Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Firefox vs Chrome di Android: Browser Mana yang Terbaik?

Salah satu browser yang paling favorit untuk saya adalah Firefox. Ini sebagian besar digunakan di Desktop, tetapi juga memiliki versi Android yang responsif. Tetapi sebagian besar smartphone Android dikirimkan dengan Google Chrome yang sudah diinstal sebelumnya. Jadi mana yang terbaik jika Anda membandingkan Firefox vs Chrome untuk Android? Jadi, mari kita periksa tentang browser ini untuk sampai pada kesimpulannya.

Browser adalah aplikasi yang paling mungkin dibutuhkan untuk menjelajahi web. Anda bisa mendapatkan begitu banyak jenis browser yang bekerja di berbagai platform. Jika kita berbicara tentang Android, maka Anda bisa melihat ada begitu banyak pilihan browser yang bisa Anda coba.

Browser Google Chrome

Chrome adalah browser resmi Google yang bekerja di hampir semua platform. Dengan memiliki jumlah pengguna terbanyak di Android dan Windows, Chrome adalah browser nomor satu saat ini. Itu sudah diinstal sebelumnya dengan sebagian besar perangkat Android.

Jadi, mari kita lihat apakah cocok bagi Anda menggunakan Firefox vs Chrome untuk Android? Kami terutama akan mencirikan beberapa fitur utama peramban yang diperlukan untuk berselancar harian dan membandingkannya dengan peramban lain.

Browser Umum

Google Chrome telah banyak berubah dari waktu ke waktu. Tidak ada perubahan besar dalam antarmuka penggunanya, tetapi fungsionalitas browser sudah pasti dimodifikasi. Chrome adalah salah satu browser terbaik dalam hal menjelajahi web. Di awal layar, Anda memiliki opsi untuk menambahkan akun Google Anda. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan semua aplikasi terintegrasi Google yang dapat Anda gunakan melalui browser Anda.

Firefox vs Chrome di Android: Browser Mana yang Terbaik?

Antarmuka Google Chrome secara keseluruhan sangat mulus. Jika Anda mencoba beralih antar tab, Anda dapat langsung menggeser tab ke kanan atau kiri dari situs web untuk mengakses tab berikutnya. Anda juga dapat mengatur beberapa profil Google hanya dalam satu browser, dan beralih antar akun tersebut juga sangat sederhana.

Bookmark, History, dan Privasi

Fitur privasi Google Chrome adalah salah satu yang terbaik. Ini memiliki beberapa fitur privasi yang berbeda seperti Safe Search dan Perlindungan Pelacakan, tetapi mungkin tidak selalu berfungsi.

google chrome vs firefox android

Sekarang, untuk memeriksa Sejarah dan Bookmark Anda juga sangat sederhana. Anda hanya perlu mengeklik tiga titik dari beranda, lalu Anda dapat memilih opsi Riwayat atau Bookmark. Chrome adalah yang terbaik dalam menyimpan riwayat dan bookmark. Jika Anda juga menggunakan Chrome di PC Anda, maka Anda dapat menyinkronkan browser itu ke browser Android Anda, dan sekarang Anda dapat dengan mudah mendapatkan semua bookmark dan riwayat di kedua perangkat Anda.

Firefox vs Chrome di Android: Browser Mana yang Terbaik?

Fitur terbaik lainnya dari Chrome adalah penghematan data. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengurangi waktu buka halaman di browser Anda. Ini membantu Anda memuat versi lite dari halaman itu, yang tidak memakan banyak data. Dan Anda juga bisa mendapatkan laporan di browser ini tentang berapa banyak data yang Anda hemat dari waktu ke waktu.

Penggunaan Ram

Google Chrome membutuhkan cukup banyak RAM untuk beroperasi dan menyediakan fitur-fiturnya secara lengkap. Pada perangkat Android rata-rata, Anda memerlukan setidaknya 2 GB RAM untuk menjalankan Google Chrome.

Performa

Kinerja di Google Chrome sangat sesuai dengan standarnya. Ini sangat terintegrasi dengan Android. Chrome memberi Anda banyak opsi widget seperti untuk cuaca, mata uang, kalkulator, dll.

Firefox-vs-Chrome-di-Android

Saat Anda mencari istilah-istilah ini di Chrome, Ini akan memberi Anda hasil langsung di halaman Google, jadi Anda tidak perlu menjelajahi situs web lain untuk mendapatkan layanan ini. Jenis fitur tersebut membuat Chrome sangat cepat dalam hal browsing internet.

Keamanan

Google Chrome dianggap sebagai standar emas atau standar industri untuk keamanan. Muncul dengan pembaruan dan fitur keamanan terbaru sehingga pengguna dapat yakin melakukan transaksi online atau saat membuka situs web terkait perbankan di Google Chrome.

Browser Firefox

Firefox juga merupakan peramban yang bagus untuk digunakan di Android dan bisa menjadi alternatif terbaik untuk Google Chrome. Ini tidak begitu populer di Android tetapi memiliki beberapa fitur terbaik yang membuatnya layak digunakan.  

Desain dan Penjelajahan

Firefox vs Chrome di smartphone android

Desain UI Firefox sangat halus dan terasa lebih responsif daripada Chrome. Menggunakan Firefox tidak berarti Anda tidak dapat mengakses layanan Google.

Anda juga dapat masuk melalui akun Google Anda di Firefox, tetapi tidak menawarkan fungsionalitas semudah Chrome. Desain tema Firefox juga terlihat sangat modern, yang menjadikannya pilihan tepat untuk menjelajah internet.

Penggunaan Ram

Firefox adalah peramban ringan dibandingkan dengan Google Chrome, di mana Google Chrome membutuhkan minimal 2 GB untuk beroperasi. Namun, Firefox Browser adalah browser yang ringan sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman browsing yang cepat bahkan dalam RAM 1 GB.

Fitur Privasi

Jika Anda sangat peduli dengan privasi Anda melalui internet, maka Firefox dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Dalam hal privasi, Firefox dapat memberi tahu saya lebih dapat dipercaya daripada Chrome.

Karena google secara teratur mengumpulkan data dari penggunanya. Jadi, apakah Anda mengubah pengaturan privasi apa pun di Chrome, selalu ada peluang untuk mengumpulkan data Anda. Tetapi Firefox menghilangkan semua masalah ini.

Firefox vs Chrome di Android

Firefox juga menawarkan fitur Perlindungan Pelacakan; Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya kapan saja. Fitur perlindungan pelacakan juga dapat memblokir iklan di web. Anda juga memiliki opsi untuk menghapus riwayat Anda setiap kali Anda keluar dari browser.

Performa dan Integrasi Aplikasi

Kinerja peramban firefox tidak diragukan lagi termasuk yang terbaik. Menggunakan fitur perlindungan pelacakan menghilangkan semua cookie pihak ketiga, yang membuatnya lebih cepat. Tetapi Firefox tidak memiliki sebagian besar layanan atau aplikasi terintegrasi yang dimiliki Chrome.

Firefox vs Chrome di Android

Anda juga tidak akan mendapatkan pengalaman Google yang sama di Firefox seperti yang Anda dapatkan di Chrome. Jika Anda mencoba menggunakan widget seperti cuaca atau kalkulator, Anda mungkin tidak mendapatkan hasil yang sama seperti yang Anda dapatkan di Chrome.


Keamanan

Firefox Browser untuk Android hadir dengan fitur dan pembaruan keamanan terkini. Browser Firefox hadir dengan perlindungan privasi khusus, yang dimaksudkan untuk melindungi privasi Anda dan memberi Anda keamanan maksimum dalam hal transaksi online dan berbagi informasi.


Kesimpulan

Parameter PengujianGoogle ChromeFirefox
Penjelajahan UmumMudah digunakan dengan kontrol universalMudah digunakan dengan banyak tindakan cepat dan antarmuka yang bagus
PerformaSangat baik pada perangkat kelas atasSangat baik pada perangkat Low end dan High-end
Penggunaan RamPenggunaan RAM tinggiPenggunaan RAM sedang hingga rendah
KeamananKeamanan penuh, tanpa kompromiKeamanan penuh, tanpa kompromi

Kedua browser ini bagus untuk bekerja di Android. Tetapi juga memiliki pro dan kontra. Firefox adalah peramban hebat dalam hal privasi, tetapi beberapa fiturnya tidak terlalu responsif. Itu juga tertinggal dalam kinerja dan mungkin tidak memberi Anda pengalaman seperti Chrome.

Di sisi lain, Google Chrome adalah peramban terkemuka dan memiliki banyak fungsi yang lancar. Namun terkadang privasi pengguna kurang. Jika itu bukan masalah besar bagi Anda, Chrome dapat dengan mudah digunakan untuk menjelajahi dan menjelajahi web.

Posting Komentar untuk "Firefox vs Chrome di Android: Browser Mana yang Terbaik?"