situs web milik Agan dengan cara yang relatif mudah dipahami. Ditambah seperti yang telah saya jelaskan di atas, terdapat fitur yang dapat di gunakan secara gratis. Maka dari itu Ubersuggest adalah Pemenangnya.

Posting Komentar untuk "SEMrush vs Ahrefs vs Ubersuggest : Alat SEO Mana yang Harus Anda Pilih ?"