Apa Perbedaan Antara Bluetooth dengan Wifi?

Apa Perbedaan Antara Bluetooth dan Wi-Fi

SeputarKita ~ Anda pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Bluetooth serta Wifi. Kedua jaringan nirkabel ini telah banyak berada di sekitar kita selama beberapa dekade terakhir. Apa Perbedaan Antara Bluetooth dengan Wifi sebenarnya?

Jika Anda memiliki ponsel cerdas, laptop, tablet, atau perangkat serupa, mungkin perangkat tersebut dilengkapi dengan kemampuan nirkabel Bluetooth dan Wi-Fi . Tapi Apakah Anda mengerti apa sebenarnya perbedaan antara Bluetooth dengan Wifi itu?

    Bluetooth

    Bluetooth adalah jaringan nirkabel yang dikembangkan pada akhir 1990-an. Teknologi  ini dirancang untuk memungkinkan komunikasi nirkabel jarak pendek antara perangkat elektronik, seperti antara laptop dan ponsel cerdas atau antara komputer dan televisi.

    Bluetooth bekerja dengan menggunakan frekuensi radio, bukan dengan spektrum inframerah (infrared) yang digunakan oleh remote control tradisional.

    Hasil dari hal tersebut, Bluetooth akhirnya dapat menghilangkan kebutuhan tidak hanya untuk koneksi kabel tetapi juga untuk menjaga jarak pandang yang jelas untuk berkomunikasi antar perangkat.

    Wifi

    Wi-Fi (Wifi) mirip dengan Bluetooth karena ia juga menggunakan  gelombang radio untuk dapat transfer data berkecepatan tinggi dalam jarak pendek tanpa perlu sambungan kabel. Wifi dapat bekerja dengan memecah sinyal menjadi beberapa bagian kemudian mentransmisikan fragmen tersebut melalui beberapa frekuensi radio.

    Baca Juga : Bagaimana Cara Kerja Wifi? Pengertian Singkat Cara Kerja Wifif

    Teknik ini memungkinkan sinyal untuk ditransmisikan pada daya yang lebih rendah per frekuensi dan juga memungkinkan beberapa perangkat untuk menggunakan pemancar Wifi yang sama.

    Awalnya dikembangkan pada 1990-an, Wi-Fi telah mengalami beberapa proses standarisasi, yang disetujui oleh  Institute of Electrical and Electronics Engineers  (IEEE), untuk memungkinkan bandwidth yang lebih besar dalam transfer data.

    Kesimpulan

    Meskipun keduanya merupakan bentuk komunikasi nirkabel, terdapat perbedaan antara Bluetooth dan Wifi dalam hal tujuan, kemampuan, dan faktor lainnya.

    Bluetooth memungkinkan transfer data jarak pendek antar perangkat. Sebagai contoh, ini biasanya digunakan di headset untuk ponsel, memungkinkan penggunaan telepon bebas genggam. Kemudian di sisi lain, Wifi memungkinkan perangkat elektronik dapat terhubung ke Internet .

    Bluetooth membatasi jumlah perangkat yang dapat terhubung pada satu waktu, sedangkan Wifi dapat terbuka untuk lebih banyak perangkat dan lebih banyak pengguna. Selain itu, Bluetooth hanya membutuhkan adaptor pada setiap perangkat penghubung, cenderung lebih sederhana untuk digunakan dan membutuhkan daya yang lebih sedikit daripada Wifi, meskipun hal ini dapat dicapai dengan mengorbankan jangkauan jaringan dan kecepatan transfer data, di mana Wifi mayoritas melebihi kemampuan Bluetooth.

    Lebih baru Lebih lama