Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu SEO Off Page? Cara Menerapkan SEO Off Page Bagi Pemula

Apa itu SEO Off Page? Cara Menerapkan SEO Off Page Bagi Pemula

SEO off-page mengacu pada teknik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan posisi situs web di halaman hasil mesin pencari (SERPs). Banyak orang mengasosiasikan SEO off-page dengan pembuatan tautan,  tetapi sebenarnya lebih dari itu.

Secara umum, SEO Off-Page berkaitan dengan metode promosi di luar konten situs web untuk tujuan memberi peringkat situs web lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Mengapa SEO Off-Page penting?

Mesin pencari telah diprogram selama beberapa dekade untuk menemukan cara memberikan hasil terbaik kepada pencari.

Untuk mencapai hal ini, mereka memperhitungkan sejumlah faktor SEO pada halaman (dijelaskan di bawah), beberapa faktor kualitas lainnya, dan faktor SEO di luar halaman.

SEO Off-page memberi mereka indikasi yang sangat baik tentang bagaimana Dunia (situs web dan pengguna lain) memandang situs web tertentu.

Sebuah situs web yang berkualitas dan bermanfaat lebih cenderung memiliki referensi ( backlink ) dari situs web lain. Hal ini lebih cenderung memiliki sebutan merek di media sosial (seperti Facebook, tweet, pin, dll.) Dan lebih mungkin untuk ditandai dan dibagikan di antara komunitas pengguna yang berpikiran sama.

Semua sinyal ini memberikan 'lampu hijau' ke mesin pencari untuk memberi peringkat situs web yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Manfaat SEO Off-page

Strategi SEO off-page yang sukses akan menghasilkan manfaat berikut bagi pemilik situs web:

Peningkatan peringkat - Ini adalah keuntungan terpenting dari SEO off-page. Situs web akan berperingkat lebih tinggi di SERP dan ini juga berarti lebih banyak lalu lintas pengunjung akan terjadi.

Peningkatan PageRank - Page rank adalah angka antara 0 dan 10 yang menandakan pentingnya sebuah website di mata Google.

Ini adalah sistem yang ditemukan oleh Larry Page dan Sergey Brin (pendiri Google) dan salah satu alasan Google menjadi begitu sukses dalam menampilkan hasil yang paling relevan kepada pencari.

Peringkat halaman saat ini hanya satu dari 250+ faktor peringkat yang digunakan Google untuk menentukan peringkat situs web.

Eksposur yang lebih besar - Peringkat yang lebih tinggi juga berarti eksposur yang lebih besar karena ketika sebuah situs web menempati peringkat teratas, ia mendapat lebih banyak tautan, lebih banyak kunjungan, dan lebih banyak sebutan di media sosial.

Membangun Kepercayaan - Selain hal di atas, Google baru-baru ini memperkenalkan konsep Expertise, Authority, and Trustworthiness (EAT), yang memainkan peran penting dalam peringkat dan terkait langsung dengan SEO off-page.

Sederhananya, Google ingin memberi peringkat situs web yang menunjukkan keahlian dan otoritas pada suatu subjek, dan salah satu cara untuk memastikan bahwa situs web yang diambil oleh algoritma dapat dipercaya , adalah melalui jumlah dan jenis tautan masuk.

Misalnya, jika Anda ingin dianggap sebagai ahli dalam suatu subjek, tidak cukup bagi Anda untuk mengatakannya, tetapi situs web terkait lainnya harus setuju dan hal ini diungkapkan melalui tautan yang mengarah ke situs web Anda.

SEO Off-Page Vs SEO On-Page

SEO Off-Page Vs SEO On-Page

Untuk menghindari kebingungan bagi pemula, mari kita periksa hubungan antara SEO off-page dan jenis SEO lainnya seperti SEO on-page.

Untuk memahami perbedaan antara keduanya, Anda harus terlebih dahulu memahami apa itu SEO.

SEO atau Search engine optimization adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan serangkaian proses yang bertujuan untuk mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari. SEO penting, tidak hanya untuk mendapatkan pengunjung berkualitas tinggi dari penelusuran, tetapi juga cara untuk meningkatkan keramahan pengguna situs web Anda dan meningkatkan kredibilitasnya.

Mesin telusur menggunakan algoritma kompleks untuk menentukan halaman mana yang akan disertakan dalam indeksnya dan urutan halaman tersebut ditampilkan dalam hasil pencarian. SEO adalah cara untuk 'berbicara' dengan mesin pencari dalam bahasa yang dapat mereka pahami dan memberi mereka lebih banyak informasi tentang situs web Anda.

SEO memiliki dua komponen utama, SEO On-Page dan Off-Page.

SEO On-Page

SEO On-Page mengacu pada pengaturan yang dapat Anda ubah di situs web Anda sehingga dioptimalkan untuk mesin pencari.

Elemen SEO On-Page yang paling penting adalah:

  • Memiliki judul dan deskripsi yang dioptimalkan
  • Struktur URL yang Dioptimalkan
  • Navigasi yang ramah pengguna (remah roti, peta situs pengguna)
  • Tautan internal yang dioptimalkan
  • Pemformatan Teks (penggunaan huruf tebal, miring, dll)
  • Tag H1 dan heading lainnya yang dioptimalkan dengan benar
  • Pengoptimalan gambar (ukuran gambar, nama gambar yang tepat, penggunaan teks ALT )
  • 404 halaman yang ramah pengguna
  • Memuat halaman dengan cepat
  • Halaman Ramah Seluler
  • Konten segar berkualitas tinggi (Ini selalu merupakan faktor SEO terpenting!)
  • Tautan eksternal (tidak ada tautan rusak atau tautan ke situs 'buruk')

SEO Off-Page

Di sisi lain, SEO off-page harus dengan teknik yang dapat Anda gunakan di luar batas situs web Anda, maka nama 'off-page'.

SEO pada halaman berkaitan dengan aktivitas yang dapat Anda kendalikan sepenuhnya tetapi dengan SEO off-page terkadang di luar jangkauan Anda. Misalnya, mudah untuk memastikan bahwa kualitas konten Anda baik, tetapi Anda tidak dapat memaksa seseorang untuk menautkan ke situs web Anda kecuali mereka menginginkannya.

Teknik SEO Off-Page

Teknik SEO Off-Page

Seperti disebutkan di atas, SEO Off-page mengacu pada aktivitas yang dapat Anda lakukan di luar batas situs web Anda. Teknik SEO off-page yang paling penting adalah:

  • Membangun Link
  • Pemasaran media sosial
  • Sebutan Merek
  • Ulasan Pelanggan

Membangun Link

Pembuatan tautan adalah teknik SEO off-Page yang paling populer dan efektif. Pada dasarnya, dengan membangun tautan ke situs web Anda, Anda mencoba mengumpulkan 'suara' sebanyak mungkin, sehingga Anda dapat melewati kompetitor Anda dan mendapat peringkat yang lebih tinggi.

Misalnya, jika seseorang menyukai artikel ini dan mereferensikannya dari situs web atau blognya, maka ini seperti memberi tahu mesin pencari bahwa halaman ini memiliki informasi yang baik.

Selama proses pemeringkatan, mesin pencari akan mempertimbangkan hal itu ketika memutuskan halaman mana yang akan ditampilkan di atas hasil pencarian.

Selama bertahun-tahun webmaster telah mencoba membangun tautan ke situs web mereka untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan mereka 'menemukan' sejumlah cara untuk meningkatkan jumlah tautan.

Mesin pencari yang 'memaksa' ini menambahkan lebih banyak aturan ke algoritma mereka dan mulai membedakan antara tautan baik dan tautan buruk.

Mari kita lihat perbedaan antara keduanya dan mengapa itu penting.

Apa itu tautan yang buruk?

Tautan buruk adalah tautan yang dibuat secara artifisial oleh webmaster dengan tujuan semata-mata untuk menipu algoritma mesin telusur.

Contoh tautan buruk yang paling umum adalah:

Direktori Blog - ini adalah sebuah web yang di bangun khusus untuk menampung sebuah tautan yang akan masuk ke website pengguna tersebut.

Catatan Forum - Banyak orang mengomentari forum dengan tujuan mendapatkan tautan kembali ke situs web mereka (mereka menyertakan tautan ke dalam website mereka).

Tautan komentar - Konsep yang sama seperti catatan forum di mana Anda akan berkomentar di beberapa situs web atau blog lain untuk mendapatkan tautan kembali. Lebih buruk lagi, daripada menggunakan nama asli Anda, Anda bisa menggunakan kata kunci jadi daripada menulis 'komentar oleh Mahen', Anda malah menulis 'komentar oleh Aturan SEO'.

Direktori Artikel - Dengan menerbitkan artikel Anda di direktori artikel, Anda bisa mendapatkan tautan (atau 2) kembali ke situs web Anda.

Beberapa direktori artikel hanya menerima konten unik sementara direktori lain menerima apa pun dari artikel spin hingga artikel yang sudah diterbitkan.

Direktori Konten Bersama - Situs web seperti 'halaman hub' memungkinkan Anda untuk mempublikasikan konten dan sebagai gantinya, Anda dapat menambahkan beberapa tautan yang mengarah ke situs web Anda.

Skema pertukaran tautan - Daripada mencoba menerbitkan konten, Anda dapat berhubungan dengan webmaster lain dan bertukar tautan. Dengan kata lain, saya dapat menautkan situs web Anda dari situs saya dan Anda dapat melakukan hal yang sama. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan dapat melakukan pertukaran yang lebih rumit dengan melakukan tautan 3 arah. Saya menautkan ke situs web Anda dari situs web saya, tetapi Anda menautkan ke situs web saya dari situs web lain.

Jika Anda mencoba 'mengelabui' mesin telusur yang membuat tautan buatan, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan penalti daripada peningkatan peringkat (terutama terkait Google).

Apa tautan yang bagus?

Jadi, jika link di atas tidak berguna, link apa yang bagus? Berikut adalah ringkasan dari karakteristik utama tautan yang baik:

Tautan yang bagus berasal dari situs web tepercaya - Salah satu konsep dasar yang perlu Anda pahami tentang pembuatan tautan dan tautan adalah bahwa ini bukan hanya masalah kuantitas tetapi juga masalah kualitas.

Dengan kata lain, tidak lagi menjadi masalah berapa banyak tautan yang mengarah ke situs web Anda, tetapi yang lebih penting dari mana tautan ini berasal.

Misalnya, tautan dari blog biasa tidak memiliki 'nilai' yang sama dengan tautan dari CNN atau dari situs web lain yang sangat tepercaya di Internet.

Tautan bagus berasal dari situs web terkait - Agar tautan memiliki bobot, berarti tautan tersebut harus diberikan oleh situs web terkait. Misalnya, jika Anda membuat blog tentang SEO dan Anda mendapatkan tautan dari blog model, maka itu tidak memiliki 'bobot' yang sama dengan tautan yang berasal dari blog terkait.

Tautan yang baik memiliki teks tautan yang relevan - Teks tautan adalah deskripsi teks dari sebuah tautan dan memberikan petunjuk besar kepada mesin pencari tentang apa halaman target itu. Tautan yang baik harus memiliki teks tautan yang relevan.

Tautan yang bagus TIDAK dilampirkan tag 'nofollow' - Ini adalah tag khusus yang dapat Anda tambahkan ke tautan yang memberi tahu mesin telusur untuk tidak menghitung tautan tertentu sebagai 'suara kepercayaan' ke situs web yang dirujuk.

contoh tautan nofollow

Ini dilakukan agar Anda dapat menautkan ke situs web lain dari milik Anda tanpa mengambil risiko ketahuan karena menjual atau bertukar tautan.

Dalam hal SEO off-page, tautan yang membawa tag 'nofollow' akan diabaikan oleh mesin pencari dan tidak berpengaruh pada peringkat Anda.

Bagaimana cara mendapatkan tautan berkualitas tinggi untuk situs web Anda?

Jika Anda bertanya kepada Google, mereka akan memberi tahu Anda bahwa tautan apa pun yang mengarah ke situs web Anda haruslah tautan alami.

Tautan alami persis seperti yang tersirat dari namanya. Seorang pemilik situs web atau blogger menyukai situs web atau blog lain dan secara alami menambahkan tautan ke blognya.

Apakah ini terjadi dalam kenyataan? Hal ini memang sulit, tetapi Anda harus berusaha keras untuk sampai ke titik ini. Ambil contoh blog ini. Ini memiliki banyak tautan masuk karena webmaster lain menganggap kontennya menarik dan saya juga menautkan ke situs lain di artikel saya karena menurut saya konten mereka menarik.

Inilah yang dimaksud dengan membangun tautan alami. Tautan memiliki nilai lebih dari sudut pandang pembaca daripada sudut pandang mesin pencari.

Namun demikian, ada cara untuk membuat tautan ke situs web Anda yang mematuhi pedoman Google.

Teknik membangun tautan yang paling efektif adalah:

1. Publikasikan konten yang layak untuk tautan - Ini mungkin terdengar klise tetapi sangat penting karena terdapat dua alasan.

Pertama adalah konten yang bagus akan memberi Anda tautan alami jika Anda mempromosikan halaman Anda dengan benar kepada orang yang tepat (menggunakan pemasaran media sosial).

Kedua, jika Anda tidak memiliki konten yang bagus, bahkan jika Anda berhasil mengamankan tautan, laman Anda tidak akan mendapat peringkat. Faktor peringkat yang lebih penting daripada tautan adalah memiliki konten yang memenuhi maksud pengguna. Jika keduanya tidak ada (konten dan tautan bagus), Anda tidak akan dapat menentukan peringkat.

Contoh konten yang layak untuk tautan adalah studi kasus, penelitian asli, pendapat berbeda tentang suatu topik, dan umumnya konten yang unik dan tidak bias.

2. Posting tamu di situs web lain - Posting tamu adalah metode populer untuk mendapatkan tautan ke situs web Anda. Idenya sederhana:

  • Anda menemukan situs web yang menerima kiriman dari penulis tamu
  • Anda mengirimkan mereka dengan ide-ide Anda
  • Anda mendapatkan posting yang diterbitkan dengan tautan yang mengarah ke situs web Anda

Masalahnya adalah webmaster telah menyalahgunakan metode ini secara berlebihan selama bertahun-tahun dan Google menambahkan aturan ke algoritma mereka untuk mendeteksi dan mengurangi nilai tautan kiriman tamu.

Mereka tidak sepenuhnya mengabaikannya, mereka tetap memiliki nilai jika berasal dari situs tepercaya yang juga memiliki banyak konten sendiri dan bukan hanya postingan tamu.

Dengan kata lain, jika sebuah situs web hanya memublikasikan posting dari penulis tamu, kemungkinan besar tautan tersebut tidak akan memiliki nilai atau efek positif pada peringkat Anda. Tetapi tautan dari situs web yang memiliki peringkat bagus dan konten bagus yang dihasilkan dari penulis dan kontribusi tamu mereka sendiri, dapat berdampak positif pada peringkat Anda.

3. Meminta tautan - Teknik populer lainnya untuk membangun tautan adalah meminta tautan. Saya bukan penggemar metode ini, tetapi saya mendapatkan beberapa email setiap bulan yang meminta tautan.

Idenya adalah Anda menemukan situs web terkait, mengirim email kepada mereka, dan meminta untuk menautkan ke konten Anda.

Peluang mendapatkan balasan positif terbatas tetapi tidak nol jadi agar metode ini berhasil, Anda harus mengirim banyak email.

Saya tidak suka metode ini karena sejumlah alasan tetapi orang lain menggunakannya dan berhasil jika Anda bersedia melakukannya dalam skala yang besar.

4. Menautkan ke situs web lain dari konten Anda - Versi yang lebih baik dari metode di atas adalah menautkan ke situs web lain dari konten Anda dan mengirimkan email kepada mereka untuk memberi tahu mereka. Webmaster akan dengan senang hati menerima tautan tersebut dan membalas budi.

Ini berbeda dari pertukaran tautan (yang bertentangan dengan pedoman Google) karena terserah mereka untuk mengembalikan tautan atau tidak dan itu bukan bagian dari kesepakatan atau perjanjian berbayar.

5. Menerbitkan visual yang layak untuk link - Ini adalah teknik lama yang masih berfungsi dengan baik. Idenya adalah untuk menerbitkan visual yang bagus di situs web Anda (infografis, statistik, grafik, ilustrasi, bagan) yang mungkin berguna untuk ditambahkan ke konten mereka dengan tautan ke sumber aslinya.

SEO Off-Page dan Black Hat SEO

Pembuatan tautan adalah cara mudah untuk memanipulasi algoritma mesin pencari dan banyak spammer mencoba memanfaatkannya dengan membangun jaringan tautan yang secara bertahap mengarah pada pembuatan apa yang umumnya dikenal sebagai black hat SEO. Google telah menjadi sangat cerdas dalam mengenali black hat teknik dan dengan merilis beberapa pembaruan algoritma, mereka berhasil mengontrol masalah dan melindungi hasil pencarian mereka dari spammer.

Pemasaran media sosial

Pemasaran media sosial adalah bagian dari 'SEO di luar situs' dan jika Anda memikirkannya, ini juga merupakan bentuk pembuatan tautan.

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang pemasaran media sosial dan SEO off-page:

Google secara resmi menyatakan bahwa sinyal sosial (seperti suka, komentar, berbagi) tidak berdampak langsung pada peringkat. Alasan utamanya adalah bahwa mereka dapat dengan mudah dimanipulasi atau dibayar dan mereka tidak mewakili gambaran yang akurat tentang seberapa populer sebuah posting sosial.

Perlu juga dicatat bahwa hampir semua link yang Anda dapatkan dari situs media sosial adalah "nofollow", yang berarti link tersebut diabaikan oleh mesin pencari.

Jadi, mendapatkan ribuan suka untuk posting Anda secara artifisial, tidak akan membantu situs web Anda sama sekali. Namun, jika sebuah postingan mendapat perhatian nyata di media sosial atau bahkan menjadi viral, hal ini akan berdampak tidak langsung pada peringkat Anda.

Pos populer dilihat oleh ribuan orang dan lebih mungkin bagi webmaster untuk benar-benar menautkan ke entri Anda dari blog mereka.

Cara lain untuk berpikir tentang bagaimana menggunakan media sosial untuk tujuan membangun tautan adalah ini:

Saat Anda mempublikasikan sebuah posting, maka itu hanya akan dilihat oleh pengikut Anda dan kecuali jika peringkatnya mulai tinggi di hasil pencarian, tidak ada orang lain yang akan membacanya atau menemukannya di Internet. Maka kemudian itu akan hilang dalam miliaran halaman yang diterbitkan.

Di sisi lain, jika Anda mempromosikan setiap posting Anda di media sosial dan menjangkau audiens yang lebih besar, kemungkinan besar lebih banyak orang akan membacanya dan ada kemungkinan beberapa orang akan menautkannya.

Jika Anda ingin melangkah lebih jauh, Anda dapat mengoptimalkan kampanye media sosial Anda untuk menargetkan orang-orang yang lebih cenderung menautkan ke posting Anda, daripada menampilkan posting Anda ke khalayak umum.

Singkatnya, media sosial secara tidak langsung dapat membantu SEO off-page jika digunakan dengan benar.

Sebutan Merek

Google menyukai merek dan lebih suka memberi peringkat situs web bermerek di atas hasil. Alasannya sama dengan penjelasan di atas tentang Keahlian, Kewenangan, dan Kepercayaan. Merek lebih dapat diandalkan dan cenderung dipercaya oleh pengguna dan ini berarti pengalaman pengguna yang lebih baik dan pengguna Google yang lebih bahagia.

Perbedaan antara penyebutan merek, pembuatan tautan, dan pemasaran media sosial adalah bahwa penyebutan merek tidak selalu memiliki tautan yang mengarah ke situs web Anda. Merek Anda dapat disebutkan di forum, artikel, ulasan, atau jaringan media sosial.

Sebagai bagian dari strategi SEO off-page Anda, Anda harus mengejar sebutan positif situs web, produk, atau penulis Anda dan memastikan bahwa Anda menanggapi komentar negatif atau menyesatkan.

Jika penyebutan merek ditautkan, itu lebih baik tetapi meskipun tidak, itu masih memiliki nilai.

Ulasan Pelanggan

Ulasan pelanggan memiliki peran dalam peringkat Anda. Ulasan adalah teknik SEO off-page yang paling efektif untuk website pemasaran online.

Sebagian besar ulasan akan memiliki tag 'nofollow', tetapi jika berasal dari situs tepercaya (seperti Google Bisnisku, Yelp, TrustPilot, dll), ulasan tersebut dapat berdampak positif pada peringkat lokal Anda. Google mempercayai ulasan ini dan menggunakannya sebagai sinyal peringkat.

Jadi, jika Anda menjual produk atau layanan, klaim profil bisnis Anda di semua situs web ulasan utama dan minta pelanggan Anda untuk mempublikasikan ulasan.

Menambahkan ulasan dalam strategi SEO off-page Anda akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak eksposur di mesin pencari dan membangun kepercayaan dengan pengguna Anda.

Kesimpulan

SEO off-page sama pentingnya dengan SEO di situs. Jika Anda ingin kampanye SEO Anda berhasil, Anda harus melakukan keduanya.

Ketika berpikir tentang membangun tautan, jangan mengambil cara yang mudah, tetapi cobalah untuk mendapatkan tautan dari tempat yang sulit didapat. Semakin sulit mendapatkan tautan, semakin banyak nilai yang dimilikinya.

Dulu, Anda bisa dengan mudah mendapatkan ribuan link dan peringkat lebih tinggi tetapi saat ini Anda juga perlu memberi perhatian khusus pada kualitas konten Anda.

Saran saya untuk pemula adalah berkonsentrasi terlebih dahulu untuk membuat situs web yang bagus dengan konten yang luar biasa dan kemudian mulai mengerjakan SEO off-page Anda untuk mendapatkan tautan yang dapat membuat perbedaan dalam peringkat Anda.

Cobalah setiap metode secara terpisah dan cari tahu apa yang bekerja paling baik untuk situs web Anda dan lakukan itu secara konsisten dan segera Anda akan melihat efek positif pada peringkat Anda.

Posting Komentar untuk "Apa itu SEO Off Page? Cara Menerapkan SEO Off Page Bagi Pemula"