Ciri-ciri Planet Merkurius Paling Lengkap

{inAds}

Ciri-ciri Planet Merkurius Beserta Gambarnya

Seputarkita.idMerkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari, dan dengan demikian, ia memiliki banyak hal menarik dan unik. Ini telah dianggap sebagai planet terkecil sejak Pluto kehilangan statusnya sebagai planet. Merkuri sangat padat. Karena begitu dekat dengan matahari, ia telah kehilangan hampir semua atmosfernya, dan permukaan Merkurius lebih mirip dengan bulan Bumi daripada planet-planet berbatu lainnya.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Poin Singkat Planet Merkurius

Inti Merkurius diperkirakan terbuat dari besi nikel cair dengan mantel batuan padat dan permukaan batuan lepas dan debu. Informasi tentang komposisi Merkurius didasarkan pada data dari pesawat ruang angkasa Mariner 10, diluncurkan pada tahun 1973, dan probe MESSENGER, misi yang berlangsung dari 2011 hingga 2015.

Apa yang diketahui para ilmuwan tentang Merkurius sebagian besar didasarkan pada data dari pesawat ruang angkasa seperti Mariner 10 dan probe robot MESSENGER (MErcury Surface, Space ENvironment, GEochemistry and Ranging). Informasi tambahan telah diperoleh dengan menganalisis cahaya yang dipantulkan dari planet ini dan memeriksa medan magnetnya. Sampai misi luar angkasa mendarat di Merkurius dan mengumpulkan sampel batuan, para ilmuwan tidak akan sepenuhnya yakin tentang komposisi keraknya.

Komposisi Merkurius Unik di Tata Surya

{inAds}

Karena tidak ada pesawat ruang angkasa yang pernah mendarat di Merkurius dan mengambil sampel batuan, para ilmuwan tidak dapat memastikan komposisi pasti planet ini. Mariner 10 terbang melintasi planet ini tiga kali pada tahun 1973 dan 1974 dan memotret permukaannya. Probe robot MESSENGER mengorbit planet ini dari 2011 hingga 2015, mengukur medan magnetnya dan mengumpulkan data. Berdasarkan informasi ini dan data dari pengukuran lain medan magnet Merkurius dan cahaya yang dipantulkan, para ilmuwan telah mengembangkan teori tentang inti dan permukaan planet.

Baca Juga : Jarak Planet Dari Matahari : Urutan planet-planet berdasarkan jarak dari matahari

Inti Merkurius luar biasa besar dan membentuk sekitar 70 persen dari planet ini. Ini mungkin terdiri dari besi cair dan nikel dan bertanggung jawab atas medan magnet planet. Di atas inti logam adalah mantel berbatu setebal 500 kilometer. Akhirnya, ada lapisan permukaan tipis batu dan debu yang telah diadu dan kawah oleh dampak dari banyak meteor dan benda langit tersesat lainnya.

Merkurius hampir tidak memiliki atmosfer, sebagian karena gravitasinya sangat rendah sehingga tidak dapat menyimpan gas dekat dengan permukaannya. Selain itu, planet ini sangat dekat dengan matahari sehingga angin matahari meniup gas yang menumpuk di dekat permukaan. Jejak atmosfer planet ini mencakup sejumlah kecil oksigen, hidrogen, dan helium. Kombinasi inti magnetik besi besar dengan lapisan permukaan yang longgar dan hampir tidak ada atmosfer membedakan Merkurius dari semua planet lain di tata surya.

{inAds}

Fakta Menarik Merkurius

Merkurius berputar pada porosnya sangat lambat sehingga setengah permukaannya menghadap matahari untuk waktu yang lama. Ini berarti bahwa sisi panas merkuri dapat mencapai 430 derajat celsius sedangkan sisi dingin berada pada -185 derajat celsius.

Para ilmuwan dulu berpikir bahwa satu sisi Merkurius selalu menghadap matahari, tetapi pengamatan yang lebih akurat telah menunjukkan bahwa planet ini berputar tiga kali dalam dua tahun Merkurius, yang berarti berputar sekali setiap 60 hari Bumi saat mengorbit mengelilingi matahari setiap 90 hari Bumi.

Jika dibandingkan dengan Bumi, Merkurius sekitar 0,4 kali diameter Bumi, yang membuatnya sedikit lebih besar dari bulan kita. Planet ini juga memiliki gravitasi sekitar 0,4 kali Bumi, dan jaraknya dari matahari rata-rata sekitar 0,4 kali jarak Bumi. Sementara orbit Bumi hampir melingkar (secara teknis berbentuk elips, tetapi dengan jumlah yang relatif kecil), Merkurius jauh lebih elips.

{inAds}

Permukaan Merkurius terlihat mirip dengan bulan, dan planet ini mungkin terdiri dari jenis batu dan debu yang sama. Kawah tumbukan menutupi permukaan kedua tubuh, tetapi Cekungan Caloris Merkurius adalah salah satu yang terbesar di tata surya. Para ilmuwan percaya sebuah asteroid besar menghantam planet ini setelah pertama kali terbentuk dan menciptakan cekungan. Dampaknya begitu kuat sehingga menghasilkan kawah tumbukan multi-cincin sepanjang 1.300 kilometer di satu sisi planet ini, serta gelombang tumbukan yang melintasi pusat planet, membentuk area 500 kilometer dari bukit dan lembah besar di sisi lain.

Dengan suhu permukaan yang ekstrem dan ketidakmampuannya yang jelas untuk mendukung kehidupan, Merkurius tidak mungkin menjadi target pendaratan probe dalam waktu dekat. Namun, upaya pengamatan di orbit terus berlanjut. Pada Oktober 2018, Badan Antariksa Eropa (ESA) dan Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) meluncurkan BepiColombo, sebuah misi bersama di mana dua pesawat ruang angkasa diluncurkan sebagai satu paket, masing-masing membawa pengorbit yang akan mengamati lebih banyak tentang planet ini. Sementara itu, para ilmuwan masih menganalisis data dari penyelidikan MESSENGER dan mengumpulkan gambaran yang lebih lengkap tentang planet dan komposisinya.

Referensi

  • Sherwood, Susan. (2023, June 5). Which Planet Apparently Shrank in Diameter?. sciencing.com. Retrieved from https://sciencing.com/planet-apparently-shrank-diameter-20778.html
Lebih baru Lebih lama