Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tetap Produktif Dengan Tips Bekerja Dari Rumah

Apakah Anda adalah seorang yang sedang bekerja dari rumah karena wabah virus corona? Hampir instansi di seluruh dunia telah meluncurkan kebijakan wajib untuk pekerjaan jarak jauh. Kasus COVID-19 telah meningkat di seluruh dunia ke angka yang mengkhawatirkan hanya dalam beberapa minggu. Banyak organisasi yang meminta karyawannya untuk WFH.

Bekerja dari jarak jauh memang sedang menjadi tren akhir-akhir ini. Meskipun WFH tampaknya merupakan sisi positif dari COVID-19, hal itu juga sebenarnya membawa beberapa tantangan tersendiri untuk beberapa orang. Disini saya akan memberi tips Anda untuk dapat memaksimalkan produktivitas selama masa lockdown berlangsung.

Inilah beberapa tips dapat Anda ikuti untuk mengoptimalkan rutinitas WFH agar mendapatkan produktivitas maksimal.

1. Lengkapi Diri Anda dengan Teknologi

Barang yang penting saat mulai bekerja dari rumah adalah teknologi yang dapat di andalkan. Laptop, komputer, akses jaringan internet merupakan sebuah alat yang dibutuhkan untuk dapat bekerja. Dibutuhkan koneksi aman seperti Wi-Fi pribadi untuk jaringan yang terpercaya. Anda dapat menggunakan Google Hangouts untuk mengikuti ataupun mengadakan rapat tim. Bagi para perekrut, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, mereka harus menggunakan aplikasi ini untuk menghindari penyaringan resume secara manual, karena hal tersebut adalah tugas yang memakan waktu dan sulit. Mereka dapat mengambil bantuan otomatisasi, aplikasi seperti resume parser, yang dapat mengurai sejumlah besar resume atau pekerjaan dengan cara yang dapat diskalakan. Hal ini dapat memungkinkan Anda untuk mengekstrak informasi kandidat dari resume di bidang data yang telah ditentukan sebelumnya. Ini akan sangat membantu Anda menjadi lebih produktif, dan Anda bisa mendapatkan kandidat dalam waktu singkat.

2. Komunikasi Video

Mengadakan konferensi video dengan partner atau tim akan sangat membantu Anda untuk dapat lebih fokus pada pekerjaan Anda. Pastikan Anda memiliki aplikasi telekomnikasi seperti Zoom, hangouts, dll. Sehingga Anda dapat tetap terhubung dengan partner atau tim Anda. Sebagai pemimpin, bagikan lebih banyak informasi daripada biasanya dengan tim yang Anda miliki, bantu mereka mempelajari teknologi yang mereka butuhkan untuk bekerja saat ini, mengatur interaksi sosial, dan berbagi pemikiran semua orang tentang bagaimana mereka menghadapi situasi saat ini.

3. Rencanakan Alur Pekerjaan

Anda harus merencanakan pekerjaan yang harus di lakukan sebelum dapat memulai sebuah pekerjaan dengan optimal. Siapkan tempat di rumah Anda untuk dapat digunakan sebagai ruang khusus bekerja. Bersiaplah dengan lembar tugas milik Anda. Prioritaskan proyek yang menurut Anda paling penting. Pastikan kapan pun memulai membuat prooritas sebelum memulai tugas harian Anda, lanjutkan hingga selesai. Jangan mencoba untuk membalas email baru dan sering berpindah tugas karena dapat menurunkan kualitas produktivitas Anda.

4. Tetap Aktif

Setelah seharian bekerja, singkirkan semua perangkat elektronik atau peralatan kerja Anda. Jauhkan semua yang dapat menjadi pengingat pekerjaan untu dari Anda. Mulailah seperti duduk di teras rumah ataupun berbaring di tempat tidur, hal ini akan membantu Anda mengisi tenaga Anda untuk bekerja kembali dengan pikiran yang segar. Jangan lupa gabungkan olahraga ke dalam rutinitas harian Anda. Hal ini dapat membantu Anda menenangkan pikiran dan membuat Anda tetap sehat dan bebas stres selama lockdown.

5. Bersikap ceria

Dalam situasi pandemi seperti saat ini, yang terpenting adalah menjadi kreatif dan jangan biarkan keadaan terbatas Anda mengurangi ketenangan, kebahagiaan, dan produktivitas Anda. Kekuatan paling signifikan yang di miliki oleh setiap individu adalah dari pandangan perspektif diri mereka sendiri. Ketika Anda berada di situasi di bawah batas ambang Anda tetapi tidak dapat mengendalikannya. Teman terbaik adalah menemukan peluang dalam kesulitan didalam situasi yang tidak terkendali seperti itu. Daripada kehilangan semangat manfaatkanlah waktu lockdown ini dengan cara berkebun ataupun menikmati aktifitas bersama keluarga, ikutilah aktivitas menyenangkan bersama anak-anak Anda yang telah Anda abaikan selama beberapa waktu saat bekerja.

Kita semua dapat melalui saat-saat sulit ini. Percayalah pada kemampuan Anda untuk menyesuaikan perubahan di kehidupan kerja Anda. Setiap hari berterimakasihlah kepada Allah Swt atas apa telah Anda capai.

Posting Komentar untuk "Tetap Produktif Dengan Tips Bekerja Dari Rumah"