Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Situs Web Berkualitas Tinggi di Mata Google?

Apa itu Situs Web Berkualitas Tinggi di Mata Google

Untuk sukses dalam dunia online dalam jangka panjang, Anda perlu memiliki situs web berkualitas tinggi.

Apakah Anda menjalankan blog berita, situs web yang didorong konten, atau toko e-niaga, jik benar maka milik anda harus berbeda dan lebih baik daripada ribuan situs web lain di ceruk yang sama.

Situs web berkualitas tinggi akan tumbuh dari waktu ke waktu baik dalam hal pembaca setia tetapi juga dalam hal kepercayaan mesin pencari karena hal tersebut dapat mendatangkan banyak trafik organik.

Apa yang akan saya jelaskan di bawah, adalah apa yang dianggap Google sebagai situs web berkualitas tinggi dan yang terpenting tindakan praktis apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat properti web Anda sesuai dengan standar Google.

Jangan lupa bahwa jika sebuah situs web dianggap berkualitas tinggi oleh Google, maka itu akan dianggap demikian oleh mesin pencari lain karena standar Google lebih ketat daripada Bing atau Yahoo.

Apa itu situs web berkualitas tinggi?

Selama bertahun-tahun seluruh pakar SEO berbicara tentang perlunya menghasilkan konten berkualitas tinggi dan para ahli top muncul dengan kutipan pintar ' Konten adalah raja ', yang berarti bahwa konten adalah faktor keberhasilan situs web mana pun.

Meskipun ini benar, apakah ini berarti bahwa situs web dengan konten yang baik juga merupakan situs web berkualitas tinggi?

Jawabannya adalah tidak. Konten yang bagus tidak cukup. Ini adalah salah satu faktor (yang paling penting) yang memisahkan situs berkualitas rendah dan berkualitas tinggi, tetapi konten yang baik saja tidak menyelesaikan teka-teki tentang apa yang dianggap oleh Google sebagai situs web berkualitas tinggi.

Karakteristik situs web berkualitas tinggi

Situs web berkualitas tinggi memiliki karakteristik sebagai berikut:

Konten unik

Konten itu unik baik di dalam situs web itu sendiri (yaitu setiap halaman memiliki konten unik dan tidak mirip dengan halaman lain), tetapi juga dibandingkan dengan situs web lain.

Menunjukkan Keahlian

Konten diproduksi oleh para ahli berdasarkan penelitian dan atau pengalaman. Jika misalnya subjek tersebut berkaitan dengan kesehatan, maka nasihat harus diberikan oleh penulis yang berkualifikasi yang dapat memberikan nasihat secara profesional untuk subjek tertentu.

Konten yang tidak memihak

Konten adalah detail dan mendeskripsikan kedua sisi cerita dan tidak mempromosikan satu produk, ide, atau layanan.

Aksesibilitas

Situs web berkualitas tinggi juga memiliki versi untuk pengguna non PC. Pengguna seluler dan tablet harus dapat mengakses situs web tanpa masalah kegunaan.

Kegunaan

Dapatkah pengguna menavigasi situs web dengan mudah, apakah situs web ramah pengguna?

Perhatian terhadap detail

Konten mudah dibaca dengan gambar (jika ada) dan bebas dari kesalahan ejaan dan tata bahasa. Apakah tampaknya pemilik peduli dengan apa yang dipublikasikan di situs web atau apakah hanya bertujuan memiliki konten untuk menjalankan iklan?

SEO Dioptimalkan

Mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari memiliki banyak manfaat, tetapi penting untuk tidak berlebihan. Situs web yang berkualitas baik juga harus memiliki konten yang tidak dioptimalkan.

Ini adalah pendapat saya dan meskipun beberapa orang mungkin tidak setuju, ini adalah fakta bahwa pengoptimalan yang berlebihan terkadang dapat menghasilkan hasil yang berlawanan.

Alasannya adalah bahwa algoritma terkadang dapat menafsirkan pengoptimalan yang berlebihan sebagai upaya untuk mempermainkan sistem dan mereka dapat mengambil tindakan untuk mencegah hal ini terjadi.

Keseimbangan antara konten dan iklan

Ini bukan sesuatu yang buruk bagi sebuah situs web untuk memiliki iklan atau promosi, tetapi ini seharusnya tidak mengalihkan pengguna dari menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Kecepatan

Situs web berkualitas tinggi memuat dengan cepat. Situs web yang cepat akan berperingkat lebih tinggi dan menciptakan lebih banyak konvensi, penjualan, dan pembaca setia.

Sosial

Media sosial mengubah hidup kita, cara kita berkomunikasi, tetapi juga cara kita menilai kualitas.

Produk yang bagus diharapkan memiliki ulasan, suka dan Tweet Facebook yang bagus. Sebelum Anda membuat keputusan untuk membeli atau tidak, Anda bisa memeriksa faktor-faktor sosial juga.

Demikian juga, diharapkan website yang baik dapat diterima dan diakui secara sosial yaitu memiliki pengikut Facebook, pelanggan RSS dll.

Keterlibatan dan Interaksi Pengguna

Apakah pengguna menghabiskan cukup waktu di situs dan membaca lebih dari satu halaman sebelum keluar? Apakah mereka berinteraksi dengan konten dengan menambahkan komentar, memberi saran, atau terlibat dalam percakapan, dll.?

Lebih baik dari kompetitor

Ketika Anda mengambil kata kunci tertentu, apakah situs web Anda lebih baik daripada pesaing Anda? Apakah itu pantas mendapatkan salah satu posisi teratas jika dinilai tanpa bias?

Bagaimana cara membuat situs web berkualitas tinggi?

Dengan mempertimbangkan karakteristik situs web berkualitas tinggi di atas, bagaimana cara menerjemahkannya dalam praktik?

Apa yang dapat Anda lakukan hari ini untuk meningkatkan kualitas dan 'kepercayaan Google' dari situs web Anda?

Periksa situs Anda untuk melihat keunikan konten

Pastikan Anda memiliki konten unik di semua halaman. Saya menggunakan copyscape untuk memeriksa semua konten sebelum menerbitkan untuk memastikan bahwa konten yang telah saya buat unik.

Periksa halaman Anda yang ada dan jika Anda menemukan konten duplikat, hapus atau de-indeks. Jika Anda memiliki halaman dengan konten serupa, gabungkan menjadi satu dan alihkan halaman dengan pengalihan 301.

Gunakan perangkat seluler

Situs web Anda harus ramah seluler. Pengalaman pembaca penting terlepas dari platformnya.

Rapikan konten Anda

Periksa semua artikel / halaman untuk kesalahan ejaan dan tata bahasa. Manfaatkan tag format yang benar yaitu H1, H2 dan tebal. Gunakan paragraf kecil untuk mempermudah membaca dan tambahkan gambar, ilustrasi, atau infografis untuk membuat konten Anda lebih menarik dan menarik.

Cari tahu apa yang diinginkan pembaca

Gunakan alat Google Keyword Planner untuk mengetahui apa yang dicari orang dan memberi mereka konten yang mereka inginkan tetapi hindari pengoptimalan berlebihan.

Anda dapat menulis konten di sekitar kata kunci yang mereka pahami tetapi cobalah untuk membuat posting Anda juga bersosialisasi. Hindari menggunakan judul yang dioptimalkan sepanjang waktu tetapi jaga keseimbangan antara konten yang dioptimalkan dan konten yang tidak dioptimalkan.

Minimalkan jumlah iklan paruh atas

Google dapat menghukum situs web yang memiliki terlalu banyak iklan di paruh atas . Terlebih lagi hal ini juga tidak bagus untuk pengalaman pengguna. Jika Anda memiliki konten yang baik, iklan di paruh bawah dan di akhir artikel Anda juga dapat bekerja dengan baik.

Buat situs web Anda memuat dengan cepat

Periksa situs web Anda dengan alat pengukur kecepatan halaman dan pastikan memuatnya secepat mungkin.

Saya tahu bahwa ini bukanlah hal yang paling mudah untuk dilakukan tetapi sangat penting karena dapat membuat situs Anda menjadi terlihat berkualitas tinggi.

Kerjakan promosi media sosial Anda

Apakah Anda memiliki halaman Facebook, akun twitter, halaman Pinterest?

Jika tidak, Anda akan kehilangan banyak peluang. Maka dari itu coba buat dari sekarang.

Periksa rasio pentalan Anda

Salah satu ukuran yang perlu Anda pantau, seperti yang dijelaskan dalam laporan analisis Google Terbaik untuk pemula adalah rasio pentalan.

Rasio pentalan adalah persentase orang yang meninggalkan situs web Anda tanpa melihat halaman lain. Anda perlu menargetkan rasio pentalan rendah, jadi periksa analitik Anda dan identifikasi halaman mana di situs Anda yang memiliki rasio pentalan tinggi dan perbaiki. Meski secara resmi, bounce rate bukanlah faktor rangking, namun hal ini tentunya menjadi faktor yang bisa membantu Anda membuat website yang lebih berkualitas.

Periksa pesaing Anda

Apa yang saya lakukan sebelum menulis artikel adalah mencari di Google untuk kata kunci yang saya inginkan untuk menentukan peringkat artikel saya dan melihat lebih dekat situs web di halaman pertama.

Saya memeriksa hal-hal seperti panjang konten, otoritas situs web, otoritas penulis dan mencoba membuat konten saya lebih baik dan lebih bermanfaat.

Jaga agar situs web Anda tetap sehat dan bebas spam

Last but not least, situs web berkualitas tinggi bebas spam. Salah satu kesalahan yang dibuat oleh situs web besar adalah tidak memoderasi komentar mereka. Akibatnya Anda melihat banyak komentar spam di bawah artikel mereka yang bukan merupakan pengalaman pengguna yang baik.

Sebagai aturan praktis, Anda harus selalu memperbarui situs web Anda dalam hal pembaruan perangkat lunak dan untuk memantau dan menghapus spam atau komentar yang tidak pantas.

Saya yakin masih banyak lagi karakteristik yang membedakan situs web yang bagus dari yang lain, tetapi pedoman di atas adalah minimal untuk membuat situs web yang dapat dipercaya oleh Google dan dianggap berkualitas tinggi.

Bagaimana pendapat Anda, apa yang Anda anggap sebagai situs web berkualitas tinggi?

Posting Komentar untuk "Apa itu Situs Web Berkualitas Tinggi di Mata Google?"