Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kata "Anjay" Dalam Pandangan Islam

Arti kata Anjay dalam pandangan Islam

Beberapa hari ini tengah viral kata-kata yang dapat di sebut sebagai kata gaul di kalangan anak-anak muda maupun di dunia maya internet. Kata itu ialah "anjay" yang biasanya di ucapkan nitizen untuk mengekspresikan / mengungkapkan sesuatu di dalam media sosial.

Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) bahkan hingga dibuat gerah dan meminta penggunaan kata "Anjay" dapat dihentikan.

Baca Juga : "Pengertian Alam Barzakh (Alam Kubur), Keadaan Manusia di Alam Barzakh"

Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, seperti dikutip dari keterangannya menjelaskan bahwa makna kata "Anjay" itu harus dilihat dari berbagai sudut pandang. Menurutnya, jika disebutkan sebagai kata pengganti ucapan salut dan bermakna kagum atas satu peristiwa itu tak mengandung unsur bullying.

Contohnya saja ada seseorang yang berkata "Anjay, sepatu lu baru ya broo!". Dapat di lihat dari kalimat tersebut, bahwa kata "Anjay" tidak mengandung sebuah makna bullying. Bahkan bisa di katakan penggunaan kata "Anjay tersebut memperlihatkan sebuah makna kagum.

Tetapi jika kata "Anjay" tersebut diucapkan kepada seseorang yang tidak di kenal bahkan baru pertama kali ketemu, dapat tergolong sebagai unsur kekerasan verbal.

Di dalam bahasa gaul sendiri, kata "Anjay" sebenarnya sudah lama muncul. Tetapi baru beberapa minggu ini saja viral di media sosial. Kata "Anjay" sebenarnya ada yang mengartikan bentuk lain dari kata "Anjrit" atau anjing. Namun banyak juga yang berpendapat kedua kata-kata tersebut sama sekali tidak ada hubungannya.

Sementara itu, didalam pandangan islam. Apabila kata "Anjay" tersebut di gunakan saat kita sedang marah atau mengumpat, hal tersebut sangat jelas dilarang dalam Agama Islam. Sebab mengumpat bukanlah sifat dari orang yang beriman.

Allah SWT telah berfirman di dalam Al-Qur'an :

وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍۙ 

Artinya : "Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela" (QS. AL-Humazah [104]: 1)

Namun apabila penggunaan kata tersebut di gunakan seperti saat contoh sepatu di atas yang tidak mengandung unsur mengumpat atau sedang marah. Maka boleh saja menggunakan kata tersebut.

Namun ada baiknya Anda untuk mengamalkan sebuah hadist yakni. Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُت

Artinya : "Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam." (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Itulah penjelasan mengenai kata "Anjay" dalam pandangan Agama Islam. Semoga dengan informasi tersebut dapat membuat Anda menjadi lebih mawas diri kedepannya. Terimakasih

Sumber :

  • https://medium.com/binokular/anjay-masa-ngomong-anjay-bisa-masuk-penjara-sih-dcc63ec8fe50
  • https://muslimah.or.id/5118-bicara-baik-atau-diam.html
  • https://www.sahijab.com/tips/2123-arti-kata-anjay-dan-pandangan-islam

Posting Komentar untuk "Arti Kata "Anjay" Dalam Pandangan Islam"