Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Banyak Pohon yang Masih Hidup?

Berapa banyak pohon yang masih hidup

Hanya 1 persen dari pohon dewasa yang tidak aktif yang hidup secara biologis sedangkan sisanya terdiri dari sel kayu struktural yang tidak hidup. Dengan kata lain, sangat sedikit volume kayu pohon yang terdiri dari jaringan yang "hidup dan memetabolisme"; Sebaliknya, bagian utama yang hidup dan tumbuh dari pohon adalah daun, tunas, akar, dan selaput tipis atau sel kulit tepat di bawah kulit kayu yang disebut kambium.

Ada sel hidup lain yang penting untuk pertumbuhan pohon di berbagai bagian pohon , terutama di ujung akar, meristem apikal, dan daun dan kuncup bunga; akan tetapi, sel-sel hidup ini menghasilkan persentase yang sangat kecil dari total volume sel pohon. Sebaliknya, sel-sel yang tidak hidup atau "mati" mengisi sebagian besar volume pohon, memberikan dukungan struktural yang penting bagi sel-sel hidup.

Yang cukup menarik, pohon memulai kehidupannya sebagai benih yang berkecambah dengan setiap sel hidup dalam hyperdrive, tetapi ketika benih pohon menjadi semai, kemudian menjadi pancang, kemudian pohon dewasa, kandungan hidupnya menjadi semakin sedikit sebagai persentase dari total. volume. Pohon semakin kehilangan sel sitoplasma hidup mereka karena metabolisme berhenti di setiap sel, dan meskipun mereka tidak lagi hidup, sel-sel tak hidup ini sekarang memberikan perlindungan, transportasi, dan dukungan fisik bagi yang hidup.

Peran Penting Sel Tak Hidup

Tanpa dukungan dan struktur yang disediakan oleh sel tak hidup,  pohon kemungkinan besar akan mati  dan tentunya tidak akan tumbuh sebesar mereka. Ini karena sel-sel tak hidup memberikan peran penting dalam proses  bagaimana pohon tumbuh  - mulai dari "pengangkatan berat" dalam mengangkat cabang-cabang tinggi hingga kulit pohon, yang melindungi lapisan tipis sel-sel hidup di bawahnya.

Kayu pendukung dan pelindung ini dibuat oleh sel-sel yang mengeras kambial yang dihasilkan pada lapisan kambial bagian dalam dan luar dan diapit di antara lapisan kambial luar. Akibatnya, kulit pohon merupakan produk dari proses pembuatan tabung ayakan yang terus berlangsung untuk mengangkut air dan nutrisi dari daun ke akar dan punggung.

Baca Juga : Apa itu Granit?

Suara sel-sel pohon yang tidak hidup sangat penting untuk membantu pohon tetap terlindungi, dan kulit kayu serta sel-sel struktural berfungsi sebagai garis pertahanan terhadap serangga dan penyakit yang dapat mempengaruhi jaringan hidup kambium yang rentan yang mempertahankan kehidupan sepanjang pohon.

Sel-sel baru terbentuk dan sel-sel hidup menghentikan metabolisme saat mereka berubah menjadi pembuluh pengangkut dan kulit pelindung, menciptakan siklus penciptaan, pertumbuhan yang cepat, metabolisme yang lambat, dan kematian saat pohon memanjat lebih tinggi menjadi tanaman yang sehat dan lengkap.

Saat Kayu Dianggap Hidup dan Mati

Untuk sebagian besar maksud dan tujuan, kayu dianggap sebagai produk dari sel-sel hidup di pohon yang memanfaatkan lingkungan di sekitarnya untuk membuat protein dan membentuk pembuluh dan cangkang pelindung untuk pertumbuhan pohon yang berkelanjutan. Kayu hanya secara teknis dianggap mati jika dipisahkan dari pohon itu sendiri, karena masih memiliki peran penting dalam kehidupan tanaman saat menempel pada sel-sel hidup di pohon.

Dengan kata lain, meskipun kayu sebagian besar terbuat dari sel tak hidup - sel yang tidak lagi berkembang biak melainkan mengangkut nutrisi ke sel hidup - ia masih dianggap "hidup" jika menempel pada pohon itu sendiri. Namun, jika cabang tumbang atau seseorang menebang pohon, kayu tersebut dianggap "mati" karena tidak lagi mengangkut materi hidup melalui dirinya.

Akibatnya, kayu yang telah dipisahkan dari pohon akan mengering saat protoplasma mengeras dan protein berubah menjadi kayu yang dapat digunakan untuk perapian atau untuk membangun rak. Kayu ini dianggap mati, meski potongan yang pernah ditempelkannya - jika masih menempel di pohon itu sendiri - masih dianggap hidup.

Posting Komentar untuk "Berapa Banyak Pohon yang Masih Hidup?"