Daur Hidup Katak Beserta Gambarnya

{inAds}

Seputarkita.id - Daur hidup katak terdiri dari tiga tahap: telur, larva, dan dewasa. Saat katak tumbuh, ia bergerak melalui tahapan ini dalam proses yang dikenal sebagai metamorfosis. Katak bukan satu-satunya hewan yang mengalami metamorfosis, kebanyakan amfibi lain juga mengalami perubahan luar biasa sepanjang daur hidup mereka, seperti halnya banyak spesies invertebrata . Selama metamorfosis, dua hormon, prolaktin dan tiroksin, mengontrol transformasi dari telur menjadi larva menjadi dewasa.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Daur Hidup Katak Beserta Gambarnya

Pembiakan


Pembiakan katak

Musim kawin katak biasanya terjadi pada musim semi di iklim sedang dan selama musim hujan di iklim tropis. Saat katak jantan siap berkembang biak, mereka sering menggunakan seruan nyaring untuk menarik pasangan. Laki-laki menghasilkan panggilan ini dengan mengisi kantung vokal dengan udara dan menggerakkan udara maju mundur untuk menciptakan suara seperti kicauan.

Saat kawin, katak jantan memegang punggung betina, menggenggam kaki depannya di pinggang atau lehernya. Pelukan ini disebut amplexus; tujuannya adalah untuk memastikan bahwa jantan berada pada posisi optimal untuk membuahi telur betina saat bertelur.

Fase Telur


Fase telur katak

Banyak spesies bertelur di air yang tenang di antara tumbuhan, di mana telur dapat berkembang dengan relatif aman. Katak betina bertelur dalam jumlah banyak yang cenderung mengumpul dalam kelompok yang disebut spawn. Saat dia menyimpan telur, pejantan melepaskan sperma ke sel telur dan membuahinya.

{inAds}

Pada banyak spesies katak, kodok dewasa membiarkan telurnya berkembang tanpa perawatan lebih lanjut. Tetapi pada beberapa spesies, induk tetap memelihara telur untuk merawat mereka saat mereka berkembang. Saat telur yang telah dibuahi matang, kuning telur di setiap telur membelah menjadi lebih banyak dan lebih banyak sel dan mulai berbentuk kecebong, larva katak. Dalam satu hingga tiga minggu, telur siap menetas, dan kecebong kecil terlepas.

Fase Kecebong (Larva)


Fase menjadi kecebong

Berudu, larva katak, memiliki insang yang belum sempurna, mulut, dan ekor yang panjang. Selama satu atau dua minggu pertama setelah kecebong menetas, gerakannya sangat sedikit. Selama waktu ini, kecebong menyerap sisa kuning telur, yang memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan. Setelah kuning telur terserap, kecebong cukup kuat untuk berenang sendiri.

{inAds}

Kebanyakan berudu memakan alga dan tumbuhan lain, jadi mereka dianggap herbivora. Mereka menyaring bahan dari air saat berenang atau merobek potongan-potongan bahan tanaman. Saat kecebong terus tumbuh, kaki belakangnya mulai berkembang. Tubuhnya memanjang dan makanannya tumbuh lebih kuat, beralih ke materi tanaman yang lebih besar dan bahkan serangga. Kemudian dalam perkembangannya, tungkai depan tumbuh dan ekornya menyusut. Bentuk kulit di atas insang.

Fase Dewasa


Fase dewasa katak

Pada usia kurang lebih 12 minggu, insang dan ekor kecebong telah terserap seluruhnya ke dalam tubuh, artinya katak telah mencapai tahap dewasa dalam daur hidupnya. Sekarang ia siap untuk menjelajah ke lahan kering dan, pada waktunya, mengulangi daur hidup katak.

Lebih baru Lebih lama