Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Reptil Laut, Contoh Hewan Reptil Laut

Pengertian Reptil Laut

Kelas Reptilia adalah kelompok hewan yang dikenal sebagai reptilia. Ini adalah kelompok beragam hewan yang "berdarah dingin" dan memiliki (atau bersisik). Mereka adalah vertebrata, yang menempatkan mereka dalam filum yang sama dengan manusia, anjing, kucing, ikan, dan banyak hewan lainnya. Ada lebih dari 6.000 spesies reptil. Mereka juga ditemukan di laut, dan disebut sebagai reptil laut. 

Kelas Reptilia , atau reptil termasuk berbagai kelompok hewan: kura-kura, ular, kadal dan buaya, buaya, dan Caiman. Banyak ilmuwan percaya bahwa burung juga termasuk dalam kelas ini.

Karakteristik Reptil

Hewan dalam  Kelas Reptilia:

  • Apakah ectotherms (biasa disebut "berdarah dingin"). Hewan-hewan ini perlu menghangatkan diri menggunakan panas eksternal (misalnya, matahari).
  • Sebagian besar melahirkan anak mereka dalam telur, yang dilindungi oleh selaput ketuban (jadi reptil disebut sebagai "amniota").
  • Memiliki skala, atau memang memiliki suatu titik dalam sejarah evolusi mereka.
  • Bernapas menggunakan paru-paru bukan insang. Dengan demikian, reptil di laut mungkin dapat menahan napas untuk masuk ke dalam air, tetapi pada akhirnya harus pergi ke permukaan untuk bernapas.
  • Memiliki jantung dengan tiga atau empat bilik.

Mengklasifikasikan Reptil dan Reptil Laut

  • Kingdom: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Reptilia
Reptil laut dibagi menjadi beberapa ordo:
  1. Testudinata: Kura-kura. Penyu merupakan salah satu contoh penyu yang hidup di lingkungan laut.
  2. Squamata: Ular. Contohnya adalah ular laut .
  3. Sauria: Kadal. Contohnya adalah iguana laut. Dalam beberapa sistem klasifikasi. biawak termasuk dalam Ordo Squamata.
  4. Crocodilia: C rocodiles . Contohnya adalah buaya air asin .
Daftar di atas adalah dari Daftar Spesies Laut Dunia (WoRMS)

Habitat dan Penyebaran

Reptil hidup di berbagai habitat. Meskipun mereka dapat berkembang di habitat yang keras seperti gurun, mereka tidak ditemukan di daerah yang lebih dingin seperti  Antartika , karena mereka perlu bergantung pada panas eksternal untuk tetap hangat.

Penyu Laut

Penyu ditemukan di lautan di seluruh dunia. Mereka bersarang di pantai subtropis dan tropis. Penyu Belimbing adalah spesies yang bisa masuk perairan dingin, seperti Kanada. Reptil menakjubkan ini memiliki adaptasi  yang memungkinkan mereka untuk hidup di air yang lebih dingin daripada kura-kura lainnya, termasuk kemampuan untuk mengalirkan darah dari siripnya untuk menjaga suhu inti tubuh mereka lebih hangat. Namun, jika penyu berada di perairan dingin terlalu lama (seperti saat penyu tidak bermigrasi ke selatan cukup cepat di musim dingin), mereka mungkin menjadi menjadi bengong / stunt.

Ular Laut

Ular laut terdiri dari dua kelompok: ular laut laticaudid, yang menghabiskan waktu di darat, dan ular hidrophiid, yang hidup sepenuhnya di laut. Ular laut semuanya berbisa, tetapi mereka jarang menggigit manusia. Mereka semua hidup di Samudra Pasifik (Indo-Pasifik dan kawasan Pasifik tropis timur).

Iguana Laut

Iguana laut yang hidup di Kepulauan Galapagos merupakan satu-satunya kadal laut. Hewan ini hidup di pantai dan mencari makan dengan menyelam di air untuk memakan alga . 

Buaya

Di AS, buaya Amerika sering masuk ke air asin. Hewan-hewan ini ditemukan dari Florida selatan sampai Amerika Selatan bagian utara dan dapat ditemukan di pulau-pulau, tempat mereka berenang atau didorong oleh aktivitas badai. Seekor buaya, dijuluki Cletus , berenang ke Dry Tortugas (70 mil dari Key West) pada tahun 2003. Buaya Amerika cenderung lebih pemalu daripada aligator Amerika dan buaya air asin, yang ditemukan di wilayah Indo-Australia dari Asia hingga Australia .

Kebanyakan reptil melahirkan dengan bertelur. Beberapa ular dan kadal bisa melahirkan anak. Di dunia reptil laut, penyu, iguana, dan buaya bertelur, sedangkan sebagian besar ular laut melahirkan anak-anak yang lahir di bawah air dan harus segera berenang ke permukaan untuk bernapas.

Reptil Laut

Reptil yang dapat hidup setidaknya sebagian dari hidupnya di lingkungan laut antara lain penyu , buaya  dan beberapa jenis kadal.

Referensi dan Informasi Lebih Lanjut

  • Galapagos Conservancy. Iguanas and Lizards. Accessed October 30, 2015.
  • IUCN. 2010. Sea Snakes Fact Sheet. Accessed October 30, 2015.
  • Morrissey, J.F. and J.L. Sumich. 2012. Introduction to the Biology of Marine Life. Jones & Bartlett Learning. 466pp.

Posting Komentar untuk "Pengertian Reptil Laut, Contoh Hewan Reptil Laut"