Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Budidaya Madu Klanceng Saat Corona Bisa Untung

Seputar Kita - Mungkin banyak di antara agan yang sedang bingung akibat pandemi virus covid-19 yang melanda negara tercinta ini. Banyak sekali dampak yang di timbulkan virus yang berasal dari Cina ini.
 
Mulai dari Lockdown, Pembatasan sosial berskala Besar, Karantina wilayah, dan yang paling membuat resah adalah PHK masal. Sudah banyak di antara saudara se tanah air kita yang sudah mengalami hal - hal yang Saya sebutkan di atas. Karena memang tidak mudah untuk mengatasi virus yang sangat berbahaya untuk Agan sekalian ini.

Pada saat ini Saya akan membagikan kepada Agan sekalian tentang sebuah Usaha yang dapat di lakukan pada saat pandemi ini. Yang akan saya bagian kepada agan adalah Usaha Budidaya Madu Klanceng. Kenapa Saya menyampaikan hal tersebut?

Ada banyak alasan kuat yang mendasari kenapa saya berani mengatakan bahwa Budidaya Madu Klanceng saat ini dapat meraup untung yang banyak. Misalnya seperti ini, pada hari ini orang - orang sangat menjaga daya tahan tubuh mereka, seperti halnya bulan - bulan kemarin, semuar orang berbondong - bondong membeli minuman kesehatan seperti C1000.

Nah kesehatan tubuh bukan hanya di dapatkan dari minuman kaleng seperti yang saya sebutkan di atas, melainkan bisa saja dari buah - buahan ataupun yang saya rekomendasikan adalah madu. Kenapa madu? Karena Bukan hanya rasanya saja yang enak, namun Madu juga memiliki banyak manfaat yang lain, misalnya seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kulit akan terlihat lebih cerah, dan mengatasi radang tenggorokkan.
 
Sumber : Youtube CapCapung
Budidaya madu Klanceng di pekarangan rumah bukanlah hal yang mustahil Agan lakukan jika kondisi yang mendukung. Maka saya akan memberitahukan kepada Agan, apa saja yang perlu di perhatikan apabila ingin mencoba membudidayakan Madu Klanceng ini secara maksimal seperti yang Bapak Totok Sugianto dari Parang Tritis Kretek Bantul, Jogjakarta ini.

Banyak yang harus Agan ketahui apabila ingin terjun ke dalam usaha ini, seperti harus mengetahui tentang Ratu, Koloni, dan cara untuk pemanen an.

Untuk lebah madu klanceng sendiri di alam liar biasanya Agan dapat menemukannya di dalam pohon bambu, dan apabila Agan ingin membudidayakannya. Dapat menggunakan media seperti kotak kayu seperti gambar di atas.

Caranyapun cukup mudah, tinggal pastikan terdapat Ratu di antara lebah madu Klanceng tersebut, dan pindahkan ke dalam media kotak kayu maka, para  koloni juga akan mengikuti si Ratu pergi.

Sumber : YouTube CapCapung
Gambar di atas merupakan proses memindahkan koloni beserta telur - telurnya dari dalam bamnbu ke wadah penangkarang yaitu kotak kayu yang bagian atasnya di tutup i menggunakan plastik agar mudah untuk pemantauan banyaknya madu dan proses pemanen an.

Setelah selesai, pastikan wadah penangkaran tersebut di tempatkan di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Yang cukup penting iyalah kita harus memerharikan sumber pangan dari lebah - lebah tersebut. Mau tidak mau, jika Agan ingin budidaya Madu Klanceng ini juga harus menciptakan vegetasi untuk sumber pangan supaya lebah tersebut dapat bertahan hidup dan produksi madunya juga bagus.

Jika vegetasi yang Agan sekalian buat juga bagus, maka produksi madu pun juga akan ikut bagus dan banyak. Jadi bukan hanya memperoleh madu saja, tetapi Agan bisa mendapat sebuah vegetasi yang bagus. Misalnya saja seperti pohon belimbing, maka akan terjadi timbal balik antara pohon belimbing dan si lebah. Di satu sisi produksifitas madu semakin baik, di sisi yang lain juga bisa mendatangkan buah - buah belimbing yang segar.
 
Rekomendasi vegetasi : Bunga belimbing, Bunga Kaliandra, Bunga Bayam.

Penting : Jangan mendoping atau memberi pakan air gula kepada Madu Klanceng, karena akan mempengarui hasil madu yang di dapatkan.

Perlu di ketahui juga apa saja predator dari Lebah Klanceng ini yaitu seperti cicak, serangga, ataupun kodok. Jadi pastikan di lokasi tempat penangkaran tersebut bebas dari hewan - hewan yang ada di atas.

Nah untuk panen sendiri, apabila vegetasi mendukung maka di saat usia 3-4 bulan sendiri, Agan bisa mendapatan 300 ml dari setiap kotak penangkaran

Sangat menarik bukan? Semoga tulisan yang saya buat ini dapat memotivasi Agan sekalian untuk mencoba membudidayakan Madu Klanceng yang pada hari ini cukup di minati dan memiliki nilai ekonomis yang sangat menjanjikan.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Usaha Budidaya Madu Klanceng Saat Corona Bisa Untung "