Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tren Teknologi Terbaru yang Akan Mempengaruhi Bisnis di 2020 dan Seterusnya

Teknologi terbaru mulai mendorong dunia maju generasi berikutnya. Baik itu mobil tanpa pengemudi, robot humanoid, atau pencetakan 3D, terobosan besar tersebut membuat kemajuan yang luar biasa. Tetapi teknologi yang berkembang tersebut tidak serta merta membuat dunia kita lebih Tangguh, tetapi dalam jangka panjang, secara mendasar mengubah cara kita bekerja, cara kita berdagang, cara kita berinteraksi, cara kita belajar, dan cara kita mencari layanan. Mari kita lihat tren teknologi terbaru untuk tahun 2020.

1. Kendaraan Otonom

9 Tren Teknologi Terbaru yang Akan Mempengaruhi Bisnis di 2020 dan Seterusnya

Hingga saat ini, mobil tanpa pengemudi dikaitkan dengan dunia masa depan distopia yang diperintah oleh robot. Sekarang, mereka diharapkan segera menjadi kenyataan berkat perusahaan seperti Tesla, Alphabet dan Waymo mencoba mencapai tujuan membangun kendaraan otonom.

Pendiri Tesla Elon Mush yang bertujuan untuk menjadi besar di industri mengklaim akan meluncurkan kendaraan otonom sepenuhnya pada akhir tahun ini.  Dalam kata-kata Musk, "Saya pikir kami akan 'berfitur lengkap' untuk mengemudi sendiri sepenuhnya tahun ini, yang berarti mobil akan dapat menemukan Anda di tempat parkir, menjemput Anda, membawa Anda ke tempat tujuan. tanpa intervensi tahun ini.”

Sejauh ini, Tesla telah mampu mencapai level 2 dan 3 dalam mengemudi otonom di mana mobilnya dapat dialihkan ke mode autopilot tetapi membutuhkan manusia untuk mengambil kendali jika sistem tidak dapat menjalankan tugas. Ini karena fungsi seperti pengereman otomatis, pergantian jalur, dan otomatisasi sistem lain belum efisien. Selain itu, otoritas regulasi dan hukum perlu memodulasi undang-undang untuk otonom menyetir. Kami membutuhkan perubahan dalam infrastruktur yang ada serta sikap sosial kami sebelum kami sepenuhnya merangkul teknologi tanpa pengemudi. Konon, kemungkinan kendaraan otonom tidak dapat dikesampingkan di masa mendatang.

2. Pencetakan 3D Medis

Tren Teknologi Pencetakan 3D Medis

Dikembangkan di tahun 80-an, pencetakan 3D telah diterapkan ke beberapa industri termasuk teknologi medis. Teknologi pencitraan medis seperti CT scan, X-ray, MRI dan ultrasound digunakan untuk membuat model digital yang dimasukkan ke dalam printer 3D untuk mendapatkan lebih banyak salinan.
Pencetakan 3D di bidang medis sedang berkembang pesat: industri ini bernilai 713,3 juta dolar pada tahun 2016 dan, dengan CAGR 17,7%, diperkirakan akan mencapai 3,5 miliar dolar pada tahun 2025.

Teknolog medis memanfaatkan pencetakan 3D untuk membuat organoid, alat bedah, serta prostetik. Bioprinters digunakan untuk membuat organoid yang meniru organ manusia; Organoid digunakan dalam penelitian medis dan dipandang sebagai alternatif yang mungkin untuk transplantasi organ
3D juga memproduksi instrumen bedah steril seperti forsep, hemostat, dan klem. Manfaat utama menggunakan pencetakan 3D dibandingkan manufaktur yang lain adalah dapat mengurangi biaya produksi secara signifikan.

Pencetakan 3D juga dapat digunakan untuk membangun kaki palsu yang disesuaikan agar sesuai dengan pemakainya. Body Labs start-up yang berbasis di Manhattan yang berspesialisasi dalam model 3D manusia telah membangun sistem yang memungkinkan pasien untuk membuat model prostetik mereka pada anggota tubuh mereka sendiri dan menciptakan kesesuaian dan penampilan alami.

3. Jaringan 5G

Tren Teknologi Jaringan 5G

Saat teknologi menjadi lebih maju, ini akan menghadirkan kecepatan unggah dan unduh yang sangat cepat serta koneksi yang lebih stabil dengan harga terjangkau. Tidak heran, 5G dijuluki sebagai masa depan komunikasi, seiring perusahaan memperluas cakupan 5G ke area yang lebih baru dan perangkat baru yang kompatibel dengan teknologi 5G sedang diluncurkan, segalanya menjadi lebih baik.

5G dipandang sebagai teknologi dasar yang akan di terapkan seperti pada augmented reality / virtual reality, mobil self-driving, kecerdasan buatan, dan internet of things (IoT).

Peningkatan bandwidth akan mengarah pada pengumpulan lebih banyak data di semua level. Jika diterapkan dengan benar, 5G akan menciptakan dunia yang sangat terhubung di mana segala sesuatu mulai dari sensor hingga kamera keamanan dan smartphone akan dihubungkan. Tetapi untuk membawa teknologi 5G ke mana-mana, operator jaringan seluler perlu meningkatkan bandwidth dan menurunkan biaya jaringan dan itu akan memakan waktu beberapa tahun.

4. Kerja Jarak Jauh

Trend Teknologi Kerja Jarak Jauh

Saat dunia berada di tekanan pandemi COVID-19, organisasi di seluruh dunia beralih ke bekerja dari jarak jauh. Dengan bekerja dari rumah menjadi hal normal baru, diharapkan 40% dari karyawan penuh waktu yang ada dapat beralih ke pengaturan kerja jarak jauh dalam 10 tahun ke depan.

Ini akan sangat berpengaruh pada cara orang berkomunikasi dan berkolaborasi dalam pengaturan profesional. Bisnis yang ingin mengalihkan pekerjanya ke pengaturan kerja jarak jauh menawarkan karyawan mereka seperangkat alat yang tepat untuk mendukung aktivitas mereka. Mereka berencana untuk meningkatkan pengeluaran pada infrastruktur TI seperti platform cloud untuk memungkinkan karyawan berkolaborasi secara efektif.

Alat kolaborasi virtual seperti Slack, Skype, GoToMeeting, WebEx, Dropbox, dan Google Drive menjadi lebih utama dalam pengaturan organisasi. Sementara aplikasi seperti Slack memfasilitasi komunikasi tanpa batas antara anggota tim, alat konferensi video seperti Skype membantu mereka berkolaborasi secara real-time dan tatap muka.

Alat manajemen proyek virtual seperti Microsoft Teams, Trello dan Asana juga diharapkan dapat menyaksikan penggunaan yang lebih tinggi di hari-hari mendatang.

Dengan memungkinkan anggota tim untuk menetapkan tujuan mereka dan melacak kemajuan mereka, alat ini membuat manajemen proyek menjadi mudah. Kebutuhan akan pertemuan tatap muka sangat berkurang. Kolaborasi jarak jauh juga telah meningkatkan penekanan pada langkah-langkah keamanan siber termasuk jaringan pribadi virtual, otentikasi multi-faktor, pemantauan keamanan waktu nyata, firewall, dan anti-malware.

5. Drone

Tren Teknologi Drone

Tren teknologi lain untuk tahun 2020 adalah drone. Drone atau kendaraan udara tak berawak (UAV) telah digunakan selama lebih dari beberapa dekade sekarang, tetapi selama beberapa tahun terakhir, adopsi mereka telah berkembang secara signifikan.

Drone telah menjadi pusat fungsi beberapa bisnis dan organisasi pemerintah dan telah terbukti bermanfaat dalam menjangkau area di mana orang tidak dapat pergi dan bekerja secara tepat waktu dan efisien.

Drone biasanya dikendalikan oleh remote atau aplikasi smartphone dan dapat menjangkau paling banyak. daerah terpencil dengan sedikit tenaga, waktu dan tenaga. Karena alasan ini, mereka diadopsi secara luas di bidang militer, media, pengiriman dan pengiriman, manajemen bencana, pemetaan geografis 3D, survei arkeologi, dan prakiraan cuaca. 

Pemerintah militer dan pertahanan di banyak negara telah menggunakan drone untuk mendeteksi bom, pengawasan, dan serangan udara. Operasi militer yang dilakukan dengan drone membantu pasukan pertahanan dalam pelaksanaan misi profil tinggi dan sensitif waktu. 

Di industri media, jurnalis menggunakan drone untuk menangkap rekaman udara untuk siaran langsung. YouTuber mengandalkan drone untuk video berkualitas tinggi untuk log mereka. Raksasa e-commerce Amazon baru-baru ini meluncurkan versi terbaru dari drone pengiriman yang mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal serta penerbangan ke depan yang berkelanjutan.

6. Penglihatan Komputer

Tren Teknologi Penglihatan Komputer

Dalam dunia komputer, penglihatan melibatkan sistem yang dapat mengidentifikasi barang, tempat, orang atau objek dari gambar visual. Ini bergantung pada kecerdasan buatan yang melatih komputer untuk memahami dunia visual.

Pembelajaran mendalam memainkan peran penting di sini. Model pembelajaran mendalam berdasarkan jaringan saraf tiruan diberi makan dengan ribuan gambar berlabel atau pra-identifikasi untuk melatihnya.

Setelah dilatih, model ini dapat mengidentifikasi atau mengklasifikasikan objek. Penglihatan komputer memiliki berbagai aplikasi yang sangat luas di berbagai industri vertikal. Toko pengecer fisik menggunakan teknologi untuk memahami bagaimana perilaku pelanggan mereka.

Mereka dapat melacak pergerakan pelanggan, menganalisis rute navigasi dan mengidentifikasi pola berjalan kaki, semua informasi ini membantu mereka memutuskan bagaimana mereka harus menempatkan item di dalam toko untuk memaksimalkan penjualan.

Organisasi pabrikan memanfaatkan teknologi untuk menerapkan pemeliharaan prediktif dan mengidentifikasi cacat pada komponen di seluruh lini produksi. Di bidang pertanian, computer vision memainkan peran penting dalam mendeteksi penyakit, serangga dan infestasi hama. Ada aplikasi untuk menilai potensi kerusakan pada kualitas tanah melalui gambar ponsel.

7. Extended Reality (XR)

Tren Teknologi Extended Reality (XR)

Extended reality (XR) adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan teknologi imersif yang menggabungkan dunia fisik dan virtual atau menciptakan pengalaman imersif yang benar-benar baru. Extended reality adalah berbagai macam teknologi seperti augmented reality, virtual reality dan mixed reality.

Dalam augmented reality (AR), objek virtual dihamparkan di dunia nyata. Ini mungkin termasuk gambar, teks dan animasi. Contoh augmented reality yang paling terkenal termasuk game seluler Pokémon Go di mana makhluk digital dihamparkan di dunia nyata.

Dalam virtual reality (VR), lingkungan digital simulasi yang imersif dibuat. Sebaliknya, dalam realitas campuran, juga disebut sebagai realitas hibrid, objek digital dan dunia nyata hidup berdampingan dan berinteraksi secara real-time.

Selama bertahun-tahun, beberapa aplikasi praktis Extended Reality telah dikembangkan. Teknologi tersebut memungkinkan pelanggan untuk mencoba produk sebelum membelinya. Ikea, misalnya, memungkinkan pelanggan menempatkan furnitur secara virtual ke dalam rumah mereka melalui smartphone. Extended Reality juga menawarkan alat hiper-realistis yang memungkinkan tentara, pilot, astronot, dll. Untuk belajar merespons situasi berbahaya. Pasar untuk Extended Reality sedang berkembang. Diperkirakan bahwa industri Extended Reality akan mencapai 209 miliar dollar pada tahun 2022.

8. Komputasi Kuantum

Trend Teknologi Komputasi Kuantum

Berdasarkan prinsip fisika kuantum, komputer kuantum bekerja jutaan kali lebih cepat daripada komputer konvensional. Komputer kuantum tidak menggunakan bit untuk menyimpan informasi; mereka menggunakan qubit atau bit kuantum sebagai gantinya.

Setiap qubit dapat menyimpan banyak nilai sekaligus dan memprosesnya secara bersamaan. Mereka dapat melaksanakan banyak tugas secara bersamaan dan ini membuat mereka mampu memecahkan masalah dengan kalkulasi kompleks seperti simulasi struktur atom, pemodelan keuangan atau kekuatan pasar ekonomi.

Hal ini dapat menawarkan dorongan untuk pekerjaan terobosan dalam sains, keuangan dan ekonomi. Pada 2019, IBM mengumumkan bahwa komputer kuantum Raleigh telah mencapai tujuan untuk menggandakan Volume Kuantum menjadi 32. Pada tahun yang sama, Google mengklaim bahwa 54- Prosesor qubit, Sycamore hanya membutuhkan 200 detik untuk menghitung algoritma super kompleks yang bahkan superkomputer tercepat di dunia akan membutuhkan 10.000 tahun.

9. Blockchain

Trend Teknologi Blockchain

Salah satu tren teknologi untuk tahun 2020, Blockchain, adalah teknologi yang mendasari yang memungkinkan Bitcoin. Menyusul kesuksesan Bitcoin, aplikasi baru Blockchain ditemukan di berbagai bidang termasuk real estat, verifikasi identitas, kontrol kualitas makanan, dan pemungutan suara elektronik.

Bagi Anda yang tidak tahu, Blockchain adalah buku besar digital terdistribusi yang menyimpan catatan transaksi ; transaksi ini bisa berupa pergerakan barang, mata uang atau data. Transaksi yang ditambahkan ke Blockchain tidak dapat diubah dalam keadaan apa pun, jadi Blockchain dianggap sebagai teknologi yang sangat aman untuk mencatat transaksi.

Blockchain digunakan dalam penelusuran makanan. IBM telah mengembangkan platform Blockchain yang disebut IBM Food Trust yang melacak item makanan dari saat mereka ditanam di ladang hingga saat mereka ditempatkan di rak di toko ritel.

Perusahaan asuransi AXA telah membangun produk asuransi Fizzy yang menggunakan platform Blockchain untuk menawarkan otomatis kompensasi kepada pemegang polis yang penerbangannya tertunda.

Jadi, secara keseluruhan, teknologi Blockchain memiliki potensi besar untuk membuat transaksi aman dan pemangku kepentingan dapat dipertanggungjawabkan. Namun, penerapannya dalam skala besar melibatkan serangkaian tantangan yang perlu diatasi.

Itulah tadi beberapa tren teknologi di masa depan yang akan memengaruhi bisnis dalam dekade mendatang. Bisnis yang dapat mengikuti perkembangan tren ini akan menikmati keunggulan dalam persaingan bisnis mereka.



Posting Komentar untuk "9 Tren Teknologi Terbaru yang Akan Mempengaruhi Bisnis di 2020 dan Seterusnya"