Jarak Planet Dari Matahari : Urutan planet-planet berdasarkan jarak dari matahari

{inAds}

Jarak Planet Dari Matahari : Urutan planet-planet berdasarkan jarak dari matahari

Seputarkita.idTata surya tempat kita tinggal adalah rumah bagi delapan planet termasuk Bumi. Jumlah itu berkurang dari sembilan ketika Pluto direklasifikasi sebagai planet kerdil pada tahun 2006. Jarak planet dari matahari menjadi penentu komposisi dasarnya.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Mars dan planet-planet di dalam orbitnya dikenal sebagai planet terestrial karena sebagian besar terdiri dari batu. Sedangkan yang berada di luar orbitnya dikenal sebagai raksasa gas atau, dalam kasus dua planet terluar, raksasa es. Planet-planet luar mungkin memiliki inti berbatu, tetapi jika demikian, inti tersebut tertanam dalam campuran gas dan es yang membentuk massa mereka. Salah satu alasan untuk reklasifikasi Pluto adalah bahwa, meskipun mengorbit di luar Neptunus, Pluto sebagian besar terdiri dari batu dan tidak sesuai dengan pola ini.

Jarak Merkurius ke Matahari

Merkurius, dinamai dewa Romawi, berjarak 57,9 juta km dari matahari dan 77 juta km dari Bumi. Ini adalah planet terkecil di tata surya, dengan diameter 4.878 km. Dibutuhkan 87,96 hari Bumi bagi Merkurius untuk berputar mengelilingi matahari, lebih cepat dari planet lain, dan 58,7 hari Bumi untuk berputar pada porosnya. Permukaan Merkurius ditandai oleh dataran halus dan kawah yang dalam, dan planet ini sebagian besar terbuat dari batu dan logam.

{inAds}

Jarak Venus ke Matahari

Venus, dinamai dewi cinta dan kecantikan Romawi, berjarak 108 juta km dari matahari dan 26 juta mil jauhnya dari Bumi. Ini adalah planet terbesar keenam di tata surya dengan diameter 12.103 km. Dibutuhkan 224,68 hari Bumi bagi Venus untuk berputar mengelilingi matahari dan 243 hari Bumi untuk berputar pada porosnya. Oleh karena itu, ini adalah planet dengan hari terpanjang. Venus, objek paling terang di langit selain matahari dan bulan kita, memiliki permukaan dengan pegunungan berbatu dan berdebu, ngarai dan dataran.

Jarak Bumi ke Matahari

Planet Bumi berjarak 150 juta km dari matahari, dan dengan diameter 12.755 km, itu adalah planet terbesar kelima di tata surya. Sejauh yang kami tahu, itu adalah satu-satunya planet dengan kehidupan, dan sekitar 70 persen permukaannya tertutup air. Bumi berputar mengelilingi matahari setiap 365 hari sekali dan berputar pada porosnya dalam 24 jam. Bumi diperkirakan berusia lebih dari 4,5 miliar tahun.

{inAds}

Jarak Mars ke Matahari

Mars sering disebut sebagai Planet Merah, karena ditutupi dengan debu kemerahan dan batu. Hal ini dinamai dewa perang Romawi dan 228 juta km jauhnya dari matahari. Mars adalah planet terbesar ketujuh di tata surya, dengan diameter 6.794 km. Dibutuhkan 686,98 hari Bumi bagi Mars untuk berputar mengelilingi matahari, dan berputar pada porosnya dalam 24,6 jam Bumi. Ini memiliki permukaan yang keras, kering, berbatu dan dua bulan.

Jarak Jupiter ke Matahari

Jupiter, planet terbesar di tata surya, berjarak 779 juta km dari matahari. Ini memiliki diameter 142.795 km, yang berarti bahwa Anda dapat memuat semua planet lain di dalamnya dan lebih dari selusin Bumi dapat berbaris di atasnya. Jupiter membutuhkan 11,862 tahun Bumi untuk berputar mengelilingi matahari dan 9,84 jam Bumi untuk berputar pada porosnya, menjadikannya planet dengan hari terpendek. Jupiter memiliki setidaknya 63 bulan dan sebagian besar terbuat dari hidrogen dan helium.

Jarak Saturnus ke Matahari

Saturnus, yang terkenal karena cincinnya yang terbuat dari miliaran partikel es, berjarak 1.430 juta km dari matahari dan 886 juta km dari Bumi. Ini memiliki diameter 120.057 km, menjadikannya planet terbesar kedua di tata surya. Dibutuhkan 29,456 tahun Bumi bagi Saturnus untuk berputar mengelilingi matahari dan 10,2 jam Bumi untuk berputar pada porosnya. Saturnus terbuat dari cairan dan gas, sehingga benar-benar akan mengapung di atas air.

{inAds}

Jarak Uranus ke Matahari

Uranus, planet pertama yang ditemukan dengan teleskop, berjarak 1.430 juta km dari matahari. Dinamai dewa langit Yunani dan memiliki diameter 52.500 km, menjadikannya planet terbesar ketiga di tata surya. Dibutuhkan 84,07 tahun Bumi bagi Uranus untuk berputar mengelilingi matahari dan 17,9 jam Bumi untuk berputar pada porosnya. Uranus terbuat dari hidrogen, helium dan metana dan tidak memiliki permukaan padat.

Jarak Neptunus ke Matahari

Planet terjauh dari matahari pada 4.500 juta km jauhnya adalah Neptunus, dinamai dewa laut Romawi. Ini memiliki diameter 49.530 km dan merupakan planet terbesar keempat di tata surya. Dibutuhkan 164,81 tahun Bumi bagi Neptunus untuk berputar mengelilingi matahari dan 19,1 jam Bumi untuk berputar pada porosnya. Seperti Uranus, Neptunus terbuat dari hidrogen, helium, dan metana.

Lebih baru Lebih lama