Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Facebook meluncurkan perpesanan lintas platform di Instagram dan Messenger

Facebook meluncurkan perpesanan lintas platform di Instagram dan Messenger

Facebook telah mengambil langkah terbesarnya dalam mengintegrasikan berbagai platform perpesanannya, memungkinkan pengguna tertentu di Messenger dan Instagram untuk saling mengirim pesan ke aplikasi lain. Selain peluncuran perpesanan lintas platform, Instagram juga mendapatkan perombakan besar-besaran pada sistem DM-nya, yang akan diperluas dengan fitur-fitur yang diambil dari Messenger.

Alat perpesanan Instagram baru mencakup pesan yang hilang, stiker selfie, emoji khusus, warna obrolan, cara baru untuk memblokir pesan yang tidak diinginkan, dan pengenalan fitur Tonton Bersama Messenger, yang memungkinkan Anda menonton video dengan teman selama panggilan video.

Pengguna akan dapat menolak pembaruan jika mereka memilih, tetapi Facebook pasti akan bertaruh bahwa mereka tidak mungkin akan berkata tidak. Selain perpesanan lintas platform, pengguna di Instagram dan Messenger juga dapat mencari profil di kedua aplikasi secara bersamaan. Pengguna dapat memilih keluar dari fitur ini jika mereka mau.

Namun, kapan tepatnya dan di mana perpesanan lintas platform Instagram dan Messenger akan tersedia tidak jelas. Menurut CNN, fitur tersebut saat ini sedang "diuji di pasar tertentu dan akan berkembang secara global dalam beberapa bulan mendatang". Tidak ada garis waktu publik tentang kapan Facebook mungkin juga mulai mengintegrasikan raksasa perpesanannya yang lain, WhatsApp.

Berita tersebut adalah bagian dari rencana ambisius yang digariskan oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg pada 2019 untuk mentransisikan kerajaan media sosialnya dari yang didirikan di ruang publik menjadi yang lebih fokus pada komunikasi pribadi. Seperti yang dijelaskan Zuckerberg pada tahun 2019, "perpesanan pribadi, cerita singkat, dan grup kecil sejauh ini merupakan area komunikasi online yang tumbuh paling cepat." Dengan mengintegrasikan pesan di berbagai aplikasinya, yang masing-masing memiliki lebih dari 1 miliar pengguna, Facebook berharap dapat menangkap sebanyak mungkin pasar ini.

Baca Juga : Cara Mengganti Nama Facebook

Langkah-langkah sebelumnya termasuk peluncuran aplikasi untuk bisnis kecil yang memungkinkan mereka mengelola halaman dan profil di Facebook, Messenger, dan Instagram, dan alat Pusat Akun baru yang memungkinkan siapa saja mengontrol informasi login mereka di berbagai properti Facebook.

Menggabungkan layanan-layanan ini merupakan tantangan infrastruktur yang besar, terutama untuk integrasi WhatsApp yang akan datang, yang dienkripsi secara end-to-end. Namun kendala yang lebih besar mungkin datang dari regulator, yang mewaspadai dominasi Facebook dalam perpesanan seluler.

Menyusul pengumuman Zuckerberg tentang ambisinya untuk mengintegrasikan perpesanan di Instagram, WhatsApp, dan Messenger pada tahun 2019, salah satu pendiri Facebook Chris Hughes meminta perusahaan tersebut untuk dibubarkan. Hughes berpendapat bahwa Facebook telah menjadi monopoli media sosial, dengan pengguna tidak dapat beralih ke pesaing yang layak.

Posting Komentar untuk "Facebook meluncurkan perpesanan lintas platform di Instagram dan Messenger"