Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peta Persebaran Hutan Dunia

Peta hutan dunia

Berikut adalah peta dari Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FOA) yang menggambarkan tutupan hutan yang signifikan di semua benua di Dunia. Peta lahan hutan ini dibuat berdasarkan data FOA. Hijau tua melambangkan hutan tertutup, hijau tengah melambangkan hutan terbuka dan terfragmentasi, hijau muda melambangkan beberapa pohon di semak dan semak belukar.

    Peta Tutupan Hutan Seluruh Dunia

    Peta tutupan hutan seluruh dunia

    Hutan menutupi sekitar 3,9 miliar hektar (atau 9,6 miliar hektar) yang merupakan sekitar 30% dari permukaan tanah dunia. FAO memperkirakan bahwa sekitar 13 juta hektar hutan dikonversi untuk penggunaan lain atau hilang karena sebab alamiah setiap tahun antara tahun 2000 dan 2010. Perkiraan laju peningkatan kawasan hutan tahunan mereka adalah 5 juta hektar.

    Peta Tutupan Hutan Afrika

    Tutupan hutan Afrika diperkirakan 650 juta hektar atau 17 persen dari luas hutan dunia. Tipe hutan utama adalah hutan kering tropis di Sahel, Afrika Timur dan Selatan, lembab hutan tropis di Afrika Barat dan Tengah, hutan subtropis dan hutan di Afrika Utara, dan mangrove di wilayah pesisir dari ujung selatan. FAO melihat "tantangan yang sangat besar, yang mencerminkan kendala yang lebih besar dari pendapatan rendah, kebijakan yang lemah, dan lembaga yang tidak berkembang secara memadai" di Afrika.

    Peta Tutupan Hutan Asia Timur dan Lingkar Pasifik

    Wilayah Asia dan Pasifik menyumbang 18,8 persen dari hutan global. Pasifik Barat Laut dan Asia Timur memiliki kawasan hutan terluas diikuti oleh Asia Tenggara, Australia dan Selandia Baru, Asia Selatan, Pasifik Selatan dan Asia Tengah. FAO menyimpulkan bahwa "sementara kawasan hutan akan stabil dan meningkat di sebagian besar negara maju ... permintaan kayu dan produk kayu akan terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan populasi dan pendapatan."

    Peta Tutupan Hutan Eropa

    1 juta hektar hutan Eropa terdiri dari 27 persen dari total luas hutan dunia dan mencakup 45 persen dari lanskap Eropa. Beragam tipe hutan boreal, subtropis, dan sub-tropis terwakili, begitu juga formasi tundra dan pegunungan. FAO melaporkan, "Sumber daya hutan di Eropa diperkirakan akan terus berkembang seiring dengan menurunnya ketergantungan lahan, peningkatan pendapatan, kepedulian terhadap perlindungan lingkungan dan kebijakan serta kerangka kelembagaan yang berkembang dengan baik."

    Peta Tutupan Hutan Amerika Latin dan Karibia

    Peta Tutupan Hutan Amerika Latin dan Karibia

    Amerika Latin dan Karibia adalah beberapa kawasan hutan terpenting di dunia, dengan hampir seperempat tutupan hutan dunia. Kawasan tersebut memiliki 834 juta hektar hutan tropis dan 130 juta hektar hutan lainnya. FAO menyarankan bahwa "Amerika Tengah dan Karibia, di mana kepadatan penduduk tinggi, peningkatan urbanisasi akan menyebabkan pergeseran dari pertanian, pembukaan hutan akan menurun dan beberapa area yang dibuka akan kembali menjadi hutan ... di Amerika Selatan, laju deforestasi semakin meningkat. tidak mungkin menurun dalam waktu dekat meskipun kepadatan penduduk rendah. "

    Peta Tutupan Hutan Amerika Utara

    Peta Tutupan Hutan Amerika Utara

    Hutan menutupi sekitar 26 persen dari luas daratan Amerika Utara dan mewakili lebih dari 12 persen hutan dunia. Amerika Serikat adalah negara dengan hutan terluas keempat di dunia dengan 226 juta hektar. Kawasan hutan Kanada tidak tumbuh selama dekade terakhir tetapi hutan di Amerika Serikat telah meningkat hampir 3,9 juta hektar. FAO melaporkan bahwa "Kanada dan Amerika Serikat akan terus memiliki kawasan hutan yang cukup stabil, meskipun divestasi lahan hutan yang dimiliki oleh perusahaan kehutanan besar dapat mempengaruhi pengelolaan mereka."

    Peta Tutupan Hutan Asia Barat

    Peta Tutupan Hutan Asia Barat

    Hutan dan hutan di Asia Barat hanya menempati 3,66 juta hektar atau 1 persen dari luas daratan di kawasan itu dan menyumbang kurang dari 0,1 persen dari total luas hutan dunia. FAO menyimpulkan wilayah tersebut dengan mengatakan, "kondisi pertumbuhan yang merugikan membatasi prospek produksi kayu komersial. Pendapatan yang meningkat pesat dan tingkat pertumbuhan populasi yang tinggi menunjukkan bahwa wilayah tersebut akan terus bergantung pada impor untuk memenuhi permintaan sebagian besar produk kayu.

    Peta Tutupan Hutan Kawasan Kutub

    Peta Tutupan Hutan Kawasan Kutub

    Hutan utara mengelilingi dunia melalui Rusia, Skandinavia, dan Amerika Utara, meliputi sekitar 13,8 juta km 2 (UNECE dan FAO 2000). Hutan boreal ini adalah salah satu dari dua ekosistem terestrial terbesar di Bumi, yang lainnya adalah tundra - dataran luas tanpa pohon yang terletak di utara hutan boreal dan membentang ke Samudra Arktik. Hutan boreal merupakan sumber daya penting bagi negara-negara Arktik tetapi memiliki nilai komersial yang kecil.

    Posting Komentar untuk "Peta Persebaran Hutan Dunia"