Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Server Proxy dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

Sumber : IDClouhost

Internet menyediakan ruang untuk semua orang. Ada bisnis, LSM, portal pemerintah, individu, agen pemasaran, dan banyak jenis orang lainnya. Internet juga memberi mereka beberapa alat luar biasa untuk organisasi dan individu sehingga mereka dapat meningkatkan keamanan dan kecepatan mereka.

Ada banyak batasan di internet tetapi masih dapat di bobol baik dengan menggunakan VPN atau server proxy. Di ini, kita akan membahas tentang server proxy karena terkadang lebih bermanfaat bagi perusahaan daripada VPN. Padahal, hal dasar yang mereka lakukan sebenarnya adalah sama, yaitu menyembunyikan IP asli perangkat. Mari kita ketahui apa sebenarnya server proxy dan bagaimana orang dapat menggunakannya.

Memahami Server Proxy dan Fungsinya

Server proxy adalah semacam gerbang antara perangkat pengguna dan situs web yang ingin mereka akses. Hal ini untuk menyembunyikan alamat IP asli perangkat. Biasanya yang terjadi adalah perangkat dan jaringannya mengirim permintaan ketika mereka ingin mengakses situs web dan HTTP memvalidasinya lalu kemudian pengguna dapat mengakses situs web tersebut. Sebuah server proxy dapat memproses permintaan yang dibuat oleh pengguna dan mereka dapat menyembunyikan informasi pengguna yang sebenarnya.

Hal ini dapat meningkatkan privasi dan juga memungkinkan mereka untuk mengakses situs yang mungkin tidak dapat diakses secara normal. Ada beberapa server proxy yang memberikan kecepatan tinggi dan kemudian ada beberapa yang gratis namun memiliki kecepatan akses yang rendah. Disarankan kepada pengguna untuk menggunakan server yang memberikan kinerja dan keamanan terbaik untuk jaringan mereka. Server proxy mudah digunakan dan juga disukai oleh banyak perusahaan multinasional untuk pekerjaan online mereka. Karena dapat membantu banyak hal seperti geo-tagging konten pemasaran untuk perusahaan.

Jenis Server Proxy

Foward Proxy Server :

Forward Proxy Server umumnya digunakan oleh jaringan internal. Server proxy web bekerja secara berbeda dalam kasus foward proxy serve. Di sini, ketika permintaan dikirim oleh klien untuk terhubung ke situs web tertentu, maka permintaan tersebut datang ke foward proxy server terlebih dahulu.

Permintaan tersebut diperlukan untuk melewati Foward Proxy Server. Kemudian keputusan akan dibuat apakah permintaan klien akan berlanjut atau tidak. Jika ya, maka permintaan koneksi langsung masuk ke server eksternal. Sistem tidak dapat melihat alamat IP klien tetapi hanya melihat permintaan koneksi yang dikirim dari Foward Proxy Server. Hal ini dapat memberikan banyak keuntungan.

Menggunakan Foward Proxy Server membuat sistem berwibawa dan administratif penuh untuk mengontrol koneksi jaringan lokal. Lebih lanjut dapat dijelaskan sebagai firewall atau perisai yang membantu administrator membatasi akses ke sumber daya web yang tidak diinginkan atau berisiko oleh klien jaringan internal. Jenis server proxy ini sering ditemukan di sekolah dan universitas.

Reverse Proksi Server :

Reverse Proxy Server berbeda dari Foward Proxy Server. Reverse Proksi Server beroperasi di sisi situs web yang berfungsi untuk menyembunyikan alamat IP dari pengguna eksternal dalam jaringan internal. Server reverse proxy memiliki tanggung jawab untuk membuat keputusan apakah pengguna web akan dapat melihat konten situs web atau menggunakan layanan web tertentu atau tidak.

Ada sejumlah manfaat untuk jenis server proxy ini. Misalkan memberikan keamanan tambahan ke server dan mempersulit peretas atau penjahat dunia maya dan lainnya untuk menyerang server internal. Selain itu, Reverse Proksi Server bertindak sebagai penyeimbang beban untuk menyebarkan data yang disimpan antara server internal. Hal ini dapat mencegah kelebihan permintaan koneksi dan menjaga situs web atau layanan web aman dari crash.

Open Proxy Server :

Open Proxy Server memungkinkan penerusan permintaan oleh pengguna internet. Di sisi lain, hal ini juga berfungsi dalam menerima tanggapan dari situs web. Dan dapat menyembunyikan alamat IP asli pengguna dari web. Mereka tidak memerlukan otentikasi dan mencegah penyalahgunaan, malware, dan infeksi lainnya.

Pentingnya Server Proxy

Di bawah ini adalah beberapa petunjuk untuk membahas pentingnya Proxy Server untuk bisnis online.

Mengontrol Dan Melacak Aliran Data

Sangat penting untuk melacak dan mengontrol data yang melalui server. Server proxy memungkinkan bisnis online untuk melacak dan mengontrol data yang mengalir melalui server. Hal ini membantu bisnis online untuk mengontrol data apa yang mengalir keluar dari situs web mereka. Terkadang ketika situs web tidak dapat mengontrol data apa yang masuk melalui server, mereka dapat memberikan lebih dari yang seharusnya.

Hal ini merupakan sesuatu yang dapat meningkatkan keamanan dan privasi bisnis online. Semua bisnis online harus menjaga data online mereka dan data yang mereka kirim dan terima. Mereka juga dapat mengetahui dengan lebih baik tentang data yang datang dan bagaimana data itu datang ke situs web mereka.

Performa Lebih Baik

Dengan server proxy, orang dapat mengakses situs web lebih cepat. Ini dilakukan dengan mencari situs web yang memungkinkan pengunduhan halaman ke server. Hal Ini meningkatkan kinerja jaringan dan membuat bekerja lebih cepat. Pada akhirnya akan dapat meningkatkan produktivitas dan keuntungan yang dapat diperoleh situs web. Maka dari itu, proxy memungkinkan sebuah organisasi untuk dapat menggunakan sumber daya jaringan mereka dengan cara terbaik.

Menyeimbangkan Beban

Ini adalah ancaman terbesar yang dapat dihadapi oleh sebuah situs web dan pengembang mana pun. Dalam hal ini, penyerang membanjiri situs web dengan jumlah lalu lintas yang tidak terbatas dan tidak mungkin untuk di atasi. Hal ini dapat merusak situs web dan membuatnya tidak responsif dan dapat merusak bisnis online Agan.

Namun ini merupakan sesuatu yang dapat diimbangi dengan server proxy. Jika penyeimbangan beban dapat dilakukan maka situs web ini dapat selamat dari Down. Ada banyak efek buruk dari serangan ini yang bahkan tidak diketahui orang. Butuh banyak waktu dan tenaga untuk membuat situs web berfungsi kembali.

Kesimpulan

Server proxy itu penting, bukan hanya untuk privasi tetapi juga untuk keuntungan tambahan yang telah disebutkan di atas. Orang mungkin dapat melihat opsi lain seperti VPN. Tetapi di seluruh dunia bisnis online, terutama yang bekerja di banyak wilayah, akan mendapatkan keuntungan yang lebih baik dari server proxy ketimbang VPN.

Posting Komentar untuk "Apa itu Server Proxy dan Bagaimana Cara Kerjanya ?"