Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GNOME 40 Terbaru yang Akan Menggantikan GNOME Versi 3.x

GNOME 40 Terbaru yang Akan Menggantikan GNOME  Versi 3.x

Selama beberapa dekade terakhir library GTK tempat GNOME dibangun selalu merilis versi major terbarunya. Misalnya berpindah dari versi 1.x ke 2.x - versi terbaru tersebut selalu datang dengan desktop GNOME yang sangat mengubah antarmuka pengguna.

Seperti kebanyakan desain ulang besar lainnya, hal itu disertai dengan sejumlah harapan yang dapat memberikan kesan terbaru bagi pengguna.

"Dengan GTK 4.0 yang dirilis selama siklus pengembangan berikutnya, menyebut versi berikutnya dari GNOME '4.0' akan memiliki implikasi yang tidak menguntungkan / tidak diinginkan tentang platform, terutama dari perspektif keterlibatan dan pemasaran," kata Bassi dari tim rilis GNOME.

"Kami ingin memisahkan GNOME dari perubahan mendalam pada platform pengembangan aplikasi, sehingga GTK dapat lebih sering dirilis, dan menyediakan versi utama 'dukungan jangka panjang' (LTS)."

Akibatnya, setelah GNOME 3.38 dirilis , versi desktop berikutnya yang akan dirilis pada Maret 2021 akan dinamai GNOME 40. Rilis minor kemudian akan bertambah menjadi 40.1, 40.2, dan seterusnya.

Proyek ini juga beralih ke tiga rilis dalam siklus pengembangannya - alfa, beta, dan kandidat rilis - yang akan menghilangkan gaya versi genap / ganjil yang sebelumnya digunakan antara basis kode stabil dan pengembangan.

"Setelah hampir 10 tahun rilis 3.x, nomor versi minor menjadi sulit digunakan," kata Bassi.

"Perubahan teknologi dan desain yang radikal terlalu mengganggu bagi pengelola, pengguna, dan pengembang; kami telah menjadi cukup pandai dalam mengiterasi desain dan teknologi, sampai-sampai platform GNOME, UI, dan UX saat ini cukup berbeda dari yang dirilis dengan GNOME 3.0, sambil tetap mengikuti prinsip desain yang sama. "

Seolah-olah untuk membuktikan poin dari keputusan tersebut, peningkatan besar dalam versi 3.38 dari desktop open source adalah aplikasi Tour baru untuk menjelaskan GNOME kepada pengguna baru, lapisan warna baru untuk beberapa utilitas, dukungan yang lebih baik untuk beberapa monitor dengan refresh rate di bawah rata-rata, dan aplikasi Maps dapat diubah ukurannya untuk penggunaan telepon.

Skema pembuatan versi baru hanya akan berlaku untuk GNOME itu sendiri. Perpustakaan dan aplikasi yang berada di luar kumpulan inti bebas untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan.

Posting Komentar untuk "GNOME 40 Terbaru yang Akan Menggantikan GNOME Versi 3.x"