Inilah Penyebab Pertanian Jepang Maju

Sumber : Seputar Kita
Seputar Kita - Pertanian merupakan bidang yang sangat penting untuk menunjang hidup manusia. Akan tetapi, pertanian di Indonesia masih tertinggal jauh apabila di bandingkan dengan pertanian luar negeri, khususnya Negara Jepang.

Apa yang membuat pertanian di Jepang sangat maju?

Teknologi pertanian Jepang merupakan kunci sukses negara ini dalam menyediakan produk pangan dengan kualitas terbaik dan kuantitas yang banyak. Dengan kondisi tanah yang tidak sebagus di Indonesia dan total luas lahan pertaniannya hanya 25% dari total wilayahnya Negara ini tentu punya resep khusus kenapa pertaniannya sangat bagus.

Berikut deretan alasan kenapa pertanian Jepang bisa lebih maju ketimbang di negara Indonesia.

1. Sinergi antara Universitas, Swasta, dan Pemerintah

Di Jepang, pihak Universitas membuat penelitian terbaru mengenai Pertanian untuk membuatnya lebih efisien dan untuk Pemerintah maupun Swasta siap mendanainya dengan dana yang fantastis.

2. Trik Sederhana

Tidak semua langkah keberhasilan di Jepang di pengaruhi oleh Teknologi canggih, misalnya untuk mempertahankan kesegaran buah - buahan, petani di sana mencuci buah yang baru di panen menggunakan air es yang dingin. Langkah ini bisa membuat buah - buahan terlihat tetap segar seperti baru di petik meskipun sudah ber umur 2 hari.

3. Pemerintah yang Perhatian

Pemerintah membeli hasil pertanian di Jepang dengan harga yang tinggi lalu membantu mendistribusikan-nya. Jika di Indonesia ini seperti Bulog namun dengan sistem yang lebih rapi. Swasta jika ingin membeli langsung ke Petani harganya pun lebih tinggi.

4. Harga yang Terkontrol

Ini seperti di Indonesia saat Orde Baru, harga pangan di kontrol dengan ketat oleh Pemerintah. Teknik ini sebenarnya juga berbahaya jika kas Negara tidak lagi banyak.

5. Lahan yang Dimiliki Petani Luas

Di Indonesia jumlah Petani di dominasi oleh Petani Gurem (Petani yang memiliki atau menyewa lahan pertanian) yang terkenal karena jumlah lahannya yang sedikit. Di Jepang, Petani adalah orang kaya yang mayoritas punya lahan minimal 10 hektar.

6. Penggunaan Teknologi yang Canggih

Petani di Jepang sangat mempersilahkan teknologi - teknologi pertanian terbaru yang di suguhkan. Hal inilah yang membuat para petani Jepang dapat memiliki terobosan terbaru di bidang Pertanian. Ini harusnya dapat di tiru oleh bangsa Indonesia seperti contohnya di kasus padi.

7. Etos Kerja yang Bagus

Karyawan para petani di Jepang mulai bekerja pada jam 2 pagi, mereka adalah pegawai resmi yang terdaftar di Dinas Tenaga Kerja mendapat tunjangan kesehatan

Itulah Penyebab Pertanian Jepang bisa lebih Maju dari pada di Negara Indonesia. Apakah Agan menjadi termotivasi untuk ikut juga memajukan Pertanian di negara Indonesia?

Terimakasih bagi Agan sekalian yang sudah membaca artikel yang sudah saya tulis dengan susah payah ini hingga selesai, semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat kepada Agan sekalian.
Lebih baru Lebih lama