Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memaksimalkan Penghasilan Iklan di YouTube

Cara Memaksimalkan Penghasilan Iklan di YouTube

Di era sekarang ini, tidak sedikit orang yang menggunakan platform youtube untuk mendapatkan penghasilan dari video yang telah mereka buat. Namun hanya sedikit yang bisa di katakan berhasil dari menghasilkan banyak uang dari platform youtube. Agar mendapatkan uang dari youtube sendiri, dibutuhkan Adsense yang dapat menampilkan iklan di video yang telah kita upload. Nah untuk itu, saya akan memberikan cara memaksimalkan iklan di youtube untuk Anda. Berikut inilah hal-hal yang harus Anda lakukan :

1. Optimasi keyword dan tag video

Sama dengan apabila kita membuat sebuah topik di website atau blog, riset keyword sangat membantu Anda mengetahui hal apa saja yang sedang dicari audiens dalam sebuah video konten. Keyword dengan pencarian tinggi memungkinkan Anda untuk dapat menamilkan iklan Adsense di youtube menjadi bernilai lebih tinggi. Namun dengan persaingan keyword yang tinggi pula, konten yang harus Anda berikan juga harus menampilkan nilai yang lebih daripada kompetitor Anda.

Baca Juga : Cara Riset Keyword Untuk SEO Website E-Commerce

2. Optimasi tag video untuk menarik iklan Youtube Adsense yang bernilai

Anda juga harus melakukan optimasi di bagian tag video, hal ini secara tudak langsung dapat mengoptimalkan iklan Adsense yang ditampilkan di channel video youtube Anda. Anda dapat mesukkan tag video yang sesuai dengan keyword yang telah Anda targetkan sebelumnya.

3. Buat video yang berkualitas yang di butuhkan Audien

Semakin berkualitas dan di buthkan video yang telah Anda buat, maka akan semakin banyak pula orang yang akan menonton konten anda. Semakin banyak orang yang menonton, makan akan semakin banyak pula penambahan subscriber Anda. Artinya akan semakin banyak juga kemungkinan orang untuk mengklik iklan yang terdapat di channel Youtube Anda. Sehingga semakin banyak penghasilan yang dapat Anda dapatkan. Optimasi video kamu dengan membuat konten yang berpotensi untuk viral ditonton banyak orang, tetapi yang utama tetap pastikan video Anda bermanfaat untuk penonton.

4. Upload video secara teratur

Anda harus memastikan selalu upload video konten secara teratur. Jika Anda memiliki jadwal upload yang teratur maka secara tidak langsung dapat membuat penonton untuk selalu menuggu video terbaru yang akan Anda upload. Hal ini bekerja seperti stasiun TV, yang setiap programnya memiliki jadwal yang telah ditetap dan teratur. Dengan membuat konten teratur Anda juga akan lebih konsisten dalam membuat video, dan semakin banyak video yang Anda upload maka akan semakin banyak pula iklan yang akan muncul di channel video Anda.

5. Hindari Copyright Strike di Youtube

Copyright strike merupakan mimpi buruk para pembuat konten. Ada banyak aturan mengenai copyright strike atau pelanggaran hak cipta. Seperti penggunaan logo, musik, video, amaupun gambar. Anda tidak boleh seenaknya memasukan hal tersebut dalam video yang telah susah payah Anda buat.  Jika video yang Anda upload di klaim oleh pihak ketiga karena pelanggaran hak cipta. Maka video Anda tidak akan dimonetisasi sehingga pendapatan iklan yang di terima akan menurun.   Cara yang paling aman untuk mengupload kontent video di Youtube adalah dengan membuat video original. Youtube menyarankan agar para creator membuat video original karya Anda sendiri untuk menghindari klaim konten video pihak ketiga yang mungkin terjadi.

6. Optimalkan deskripsi dan judul untuk pencarian video (SEO)

Deskripsi video dan judul adalah teks terkait konten video kamu yang akan diindeks oleh mesin pencarian. Anda harus dapat mengoptimalkan judul dan deskripsi dengan penggunaan keyword yang minimalis dengan volume pencarian tinggi dan hindari tag spam. Gunakan judul deskriptif yang menggambarkan dengan singkat tentang konten video yang Anda buat.

Baca Juga : SEMrush vs Ahrefs vs Ubersuggest : Alat SEO Mana yang Harus Anda Pilih ?

7. Pilih thumbnail yang menarik

Youtube adalah konten yang ditonton sehingga biasanya penonton hanya melihat gambar thumbnail video untuk memutuskan mengklik sebuah video atau tidak. Pastikan setiap kali kamu mengupload video, kamu buat dulu thumbnail yang menarik yang dapat mengikat dan membuat orang penasaran sehingga ingin menonton video Anda.

8. Buat tanggapan video

Jika video kamu masih belum banyak yang menonton, kamu bisa membuat video tanggapan atau reaction video terhadap video popular yang sedang trending. Ini adalah cara yang cukup ampuh untuk mengambil traffic penonton dari video yang sedang popular di masyarakat. Pastikan kamu juga bisa membuat tanggapan video yang menarik dan unik sehingga memebrikan nilai baru.

Kesimpulan

Sebenarnya Anda bisa saja menghabiskan jutaan rupiah untuk merekrut seseorang unguk dapat membantu produski video, tetapi hal tersebut tidak setra merta langsung menjamin apakah orang lain akan menonton video Anda. Jangan hanya membuat video yang Anda inginkan, hal itu tidak akan menghasilkan untung, tetapi buatlah video yang audien butuhkan. Sebelum membuat video lakukan riset terlebih dulu, pahami jenis video seperti apa yang orang suka tonton. Jika Anda sudah tahu apa yang diinginkan penonton maka video pun dijamin pasti lebih banyak yang menonton daripada video yang hanya asal buat saja.

Posting Komentar untuk "Cara Memaksimalkan Penghasilan Iklan di YouTube"