Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Hidup Penyu?

Berapa lama hidup penyu

Ada tujuh spesies penyu di Bumi: penyu hijau , penyu belimbing, pipih, tempayan, penyu sisik, Kemp's ridley, dan olive ridley. Penyu biasanya hidup antara 30 dan 50 tahun, dengan beberapa kasus penyu yang terdokumentasi dapat hidup selama 150 tahun. Meskipun kita tahu bahwa semua spesies penyu laut memiliki umur yang panjang, batas atas dari potensi umur alami mereka tetap menjadi misteri bagi para ilmuwan. 

Dari tujuh spesies penyu di dunia, penyu sisik memiliki umur terpendek 30 sampai 50 tahun, dan penyu hijau terpanjang 80 tahun atau lebih. Penyu terbesar dan terkecil penyu belimbing dan kemp's ridley keduanya memiliki umur rata-rata 45 hingga 50 tahun.

Siklus Hidup Penyu

Kelahiran

Sebuah penyu ini hidup dimulai ketika betina bersarang dan bertelur di pantai, biasanya di dekat tempat ia dilahirkan dulu. Dia akan bersarang antara dua hingga delapan kali setiap musim, bertelur sekitar 100 telur di setiap sarang. Telur rentan terhadap predator seperti burung, mamalia, dan ikan. Setelah jangka waktu enam hingga delapan minggu, tukik yang telah hidup keluar dari telurnya (disebut "pipping"), keluar dari pasir, dan menuju ke air.

Tahun-tahun yang Hilang

Hanya diperkirakan 1 dari 1.000 hingga 1 dari 10.000 tukik bertahan untuk mengalami fase kehidupan berikutnya: fase laut terbuka. Periode yang berlangsung antara dua hingga 10 tahun ini disebut juga “tahun-tahun yang hilang” karena pergerakan penyu di laut sulit untuk dimonitor. Meskipun penyu dapat ditandai oleh para ilmuwan, pemancar yang digunakan seringkali terlalu besar untuk makhluk yang lebih muda. Pada tahun 2014, sekelompok peneliti dari Florida dan Wisconsin menggunakan peralatan yang lebih kecil untuk melacak "tahun-tahun yang hilang" dari tukik yang telah mereka pelihara selama beberapa bulan dan kemudian dilepaskan. Mereka menyimpulkan bahwa tukik pergi ke laut untuk menghindari predator dan mengikuti permukaan air hangat yang mendukung pertumbuhan mereka.

Masa dewasa

Penyu tumbuh dengan lambat. Mereka membutuhkan waktu antara 15 dan 50 tahun untuk menjadi dewasa secara reproduktif. Mereka menghabiskan masa dewasanya dengan mencari makan di perairan pesisir dan bermigrasi ke pantai untuk kawin. Hanya betina yang datang ke darat untuk bersarang, sebuah proses yang berlangsung setiap dua hingga lima tahun.

Seperti burung dan ikan, penyu mengandalkan medan magnet planet untuk kembali ke tempat kelahirannya. Migrasi mereka bisa berlangsung lama. Pada tahun  2008 , seekor penyu belimbing dilacak melakukan perjalanan sejauh 12.774 mil dari Indonesia ke Oregon. Betina telah dikenal bersarang hingga usia 80 tahun.

Kematian

Penyu sering mati karena predator dan penyebab terkait manusia. Beberapa predator utamanya adalah hiu, paus pembunuh, dan ikan besar seperti kerapu. Mereka juga menghadapi bahaya dari perburuan, terjerat alat tangkap, polusi, sampah laut seperti plastik, dan perubahan iklim. Naiknya permukaan laut dan meningkatnya aktivitas badai mengancam tempat bersarang. Karena sebagian besar ancaman buatan manusia ini, sebagian besar spesies penyu terancam punah.

Berapa Lama Penyu Bisa Hidup?

Menentukan dengan tepat berapa lama hidup penyu sangat sulit karena penyu sering hidup lebih lama dari kebanyakan penelitian. Ketika penyu diberi tanda, transmisi data satelit biasanya berlangsung antara enam dan 24 bulan. Sedangkan penyu bisa hidup puluhan tahun.

Untuk membuat masalah menjadi lebih ambigu, tidak ada metode yang diterima secara ilmiah untuk menggunakan penampilan penyu untuk menentukan umurnya. Ilmuwan sering menganalisis  struktur tulang  penyu yang mati untuk memperkirakan usia.

Salah satu penyu tertua yang diketahui adalah penyu hijau bernama Myrtle, yang telah berada di akuarium Cape Cod selama lebih dari 45 tahun dan diperkirakan berumur 90 tahun. Namun, menurut Carol Haley, Asisten Kurator Ikan di Akuarium Tennessee, beberapa penyu bisa  hidup 100 atau bahkan 150 tahun .

Beberapa penyu mungkin telah hidup lebih lama dari perkiraan itu dalam beberapa dekade terakhir. Pada tahun 2006, Li Chengtang, kepala Akuarium Guangzhou di China, mengatakan bahwa penyu tertua di lokasi itu "berusia sekitar 400 tahun , seperti yang ditentukan oleh uji cangkang oleh seorang profesor taksonomi". Laporan berita lain  tentang penyu tua di Filipina menyatakan bahwa penyu yang berumur hampir 200 tahun ditemukan di dalam kandang ikan dan dibawa ke Biro Perikanan dan Sumber Daya Perairan.

Mengapa Penyu Hidup Begitu Lama?

Penyu telah ada di Bumi selama lebih dari 100 juta tahun. Sebagai perbandingan, dinosaurus punah sekitar 65 juta tahun yang lalu dan nenek moyang manusia purba mulai berjalan dengan dua kaki sekitar 4 juta tahun yang lalu.

Penelitian menunjukkan bahwa penjelasan utama umur panjang penyu adalah metabolisme yang lambat atau kecepatan mengubah makanan menjadi energi. Menurut sebuah studi tahun 2011 di Journal of Experimental Biology , tingkat metabolisme memainkan peran kunci dalam kesehatan penyu, karena mereka mengontrol "kebugaran individu" dan "pada akhirnya menentukan struktur dan ukuran populasi." Metabolisme hewan terkadang digambarkan sebagai "api kehidupan." Biasanya, semakin lambat pembakaran, semakin lama api atau makhluk hidup Penyu bermetabolisme dan tumbuh perlahan, dan akibatnya hidup untuk jangka waktu yang lebih lama.

Penyu hijau dapat memperlambat detak jantungnya hingga 9 menit di antara detak jantungnya. Karakteristik ini memungkinkan mereka melakukan penyelaman makan berlarut-larut hingga lima jam. Sebaliknya, jantung burung kolibri yang cepat berdetak sebanyak 1.260 kali setiap menit, dan ia mungkin makan setiap 10 menit. Burung kolibri memiliki masa hidup yang jauh lebih pendek daripada penyu, hidup hanya tiga sampai lima tahun.

Sementara penyu terus menghadapi berbagai ancaman, para ilmuwan dan peneliti tidak akan tergoyahkan. Upaya konservasi terus dilakukan untuk membuat para penyelam agung ini mendorong batas umur panjang di laut.

Sumber

  • “Fakta Dasar Tentang Penyu.” Defenders of Wildlife, 18 Maret 2013, defers.org/sea-turtles/basic-facts.
  • Enstipp, Manfred R., dkk. “Pengeluaran Energi Penyu Hijau Dewasa (Chelonia Mydas) yang Berenang Bebas dan Kaitannya dengan Akselerasi Tubuh.” Journal of Experimental Biology, The Company of Biologists Ltd, 1 Desember 2011, jeb.biologists.org/content/214/23/4010.
  • Evans, Ian. “Penyu Laut adalah Kisah Sukses Konservasi - Sebagian Besar”. Oceans, News Deeply, 18 Oktober 2017, www.newsdeeply.com/oceans/community/2017/10/19/sea-turtles-are-a-conservation-success-story-mostly.
  • Kolibri. Layanan Taman Nasional, Departemen Dalam Negeri AS, www.nps.gov/cham/learn/nature/hummingbirds.htm.
  • Leake, Chauncey D. “Api Kehidupan. Pengantar Energetika Hewan. Max Kleiber. Wiley, New York, 1961. Xxii + 454 Pp. Illus. ” Science, American Association for the Advancement of Science, 22 Desember 1961, science.sciencemag.org/content/134/3495/2033.1.
  • Mansfield, Katherine L., dkk. “Jejak Satelit Pertama Kura-kura Laut Neonatus Mendefinisikan Ulang Niche Oseanik 'Tahun-tahun yang Hilang'.” Proceedings of the Royal Society of London B: Biological Sciences, The Royal Society, 22 April 2014, rspb.royalsocietypublishing.org/content/281/1781/20133039.
  • Snover, Melissa. “Pertumbuhan dan Ontogeni Penyu Laut Menggunakan Skeletochronology: Metode, Validasi, dan Aplikasi untuk Konservasi.” ResearchGate, 1 Januari 2002, www.researchgate.net/publication/272152934_Growth_and_ontogeny_of_sea_turtles_using_skeletochronology_Methods_validation_and_application_to_conservation.
  • Thompson, Andrea. "Penyu Bermigrasi 12.774 Mil." LiveScience, Pembelian, 29 Januari 2008, www.livescience.com/9562-turtle-migrates-12-774-miles.html.

Posting Komentar untuk "Berapa Lama Hidup Penyu?"