Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Riset Keyword Untuk SEO Website E-Commerce

Cara Riset Keyword Untuk Seo Website E-Commerce
Sumber : melisa.id

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk meriset keyword SEO yang sukses adalah dengan melakukan penelitian keyword.

Tujuan dari penelitian keyword tersebut adalah untuk dapat menemukan keyword terbaik untuk dioptimalkan guna meningkatkan peringkat web Anda. Namun, untuk situs web e-niaga, keyword bukan hanya dapat menjadi penguat peringkat website saja, namun juga merupakan penanda konteks.

Persamaanya adalah seperti ini, bayangkan sebuah toko offline. Saat Anda masuk ke sebuah toko, berbagai label yang Anda lihat pada dasarnya tidak dimaksudkan untuk menarik perhatian Anda. Sebaliknya, label tersebut dimaksudkan untuk menjaga agar barang di toko tersebut dapat tertata dengan teratur, dan tentu saja hal tersebut juga dapat membuat Anda menemukan apa yang Anda butuhkan dengan lebih cepat.

Dengan cara yang lumayan sama, keyword untuk toko online harus memberikan konteks untuk produk toko agar dapat membantu pengunjung menemukan apa yang ingin mereka beli dengan cepat.

Hal ini sangatlah penting. Dan bahkan bila Anda hanya memiliki sebuah toko kecil, harus ada layanan SEO seperti label yang harus Anda pertimbangkan untuk memfasilitasi peningkatan lalu lintas di situs web Anda.

Keyword terbaik adalah keyword yang berfokus untuk memenuhi maksud dari pembeli. Oleh karena itu, ada dua bagian utama untuk membuat strategi penelitian keyword untuk website seperti SEO e-niaga, hal tersebut adalah menemukan ide keyword dan mencocokkan keyword dengan maksud dari pembeli.

Menemukan Keyword Ideal

Untuk dapat menemukan keyword ideal dan relevan untuk halaman produk Anda, faktor utama yang perlu dipertimbangkan adalah volume pencarian dan kesulitan kata kunci. Terdapat dua hal yang harus Anda hindari yaitu, yang pertama hindari memilih kata kunci yang terlalu kompetitif. Kedua, dalam mencoba menghindari kata kunci yang sangat kompetitif, jangan memilih kata kunci dengan lalu lintas rendah juga.

Sebaliknya, kata kunci terbaik adalah kata kunci yang dapat mencapai keseimbangan antara volume lalu lintas dan daya saing. Untuk dapat mengetahui hal itu, Anda memerlukan sebuah tool/alat penelitian keyword yang dapat memberi Anda informasi tentang tingkat kesulitan sebuah keyword.
  • Long-tail keyword
Secara umum, keyword yang terlalu luas sebenarnya lebih sulit untuk diberi peringkat. Terlebih lagi, tingkat keterlibatan rendah yang mereka tarik dapat mempengaruhi otoritas domain Anda.

Bayangkan saja Anda mengoptimalkan halaman produk untuk keyword yang luas tetapi situs Anda dikunjungi oleh pengguna yang menginginkan item yang sangat spesifik yang tidak Anda tawarkan. Pengguna seperti itu pasti tidak akan puas, yang menyebabkan bounce rate tinggi.

Oleh karena itu, Anda harus dapat mengoptimalkan halaman produk Anda dengan keyword tertentu. Biasanya, hal ini adalah Long-tail keyword. Long-tail keyword merupakan pencarian unik yang biasanya memiliki kesulitan kata kunci yang rendah. Itu berarti bahwa saat berfokus pada kata kunci berekor panjang dapat mempersempit audiens target Anda, kata kunci tersebut sebenarnya memberi Anda peluang yang lebih baik untuk menentukan peringkat.
  • Kanibalisasi dan Keragaman Kata Kunci
Hindari memberi peringkat untuk keyword yang sama di beberapa halaman situs milik Anda sendiri. Hal ini merupakan kanibalisasi keyword. Meskipun kanibalisasi keyword bukan sesuatu yang mungkin membuat Anda dihukum oleh Google, namun hal tersebut tetap merupakan strategi SEO yang buruk karena Anda akhirnya akan bersaing dengan diri Anda sendiri.

Dengan Pembaruan algoritma Keragaman dari Google, Google menyatakan bahwa hal tersebut tidak akan menampilkan lebih dari dua daftar dari domain yang sama untuk kueri tertentu. Hal tersebut bertujuan untuk menunjukkan hasil yang lebih beragam dari berbagai situs.

Saat Anda mengoptimalkan beberapa halaman untuk satu kata kunci, dan bahkan jika Anda mendapat peringkat pada halaman pertama, perlu diingat bahwa Google hanya akan menampilkan apa yang telah ditentukan sebagai halaman web terpenting dari semua itu.

Terkadang, kanibalisasi keyword adalah hasil dari pengawasan Google. Untuk menghindarinya, impor URL setiap halaman di situs web Anda pada spreadsheet, lalu tentukan kata kunci apa yang akan ditargetkan untuk setiap halaman.
  • Keyword Musiman
Jangan lupa bahwa volume penelusuran dapat berubah, terutama berdasarkan musim.


Jika Anda menjual barang musiman seperti produk hari kemerdekaan, penelitian keyword Anda harus memperhitungkan periode volatilitas seperti bulan Agustus. Jangan menunda saat sudah terlalu mepet.

Niat Pembeli

Saat mempraktekkan teknik SEO, jangan terbawa suasana dengan berusaha mengalahkan mesin pencari. Target utama Anda adalah penonton. Lagipula, tujuan akhir Anda adalah membuat orang membeli produk Anda, dan SEO, yang paling sederhana, hanyalah sarana untuk mendapatkan pengunjung.

Oleh karena itu, buat keyword Anda berdasarkan maksud penelusuran dari pembeli Anda. Ada empat kategori utama dari maksud penelusuran yakni adalah: informasional, navigasi, komersial, dan transaksional.
  • Maksud informasional adalah pada sebuah jawaban dan penjelasan. Jika Anda memiliki blog, Anda pasti ingin fokus pada kata kunci yang bersifat informasional.
  • Penelusuran navigasi adalah penelusuran bermerek, biasanya untuk mengarahkan pengguna ke aplikasi atau situs web tertentu. Fokus pada kata kunci navigasi saat SEO Anda semata-mata untuk membangun visibilitas merek Anda.
  • Saat pengguna menelusuri dengan maksud komersial, mereka mencari informasi tentang (jenis) produk tertentu dan belum memutuskan apa yang akan dibeli, atau apakah akan membeli atau tidak. Topik seperti 'laptop terbaik untuk para gamer' termasuk dalam kisaran ini. Optimalkan untuk kata kunci semacam ini jika Anda menjalankan sebuah blog.
  • Niat transaksional. Alasan dibalik pencarian tersebut adalah untuk membeli. Untuk SEO e-commerce, ini merupakan maksud pencarian terpenting yang harus Anda optimalkan. Misalnya, meskipun ‘laptop terbaik untuk para gamer’ memiliki maksud komersial, ‘Dell G3 15 Gaming Laptop’ memiliki maksud transaksional. Kata kunci transaksional adalah yang paling penting bagi Anda sebagai pemilik toko e-niaga. Meskipun blog Anda mungkin dioptimalkan untuk jenis kata kunci lainnya, halaman produk Anda harus dioptimalkan untuk kata kunci transaksional.

Kesimpulan

Melakukan Riset kata kunci mungkin menjadi dasar dari strategi SEO yang sukses, tetapi perlu diingat bahwa ini bukan hanya proses satu kali, dan dibutuhkan ketekukan yang besar.

Algoritma Google diperbarui dari waktu ke waktu dan kebiasaan membeli orang-orang terus berubah. Kata kunci statis akan mencegah Anda memanfaatkan peluang peringkat di masa mendatang. Karenanya, pastikan kata kunci Anda selalu relevan dan jangan berhenti menemukan peluang baru untuk meningkatkan peringkat.

Posting Komentar untuk "Cara Riset Keyword Untuk SEO Website E-Commerce"