Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Safe Browsing, Google Chrome menjadi lebih aman dari sebelumnya

Google Safe Browsing, Google Chrome menjadi lebih aman dari sebelumnya

Google telah mengumumkan akan memperluas fitur Advanced Protection Program untuk memungkinkan pengguna mengirim file berisiko ke perusahaan agar dipindai dari malware dan ancaman keamanan yang lainnya.

Perusahaan ini pertama kali memperkenalkan Advanced Protection Program (APP) tiga tahun lalu untuk perlindungan bagi pengguna akun Google dengan profil tinggi seperti jurnalis, aktivis, politisi, dan pemimpin bisnis serta lainnya. Akun dengan profil tinggi nantinya akan mendapatkan perlindungan tambahan untuk unduhan yang dibuat di browser Chrome.

Baca Juga : Apa itu Server Proxy dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

Pengguna APP sudah terlindungi dengan baik dari serangan phishing, itulah sebabnya penjahat dunia maya sekarang mencoba mengelabui mereka untuk mengunduh file berbahaya. Kembali pada Agustus tahun lalu, Google mulai memperingatkan pengguna APP ketika mereka mengunduh file yang mungkin berbahaya.

Menurut posting blog terbaru, perusahaan memperluas programnya dengan memberi pengguna kemampuan untuk mengirim file berisiko untuk dipindai oleh rangkaian lengkap teknologi pendeteksi malware di Google Safe Browsing sebelum membuka file. Meskipun hal ini dapat membantu melindungi pengguna lebih jauh, Google juga berharap bahwa pemindaian yang dihosting di cloud ini akan secara signifikan meningkatkan kemampuannya sendiri untuk mendeteksi file berbahaya.

Mengirim file berisiko ke Google

Saat pengguna Advanced Protection Program Google mengunduh file, Google Safe Browsing pertama-tama akan melakukan pemeriksaan secara cepat menggunakan metadata termasuk hash file untuk mengevaluasi apakah file tersebut tampak mencurigakan.

Baca Juga : 5 Cara Machine Learning Untuk Mencegah Serangan Phishing

Untuk unduhan apa pun yang dianggap oleh Google Safe Browsing berisiko, tetapi tidak jelas-jelas tidak aman, pengguna akan diberi peringatan dan kemampuan untuk mengirim file untuk dipindai.

Jika pengguna tetap memilih untuk mengirimkan file ke Google, Chrome akan menguploadnya ke Google Safe Browsing yang kemudian akan memindainya menggunakan teknik analisis statis dan dinamis secara real time. Setelah menunggu sebentar, Chrome akan memperingatkan pengguna jika Browser Aman menentukan bahwa file tersebut tidak aman. Pengguna masih dapat melewati peringatan ini dan membuka file tanpa memindainya jika mereka yakin file tersebut aman. Untuk keamanan tambahan, Penjelajahan Aman menghapus semua file yang diunggah ke dalamnya segera setelah dipindai.

Bagi mereka yang mencari keamanan tambahan untuk akun online mereka, dapat mendaftar ke Program Perlindungan Lanjutan dari Google, dan itu gratis hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Posting Komentar untuk "Google Safe Browsing, Google Chrome menjadi lebih aman dari sebelumnya"