Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Membangun Bisnis

Tips Sukses Membangun Bisnis

Apa sih sebenarnya tips sukses membangun bisnis? Ada banyak sekali faktor, tetapi coba tanyakan pada HRD perusahaan dan pemilik usaha yang sukses dan mereka pasti akan menjawab bahwa salah satu yang terpenting adalah kemampuan untuk mengakses sumber daya manusia dengan bakat-bakat terbaik. Masalahnya adalah bakat-bakat terbaik tersedia hanya dengan biaya premium. Gaji tinggi, tunjangan wah, proteksi kesehatan kelas pertama, fisik kantor yang mentereng agar gengsi terangkat, dan lain-lainnya yang saya yakin Anda dapat menambahkannya sendiri, adalah syarat agar mereka mau bergabung.

Mau tahu rahasia lain? Para pemilik usaha sukses akan setuju bahwa pekerjaan mereka yang terutama, terpenting dan tersulit sebenarnya adalah berpikir, terutama berpikir tentang strategi perusahaan, bukan sibuk menjalankan operasional perusahaan sehari-hari. Oleh sebab itu, Anda perlu mencari cara agar Anda terbebas dari sebanyak mungkin pekerjaan yang menghabiskan banyak waktu agar Anda memiliki waktu yang (lebih) banyak untuk berpikir.

Baca Juga : 3 Cara untuk Mendukung Bisnis Lokal secara Gratis

Intinya adalah Anda perlu mengoutsource semua jenis pekerjaan (task) yang bisa di-outsource, terutama pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan (jauh) lebih berkualitas oleh orang lain dan pekerjaan yang menghabiskan banyak waktu Anda. Perlu diperhatikan bahwa yang saya maksudkan sebagai "outsource" disini bukanlah memiiki karyawan penuh waktu (fulltime) tetapi tidak berstatus sebagai pekerja tetap pada sebuah perusahaan. Yang saya maksudkan dengan "outsource" disini adalah :

Outsource – Mengalihkan pekerjaan (task) yang perlu diselesaikan kepada pihak lain, bisa karena pihak tersebut jauh lebih ahli menyelesaikan pekerjaan tersebut ataukah karena task tersebut terlalu banyak menguras waktu Anda. 

Outsourcing bukanlah sesuatu yang perlu Anda lakukan sekali-kali. Outsourcing adalah strategi yang harus Anda lakukan setiap hari. Anda bukanlah Superman. Mengerjakan segala sesuatunya sendiri hanya akan menghasilkan dua hal:

  1. Anda menjadi overworked.
  2. Pekerjaan yang Anda hasilkan dibawah standard.

Keuntungan dan Alasan Mengalihkan Pekerjaan Ini adalah beberapa keuntungan dan alasan mengapa Anda dan/atau tim Anda perlu mengalihkan pekerjaan kepada pihak lain:

  • Anda yakin ada orang lain di luar sana yang mampu mengerjakan pekerjaan ini dengan lebih cepat, lebih berkualitas, lebih murah, lebih indah, lebih aman dan kelebihan-kelebihan lainnya. Artinya Anda yakin ada orang lain yang memiliki skill lebih tinggi daripada Anda dan tim Anda untuk menyelesaikan pekerjaan ini.
  • Anda merasa waktu Anda dan/atau waktu tim Anda (jauh) lebih berharga daripada dihabiskan untuk mengerjakan pekerjaan ini. Untuk meminimalkan resiko. Dengan mengalihkan pekerjaan kepada pihak yang lebih ahli, secara otomatis resiko Anda berkurang. Anda dapat lebih fokus pada pekerjaan inti
  • Anda dan/atau tim Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk mengerjakan apa yang seharusnya Anda lakukan, pekerjaan-pekerjaan yang memang sesuai dengan skillset Anda dan/atau tim Anda.
  • Bisnis Anda berjalan 7x24 jam. Dengan mengalihkan pekerjaan ke banyak orang/pihak, bisnis Anda bekerja dengan mesin berkecepatan jet, nyaris tanpa henti selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun.
  • Anda tidak perlu mempersiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan, seperti tempat kerja (kantor), komputer, printer, koneksi internet dan lain-lainnya.

Luar biasa! Dengan sistem pengalihkan seperti ini, Anda mendapatkan worker dengan bakat-bakat terbaik dan disaat yang sama, Anda dapat menghemat banyak biaya!

Posting Komentar untuk "Tips Sukses Membangun Bisnis"