Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alternatif Spotify Terbaik untuk Android dan iPhone

Mencari aplikasi atau layanan yang stabil untuk streaming musik favorit Anda? Jika itu masalahnya, Anda benar-benar berada di tempat yang tepat! Baca terus untuk mengetahui beberapa alternatif Spotify terbaik untuk Android dan iPhone yang dapat Anda gunakan untuk mendengarkan musik favorit Anda!

Spotify adalah perusahaan raksasa dalam hal hiburan internet. Tidak hanya memiliki populasi pelanggan terbesar dalam bisnis streaming musik, tetapi juga menjadi salah satu yang paling berpengaruh dalam pembuatan musik. Banyak artis berkolaborasi dengan Spotify untuk merilis lagu mereka sehingga penggemar bisa mengaksesnya dari berbagai penjuru dunia.

Spotify memiliki lebih dari 190 juta pengguna yang mendengarkan musik menggunakan layanan mereka di seluruh dunia, hampir setengahnya telah berlangganan versi premium aplikasi. Meskipun Spotify tampaknya menjadi monopoli dalam hal ini, sebenarnya ada banyak pesaing bagus lainnya untuk Spotify yang sama baiknya jika tidak lebih baik dalam hal fitur dan harga.

Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang tidak terlalu senang dengan layanan atau harga Spotify, maka panduan ini dibuat khusus untuk Anda. Kami telah membuat daftar beberapa daftar alternatif Spotify terbaik yang dapat Anda coba secara gratis untuk Android dan iPhone. Sebagian besar layanan ini masih memerlukan langganan premium untuk mendengarkan tanpa iklan dan library offline Anda, tetapi mereka juga menawarkan harga yang lebih terjangkau atau fitur tambahan yang mungkin membuat Anda penasaran. Bagaimanapun, duduk, santai, dan nikmati bacaannya!

Alternatif Spotify Terbaik untuk Android dan iPhone :

1. Apple Music

Apple music

Dimulai dari Apple Music, yang merupakan layanan streaming yang telah identik dengan musik dan hiburan dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun iTunes adalah layanan yang hampir tidak diingat siapa pun, Apple Music telah mengambil alih sebagian besar basis pengguna yang sebelumnya tidak dapat diperoleh Spotify. Apple telah dengan ketat mendorong platform streaming musik mereka tidak hanya kepada pelanggan Apple tetapi juga orang-orang dari ekosistem Android.

Bagi orang-orang yang sudah memiliki produk Apple yang lebih baru seperti iPad atau iPhone, ada kemungkinan besar Anda sudah mendapatkan langganan gratis untuk waktu terbatas ke Apple Music. Hal terbaik yang dilakukan Apple Music adalah desain dan kelancaran, terutama di iPhone. Meskipun aplikasi Android memiliki kinerja yang meragukan di beberapa ponsel, aplikasi ini masih berfungsi dengan baik di sebagian besar ponsel.

Anda harus benar-benar mempertimbangkan untuk berlangganan Apple Music jika Anda sudah termasuk dalam ekosistem Apple. Perangkat seperti Airpods dan Apple Watch bekerja sangat baik dengan platform streaming juga. Saat ini, Apple Music memiliki lebih dari 50 juta lagu dan stasiun radio, menyaingi perpustakaan musik yang dimiliki Spotify. Tetapi anda memerlukan ID Apple jika ingin menggunakan Apple Music, sesuatu yang tidak dimiliki semua orang.

Ada banyak paket pembayaran berbeda yang ditawarkan Apple dengan platform streaming musiknya. Semua tingkatan paket yang berbeda ini menawarkan perpustakaan musik besar yang sama yang dapat Anda dengarkan tanpa iklan.

Apple Music Individual ($ 10 / bulan): Seperti namanya, paket ini paling cocok untuk satu orang yang tidak berencana berbagi langganan dengan anggota keluarga atau teman lain.

Apple Music Family ($ 15 / bulan): Paket ini memberi Anda akses ke mana saja dari 2-6 anggota keluarga. Harga berubah saat Anda terus menambahkan anggota keluarga yang berbeda tetapi jumlah yang Anda hemat per langganan jauh lebih murah daripada memanfaatkan 6 paket Individu yang berbeda.

Apple Music Student ($ 5 / bulan): Jika Anda seorang pelajar, Apple Music memiliki diskon yang cukup bagus untuk Anda seperti kebanyakan platform streaming lainnya. Dengan ID pelajar yang valid, pada dasarnya Anda dapat memotong biaya hingga setengah dari harga asli dan menikmati semua keuntungan yang sama.

2. YouTube Music

Gambar youtube music

YouTube Music juga menaiki tangga streaming musik dengan sangat pesat belakangan ini. Dirilis bersamaan dengan layanan YouTube Premium, platform streaming musik ini sangat berbeda dari orang-orang seperti Spotify atau Apple Music. Kami akan mengatakan kepada Anda, jika Anda menyukai Spotify karena kemudahan penggunaannya dan pustaka musik yang sangat banyak, YouTube Music mungkin akan sedikit mengecewakan Anda.

Di banyak wilayah, hanya ada sejumlah musik selektif yang tersedia untuk Anda streaming atau unduh. Meskipun antarmuka pengguna adalah sesuatu yang telah ditingkatkan secara besar-besaran dalam beberapa pembaruan baru-baru ini, hal ini masih tidak setara dengan persaingan dengan Sportify. Namun, kami merekomendasikan YouTube Music kepada mereka yang sudah berpikir untuk berlangganan YouTube Premium untuk menyingkirkan semua iklan di video yang mereka tonton .

Tidaklah sulit bagi mereka yang sudah memiliki langganan YouTube Premium untuk setidaknya mencoba YouTube Music. Karena ini telah terintegrasi dengan sangat baik dengan perangkat Google Home yang mungkin Anda miliki seperti Home Mini. Anda juga dapat langsung menonton Video Musik yang terkait dengan lagu-lagu dari dalam aplikasi. Dengan satu langganan YouTube Premium, Anda mendapatkan akses ke perpustakaan YouTube Music yang layak, menonton video bebas iklan di YouTube, dan bahkan menonton acara YouTube Original.

Dengan biaya langganan $ 11,99 / bulan, YouTube Music memang menawarkan banyak fitur jika dibandingkan dengan kompetitor yang lainnya.

3. Amazon Music / Prime Music

Gambar amazon prime music

Sebelum Anda bertanya mengapa kami menyebutkan dua nama berbeda untuk layanan streaming berikutnya, itu karena Amazon sebenarnya menawarkan dua layanan berbeda. Layanan Prime Music mungkin adalah salah satu layanan yang kebanyakan orang kenal. Anda dapat mendapatkan akses ke layanan Prime Music secara gratis dengan berlangganan Amazon Prime, sesuatu yang sudah dimiliki banyak orang.

Layanan Prime Music yang dibundel dengan langganan Amazon Prime memiliki perpustakaan musik  sekitar 2 juta lagu, sedangkan layanan streaming khusus Amazon Music memiliki akses ke lebih dari 60 juta lagu dan stasiun radio. Antarmuka pengguna dengan Amazon Music cukup mudah, tetapi sejujurnya aplikasi ini masih kurang jika dibandingkan dengan Spotify dan Apple Music.

Jika Anda memang bisa terbiasa dengan UI yang membosankan dari aplikasi ini, Anda beruntung karena layanan Amazon Music benar-benar dapat berhadapan langsung dengan Spotify dalam hal ukuran dan fitur perpustakaan musik. Kami akan merekomendasikan orang-orang yang sudah memiliki langganan Amazon Prime untuk memberikan layanan Prime Music gratis yang disertakan dalam paket. Jika Anda merasa perpustakaannya terlalu terbatas, layanan Amazon Music selalu menjadi pilihan.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, layanan Prime Music dibundel dengan langganan Amazon Prime dengan biaya $ 119 / tahun atau $ 12,99 / bulan.

Paket Individual ($ 9,99 / bulan): Paket ini paling cocok untuk pengguna individu yang tidak memiliki orang lain untuk berbagi musik.

Paket Keluarga ($ 14,99 / bulan atau $ 149 / tahun): Ini memberi Anda akses ke lebih dari 6 anggota keluarga yang berbeda.

Diskon Amazon Prime ($ 7,99 / bulan atau $ 79 / tahun): Jika Anda sudah memiliki langganan Amazon Prime, Anda mendapatkan sedikit diskon untuk menambahkan langganan Amazon Music Anda.

Paket Pelajar ($ 4,99 / bulan): Seperti kebanyakan platform streaming musik lainnya, memiliki ID Pelajar yang valid dapat menurunkan biaya langganan efektif Anda menjadi setengahnya.

4. Deezer

Gambar deezer

Berikutnya dalam daftar kami dari beberapa Alternatif Spotify terbaik untuk Android dan iPhone adalah Deezer. Meskipun Deezer mungkin platform yang belum pernah Anda dengar sebelumnya, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk mencari tahu seberapa banyak yang ditawarkannya. Saat ini, Deezer hanya tersedia di negara tertentu dan mencoba yang terbaik untuk diluncurkan secara global. Deezer tersedia di hampir semua platform yang dapat Anda pikirkan, baik itu Windows, macOS, Android, iOS, Xbox dan daftarnya tidak pernah berakhir.

Hal paling membuat kami penasaran tentang Deezer adalah versi gratisnya yang menawarkan serangkaian fitur cukup bagus. Jika Anda menggunakan Deezer di perangkat seluler, Anda dapat mendengarkan lagu apa pun yang Anda suka meskipun dengan beberapa iklan tersebar di sana-sini. 

Setelah Anda mendapatkan paket premium, Deezer akan menjadi lebih menarik. Karena aplikasi ini memiliki perpustakaan besar musik dan video yang dapat Anda streaming atau unduh secara lokal. Anda dapat mendengarkan musik berkualitas CD dengan waktu buffer minim bahkan pada koneksi lambat. Ada radio langsung dan dukungan podcast juga dengan layanan ini. Secara keseluruhan, jika Anda dapat hidup dengan versi gratis yang didukung iklan dari Deezer di Android atau iPhone Anda, maka ini adalah pilihan yang bagus untuk alternatif Sportify.

Paket Individual ($ 9,99 / bulan atau $ 119 / tahun): Ini memberi Anda kemampuan tanpa batas, kemampuan untuk mengunduh lagu secara offline, dan musik bebas iklan dengan harga yang standar di industri.

Paket Keluarga ($ 14,99 / bulan): Anda dapat menambahkan hingga 6 anggota keluarga yang berbeda ke Deezer dengan paket keluarga mereka.

Paket Pelajar ($ 4,99 / bulan): Seperti kebanyakan platform streaming musik lainnya, siswa mendapatkan harga yang cukup bagus dengan setengah harga.

5. SoundCloud

Gambar SoundCloud

Mengakhiri daftar Alternatif Spotify terbaik untuk Android dan iPhone untuk dicoba, kami memiliki SoundCloud yang merupakan layanan streaming musik yang sangat populer, namun diremehkan. SoundCloud memiliki perpustakaan musik raksasa yang berisi lebih dari 130 juta lagu, lebih dari gabungan Spotify dan Apple Music. Alasan banyaknya pilihan musik SoundCloud adalah karena Anda bisa menemukan banyak artis Indie di sini yang sangat bersemangat membuat musik.

SoundCloud juga memiliki sebagian besar musik populer. SounCloud memiliki antarmuka dan pengalaman pengguna yang sangat menarik. Desain aplikasi dipikirkan dengan sangat baik dan sangat responsif, apa pun perangkat yang Anda gunakan. Para pengembang telah waspada terhadap bug dan terus menambahkan fitur baru untuk lebih meningkatkan pengalaman pengguna.

Hal yang sangat kami sukai dari SoundCloud adalah kenyataan bahwa Anda bahkan tidak perlu membayar biaya berlangganan untuk sebagian besar vitur. Versi gratisnya memiliki perpustakaan musik besar dengan iklan yang tidak terlalu mencolok seperti pada layanan seperti Spotify atau Deezer. Anda dapat memilih untuk membayar biaya berlangganan jika beberapa iklan itu akhirnya mengganggu Anda. Saya pribadi telah menggunakan SoundCloud selama bertahun-tahun hanya berkat koleksi musiknya dan trek Indie yang ditawarkannya.

Seperti yang dinyatakan di atas, seseorang tidak perlu berlangganan SoundCloud untuk menikmati perpustakaan raksasa yang berisi lebih dari 120 juta lagu. Namun, ada beberapa opsi jika Anda memang ingin mengeluarkan uang untuk membuat pengalaman Anda lebih baik dengan aplikasi.

SoundCloud Go ($ 4,99 / bulan): Paket ini memberi Anda perpustakaan yang sama tetapi sekarang tanpa iklan dan kemampuan untuk menyimpan lagu secara offline.

SoundCloud Go + ($ 9,99 / bulan): Langganan Go + membuka perpustakaan yang lebih besar dengan lebih dari 180 juta + lagu untuk Anda.

Kesimpulan

Kami harap Anda menikmati kumpulan alternatif Spotify terbaik kami untuk Android dan iPhone pada tahun 2020! Manakah di antara daftar ini yang menjadi favorit Anda, dan berapa banyak alternatif Spotify berikut yang sudah Anda ketahui atau gunakan? Tahu platform streaming musik bagus lainnya untuk Android dan iPhone yang menurut Anda menarik dan berguna bagi orang lain? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah, kami akan senang mendengar dari kalian!

Posting Komentar untuk "Alternatif Spotify Terbaik untuk Android dan iPhone"