Aktivitas geologi apa yang dimiliki Uranus?

{inAds}
Aktivitas geologi apa yang dimiliki Uranus?

Seputarkita.id - Uranus, planet ketujuh di tata surya, adalah tetangga Saturnus, tetapi belum menarik perhatian yang sama dengan planet dengan sistem cincin raksasa. Hanya satu pesawat ruang angkasa - Voyager 2 - telah berkelana cukup dekat untuk mengambil gambar close-up. Itu tidak mencatat aktivitas geologis di Uranus itu sendiri karena raksasa es itu tidak memiliki permukaan padat. Tiga bulan berbatu Uranus, bagaimanapun, menunjukkan tanda-tanda aktivitas.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Dunia Biru Tanpa Karakteristik

Dari jauh, permukaan Uranus tidak menyajikan karakteristik yang membedakan, selain warna biru langitnya, dan dari dekat, kurangnya karakteristik  permukaan bahkan lebih mencolok. Warna biru berasal dari metana dan awan es air di atmosfer bagian atas.

{inAds}

Di bawah awan adalah atmosfer hidrogen-helium yang meluas ke inti es. Inti terdiri dari 80 persen massa planet, tetapi hanya meluas hingga 20 persen dari jari-jari. Uranus memiliki medan magnet yang lemah, dan miring pada sudut 60 derajat sehubungan dengan kutubnya. Sumbu kutub anehnya berada di bidang yang kira-kira sama dengan orbit planet.

Inti dari Berlian Mengambang

Medan magnet Uranus yang sangat mengambang membuat para ilmuwan percaya bahwa ia memiliki inti cair, dan bukan yang padat, seperti Saturnus atau Jupiter. Medan magnet miring adalah karakteristik yang dimiliki Uranus dengan Neptunus, dan mungkin akibat suhu dingin pada jarak yang diorbit planet-planet.

Baca Juga : Ciri-ciri Planet Merkurius Paling Lengkap

Faktanya, cairan yang mengalir di sekitar inti kedua planet ini mungkin bukan air, metana, atau komponen lain dari atmosfer mereka. Ini mungkin karbon, membentuk sup berputar-putar dan bertekanan di mana mengapung pulau-pulau berlian, salah satu bentuk karbon padat.

Bulan Uranus

Uranus mungkin tidak memiliki aktivitas geologi bagi para ilmuwan untuk dipelajari, tetapi beberapa bulannya memilikinya. Sejauh yang diketahui para astronom pada tahun 2014, Uranus memiliki 27 bulan, dan lima di antaranya cukup besar untuk ditemukan dari Bumi menggunakan teleskop. 22 lainnya ditemukan oleh Voyager dan Teleskop Luar Angkasa Hubble.

{inAds}

Oberon, yang terluar dari lima bulan terbesar, sudah tua dan sangat berkawah, seperti Umbriel, yang tengah dari bulan-bulan ini. Titania, bulan terbesar, Miranda, yang paling dalam dan Ariel semuanya menunjukkan tanda-tanda aktivitas geologis.

Permukaan Bulan Uranus

Gambar Bulan Ariel
Gambar Bulan Ariel

Ariel memiliki permukaan paling halus dari setiap bulan, dan kawahnya yang berdiameter relatif kecil menunjukkan kemungkinan dampak dengan objek berkecepatan rendah yang melenyapkan kawah yang lebih besar.

Bulan ini menunjukkan tanda-tanda efek smoothing dari aliran material es dan lembah dan punggung bukit yang disebabkan oleh gerakan di sekitar garis patahan. Permukaan Miranda adalah tambal sulam karakteristik geologi dengan penampilan tidak seperti yang lain di tata surya. Ini menunjukkan tanda-tanda campuran permukaan yang lebih tua dan lebih muda yang disebabkan oleh tingkat aktivitas tektonik yang sangat tinggi. Gaya pasang surut yang dihasilkan oleh kedekatan bulan dengan Uranus mungkin telah menghasilkan panas yang diperlukan untuk aktivitas ini.

Lebih baru Lebih lama