Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ancaman Bagi Penyu Laut

Penyu punya cangkang untuk melindungi dirinya, bukan? Anda mungkin bertanya-tanya hewan apa yang dapat memakan penyu, karena cangkang penyu hanya bertindak sejauh ini untuk melindungi mereka. Tidak seperti penyu darat, penyu tidak dapat menarik diri ke dalam cangkangnya untuk perlindungan. Jadi ini membuat kepala dan sirip mereka sangat rentan terhadap predator. Temukan jenis-jenis hewan laut yang memangsa penyu dan cara mereka melindungi diri dari predator.

Jenis Hewan Yang Memangsa Mereka

Hewan yang memangsa penyu dewasa antara lain hiu (terutama hiu macan), paus pembunuh ,  dan ikan besar. Penyu sangat rentan saat masih menjadi telur dan tukik, dan penyu sering bertelur di pantai. Meskipun sarang mereka mungkin berada beberapa meter di dalam pasir, predator seperti coyote dan anjing sangat cerdas dan dapat menggalinya.

Jika telur penyu berhasil menetas, tukik kecil harus segera lari ke laut, di mana mereka dapat diserang oleh predator lain, seperti burung camar. Sayangnya, lebih dari sembilan puluh persen tukik ini diketahui telah dimakan oleh predatornya. Selain hewan yang telah disebutkan sebelumnya, burung laut, rakun, dan kepiting hantu merupakan hewan lain yang dikenal sebagai predator alami terhadap penyu. Menurut Seaworld.org, sarang penyu pipih juga rentan terhadap predator unik seperti kadal, dan rubah.

Bagaimana Penyu Melindungi Diri Sendiri

Untungnya, cangkang penyu adalah sahabat mereka. Cangkang keras mereka membantu melindungi mereka dari predator saat bahaya sudah dekat. Selain itu, penyu laut biasanya adalah perenang yang sangat terampil yang cepat berada di habitat alami mereka, lautan, yang membantu mereka menyingkirkan situasi berbahaya saat mereka datang.

Satu-satunya jenis penyu yang memiliki cangkang lunak, bukan cangkang keras, adalah penyu belimbing. Karena penyu belimbing berukuran lebih besar, risiko bahayanya jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis penyu lainnya. Pelajari lebih lanjut tentang cobaan dan kesengsaraan dalam kehidupan penyu dan bagaimana Anda dapat membantu hewan laut ini.

Ancaman Terbesar Terhadap Mereka

Menurut Sciencing.com, ancaman terbesar bagi penyu adalah kecerobohan manusia, mulai dari sampah di garis pantai hingga cedera akibat sampah di air. Penyu sering menelan sampah yang mengapung di lingkungannya yang mengakibatkan kematian karena tercekik. Ribuan penyu terjebak di jaring ikan setiap tahunnya, yang mengakibatkan kematian terakhir mereka karena tenggelam. Fakta bahwa penyu tidak dapat melindungi diri dari situasi manusia seperti yang digambarkan hanyalah beberapa alasan mengapa penyu dianggap sebagai spesies yang terancam punah.

Bagaimana Kita Dapat Membantu

Ada beberapa cara kita untuk membantu menyelamatkan penyu . Sebagai contoh:

Kita bisa mematikan lampu yang terlihat dari pantai. Ini karena penyu menggunakan cahaya dan pantulan untuk menemukan jalan ke air pada malam hari, sehingga mematikannya akan menyelamatkan mereka dari kebingungan.

Kita dapat mengurangi jumlah sampah yang kita hasilkan dan membersihkan sampah yang ditemukan di sepanjang pantai. Ini akan membantu mencegah penyu terjerat plastik dan sampah di garis pantai dan di laut.

Posting Komentar untuk "Ancaman Bagi Penyu Laut"