Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Kerja Wifi? Pengertian Singkat Cara Kerja Wifi

Bagaimana Cara Kerja Wifi

Wi-Fi telah menjadi bagian yang terpadu dari kehidupan sehari-hari kita yang serba cepat. Berkat Wi-Fi, kita tidak lagi harus menancapkan ke Internet dengan kabel. Tetapi, pernahkah Anda berhenti untuk bertanya-tanya bagaimana cara kerja wifi?

Cara Kerja Wifi

Wi-Fi menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan informasi antara perangkat Anda dan router melalui frekuensi. Dua frekuensi gelombang radio dapat digunakan, tergantung pada jumlah data yang dikirim: 2,4 gigahertz dan 5 gigahertz. 

Apa artinya hal tersebut?

hertz hanyalah pengukuran frekuensi. Misalnya, Anda sedang duduk di pantai, menyaksikan ombak menghempas ke pantai. Jika Anda mengukur waktu antara setiap gelombang pecah, Anda akan mengukur frekuensi gelombang. Satu hertz adalah frekuensi satu gelombang per detik. Satu gigahertz, di sisi lain, adalah satu miliar gelombang per detik. Semakin tinggi frekuensinya, semakin besar jumlah data yang dikirimkan per detik.

Dua frekuensi Wi-Fi dibagi menjadi beberapa saluran untuk mencegah lalu lintas dan gangguan yang tinggi. Ketika berbicara tentang berbagi data di seluruh saluran ini, saat itulah keajaiban, eh, ilmu komputer terjadi.

Langkah pertama dalam proses ini dimulai oleh Anda (pengguna). Saat Anda mengakses Internet di perangkat Anda, informasi yang Anda minta diubah menjadi kode biner, bahasa komputer. Semua yang dilakukan komputer didasarkan pada kode biner, rangkaian 1 dan 0. Saat Anda mengeklik artikel ini, permintaan Anda diterjemahkan ke dalam kumpulan 1 dan 0.

Jika Anda menggunakan Wi-Fi, angka 1 dan 0 ini diterjemahkan menjadi frekuensi gelombang oleh chip Wi-Fi yang tertanam di perangkat Anda. Frekuensi berjalan melintasi saluran radio yang disebutkan sebelumnya dan diterima oleh router Wi-Fi yang terhubung dengan perangkat Anda. Router kemudian mengubah frekuensi kembali menjadi kode biner dan menerjemahkan kode tersebut menjadi lalu lintas Internet yang Anda minta, dan router menerima data itu melalui kabel Internet yang terpasang.

Proses ini berulang sampai Anda memuat artikel ini atau apa pun yang memerlukan Internet. Semua ini terjadi dengan kecepatan yang luar biasa cepat. Sebagian besar router beroperasi pada 54 Mbps (megabit per detik). Namun di masa kini, telah banyak router wifi yang mampu beroperasi bahkan sampai  lebih dari 1Gbps.


Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Kerja Wifi? Pengertian Singkat Cara Kerja Wifi"