Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara untuk Mendukung Bisnis Lokal secara Gratis

3 Cara untuk Mendukung Bisnis Lokal secara Gratis

Sebagai konsumen, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan kepada para pengusaha lokal bahwa Anda peduli dengan mereka. Dengan semakin berkembangnya dunia online, Anda  dapat mendukung bisnis lokal secara online gratis tanpa biaya apapun. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk mendukung bisnis lokal di sekitar Anda.

1. Menulis review

Bisnis dapat menggunakan ulasan seseorang untuk membangun dan mempertahankan reputasi online mereka. Sebagai konsumen, meninggalkan ulasan adalah cara yang bagus untuk memberi tahu para pembisnis tentang pengalaman yang Anda dapatkan dari penggunaan produk mereka. Apakah ulasan Anda bagus, netral atau buruk.

Dengan ulasan yang bagus, Anda dapat memberi tahu pelanggan yang akan datang tentang pengalaman yang Anda peroleh dan memberi tahu pemilik bisnis apa yang Anda nikmati. Di sisi lain, ulasan netral atau buruk memungkinkan pemilik bisnis untuk belajar tentang apa yang dapat mereka tingkatkan.

Namun, setiap kali Anda meninggalkan ulasan, pastikan untuk membuatnya mendetail. Seorang pemilik bisnis tidak dapat berbuat banyak ketika semua ulasan Anda mengatakan, "Layanannya hebat" atau "Saya tidak akan pernah kembali ke sini". Dengan menjelaskan pengalaman Anda secara mendetail, pemilik bisnis akan mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak.

Misalnya saja di bidang bisnis makanan. Jika layanan dan makanan yang Anda peroleh luar biasa, jelaskan apa yang membuat layanan itu menonjol (apakah ketepatan waktu, suasananya, rasanya, dll) Dan buat daftar apa saja yang telah Anda pesan dari menu tersebut.

Jika Anda merasa layanan yang di berikan di bawah standar, jelaskan apa yang membuat Anda merasa seperti itu. Apakah waktu pelayanan yang lama? Apakah makanan Anda dingin? Meskipun Anda merasa hal itu adalah detail terkecil, sertakan dalam ulasan Anda. Semakin baik Anda memberikan gambaran layanan yang Anda peroleh, semakin baik pula pemilik bisnis tersebut dapat mengatasi dan memingkatkan kualitasnya.

2. Ikuti Bisnis Lokal di Media Sosial

Ketika COVID-19 menyerang, semua orang beralih ke media sosial untuk berkomunikasi, termasuk bisnis lokal. Meskipun sebagian besar orang sudah menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari, media sosial menjadi lebih menonjol setelah pelanggan terpaksa tinggal di rumah dan bisnis beroperasi pada jam-jam tertentu.

Mengikuti dan terlibat dengan bisnis lokal favorit Anda di media sosial tidak hanya dapat membantu Anda tetap mendapat informasi-informasi yang terbaru, tetapi juga akan membantu mendukung bisnis tersebut. Dengan mengomentari, menandai, dan menyukai postingan, pemilik bisnis akan tahu konten apa yang Anda sukai, dan itu akan membantu mereka mencapai tujuan media sosial mereka.

Jika Anda mengunjungi bisnis tertentu, baik itu toko ritel, restoran, galeri seni, atau jenis bisnis lainnya, pastikan untuk check-in di Facebook juga. Dengan check-in, teman Facebook Anda tahu bahwa Anda mengunjungi bisnis itu dan membantu menyebarkan informasi bisnis tersebut.

Secara keseluruhan, media sosial adalah alat pemasaran merek yang sangat baik. Namun, hal ini tidak selalu memberi mereka prospek dan penjualan secara langsung, tetapi dapat membantu menyebarkan berita bisnis yang mereka kelola kepada para pelanggan.

3. Berlangganan Konten / Email

Jika bisnis lokal favorit Anda memiliki fitur pembaruan lewat email, luangkan waktu untuk dapat berlangganan. Email memiliki kesempatan untuk memberikan lebih banyak detail tentang pembaruan daripada media sosial. Email juga bisa disesuaikan lebih baik untuk Anda.

Saat Anda meluangkan waktu untuk berlangganan, ini menunjukkan kepada bisnis yang mereka kelola bahwa Anda peduli tentang mereka dan ingin tahu tentang pembaruan apa yang mereka miliki. Dan ingat, hal ini benar-benar gratis untuk Anda sebagai pelanggan.

Kesimpulan

Meskipun melakukan pembelian dari bisnis itu bermanfaat, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk dapat mendukung pembisnis. Jika Anda meluangkan waktu untuk menulis ulasan, mengikuti bisnis di media sosial dan berlangganan daftar email mereka, Hal itu sudah termasuk mendukung mereka.

Dengan adanya COVID-19, tidak semua orang memiliki dana untuk memesan offline atau melakukan pembelian dari toko lokal. Baik Anda kekurangan uang atau tidak, pertimbangkan untuk membantu mereka secara digital untuk menyebarkan informasi tentang bisnis yang mereka kelola.

Dan jika Anda adalah pemilik bisnis dan Anda membutuhkan bantuan untuk tetap online, pastikan untuk mengunduh panduan-panduan atau mengikuti seminar gratis untuk membantu Anda menavigasi dunia digital yang terus berubah.

Posting Komentar untuk "3 Cara untuk Mendukung Bisnis Lokal secara Gratis"