Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop di Windows 10

    Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan kepada Anda langkah-langkah untuk menonaktifkan keyboard laptop di Windows 10. Adapun alasan untuk melakukan hal ini mungkin ada beberapa alasan. Misalnya, jika salah satu tombol pada keyboard Anda macet, maka hal tersebut akan terus menjalankan tindakan terkaitnya. Selain itu, jika Anda lebih suka menggunakan keyboard USB eksternal, mungkin pertimbangkan untuk menonaktifkan keyboard internal ini. Dalam hal ini, ada beberapa pendekatan yang bisa Anda ambil.

    Cara termudah melibatkan menonaktifkan keyboard adalah menghapus driver keyboard. Namun hal ini mungkin tidak bekerja untuk device, karena setelah Anda me-restart PC, sistem mungkin menginstal ulang driver. Jika demikian, Anda kemudian dapat menonaktifkan penginstalan driver keyboard otomatis melalui Editor Kebijakan Grup. Dalam panduan ini, saya akan membagikan langkah-langkah untuk kedua metode ini. Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita lanjutkan dengan panduan untuk menonaktifkan keyboard laptop di Windows 10.

    Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop di Windows 10

    Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop di Windows 10

    Terlepas dari dua metode yang kita bahas di atas, ada satu lagi yang mungkin pernah Anda temui. Hal ini melibatkan penginstalan driver keyboard yang tidak kompatibel dengan keyboard Anda. Saya sangat menyarankan untuk tidak mencobanya karena dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada yang dapat dibayangkan. Dalam kasus tertentu, hal itu bahkan dapat menyebabkan masalah Layar Biru / Blue Screen. Jadi hal ini harus dihindari dengan segala cara. Anda hanya boleh tetap menggunakan dua metode yang telah kami sebutkan di bawah ini untuk menonaktifkan keyboard laptop di Windows 10.

    Metode 1: Nonaktifkan atau Copot Pemasangan Driver Keyboard

    Pertama, Anda harus mencoba menonaktifkan driver. Namun, jika opsi itu berwarna abu-abu, maka Anda harus mengambil langkah pencopotan pemasangan. Berikut adalah instruksi yang diperlukan untuk keduanya:

    • Klik kanan pada ikon Windows yang ada di bilah tugas dan pilih Device Manager dari menu.
    • Perluas bagian Keyboard dengan mengkliknya.
    • Kemudian klik kanan pada nama keyboard Anda (Keyboard PS / 2 Standar) dan pilih opsi Nonaktifkan perangkat.
    • Konfirmasi Disable di kotak dialog konfirmasi yang muncul dan tunggu prosesnya hingga selesai.
    • Namun, jika opsi Disable tidak ada, pilih opsi Uninstall device dan lanjutkan dengan instruksi untuk menghapus driver.
    uninstall device

    Setelah selesai, Restat ulang PC Anda dan periksa apakah Anda dapat menonaktifkan keyboard laptop di Windows 10 atau tidak. Jika ternyata tidak, maka alasannya adalah PC Anda pasti sudah menginstal ulang driver secara otomatis pada boot berikutnya. Maka dari itu, anda perlu mematikan instalasi otomatis driver di PC anda.

    Metode 2: Nonaktifkan Instalasi Driver Keyboard Otomatis

    Sebelum kita melanjutkan dengan langkah-langkahnya, Anda perlu mendapatkan ID perangkat keras keyboard Anda. Setelah selesai, saya akan memberi tahu Editor Kebijakan Grup Lokal untuk mencegah Windows dari penginstalan driver otomatis dari perangkat apa pun yang cocok dengan ID perangkat keras di atas. Inilah cara melakukannya:

    1. Buka menu Start dan cari Device Manager.
    2. Sekarang perluas bagian Keyboard dengan mengkliknya.
    3. Kemudian klik kanan pada nama keyboard (Standard PS / 2 Keyboard) dan pilih Properties. 
      properti keyboard windows 10
    4. Buka tab Details, klik pada bagian Property dan pilih Hardware Id dari menu drop-down. 
      Hardware id
    5. Anda sekarang akan melihat tiga ID berbeda, salin yang pertama. Dengan menggunakan ID ini, kita akan menonaktifkan keyboard laptop Windows 10. 
      salin id keyboard laptop
    6. Sekarang gunakan kombinasi tombol pintas Windows + R untuk membuka kotak dialog Run. Ketik gpedit.msc dan tekan Enter.
    7. Ini akan membuka Editor Kebijakan Grup. Pilih Konfigurasi Komputer dari bilah menu kiri.
    8. Lalu pergi ke Template Administratif> Sistem> Instalasi Perangkat> Pembatasan Instalasi Perangkat.
    9. Di bawah Pembatasan Instalasi Perangkat, klik kanan pada Cegah instalasi perangkat yang cocok dengan salah satu ID contoh perangkat ini, dan pilih Edit. 
      Gpe edit

    10. Kemudian pilih opsi Enabled dan klik Show. Sekarang tempel ID Perangkat Keras Keyboard yang telah Anda salin di LANGKAH ke kotak Nilai ini dan klik OK.
    11. Setelah selesai, buka Device Manager dan perluas bagian keyboard.
    12. Klik kanan Standard PS / 2 Keyboard dan pilih Uninstall Device.  
      hapus instalan driver keyboard

    13. Tunggu hingga proses selesai, dan setelah selesai, reboot PC. Kali ini, driver keyboard tidak akan diinstal secara otomatis saat PC melakukan boot dan dudukan keyboard dinonaktifkan.

    Semoga dengan langkah-langkah yang telah saya tulis di atas dapat membantu anda untuk menyelesaikan masalah anda. Terimakasih. Jangan lupa untuk membaca tips dan trik lain yang dapat membantu permasalahan anda

    Lebih baru Lebih lama