Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Penyu Pipih

Gambar Penyu pipih

Penyu pipih ( Natator depressus ) hidup terutama di sekitar Australia dan hanya bersarang di pantai Australia. Meskipun penyebarannya terbatas, mungkin lebih sedikit yang diketahui tentang spesies penyu ini dibandingkan enam spesies penyu lainnya , yang penyebarannya lebih luas. Klasifikasi awal penyu pipih membuat para ilmuwan berpikir bahwa mereka terkait dengan Kemp's ridley atau penyu hijau , tetapi bukti pada tahun 1980-an membuat para ilmuwan menentukan bahwa mereka adalah spesies yang terpisah dan berbeda secara genetik.

Deskripsi

Penyu pipih (juga disebut pipih Australia) tumbuh sekitar 90 cm panjangnya dan beratnya sekitar 70-100 kg. Kura-kura ini memiliki karapas berwarna zaitun atau abu-abu dan plastron kuning pucat (cangkang bawah). Karapas mereka lembut dan sering muncul di tepinya.

Klasifikasi

  • Kingdom: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Reptilia
  • Order: Testudines
  • Keluarga: Cheloniidae
  • Genus: Natator
  • Spesies: depressus (disebut sebagai depressa di Daftar Spesies Laut Dunia (WoRMS))

Habitat dan Distribusi

Penyu pipih ditemukan di Samudra Pasifik, terutama di perairan Australia dan Papua Nugini dan kadang-kadang di lepas Indonesia. Mereka cenderung sering berada di perairan pantai yang relatif dangkal dengan kedalaman kurang dari 200 kaki.

Makanan

Penyu pipih merupakan omnivora yang memakan invertebrata seperti ubur - ubur , keramba, teripang, krustasea dan moluska , serta rumput laut.

Reproduksi

Penyu pipih bersarang di sepanjang pantai utara Australia, dari Australia Barat hingga Queensland.
Jantan dan betina kawin di lepas pantai. Perkawinan sering mengakibatkan gigitan dan goresan pada kulit lembut betina, yang kemudian sembuh. Betina datang ke darat untuk bertelur. Mereka menggali sarang dengan kedalaman sekitar 60 cm dan bertelur 50-70 telur sekaligus. Mereka mungkin bertelur setiap 2 minggu selama musim bersarang dan kembali setiap 2-3 tahun ke sarang.

Meskipun ukuran tubuh penyu pipih relatif kecil, telur penyu pipih luar biasa besar, meskipun mereka adalah penyu berukuran sedang, telur mereka hampir sebesar penyu belimbing, spesies yang jauh lebih besar. Berat telur sekitar 2,7 ons.

Telur mengerami selama 48-66 hari. Lamanya waktu tergantung pada seberapa hangat sarang, dengan sarang yang lebih hangat akan menetas lebih cepat. Bayi penyu memiliki berat 1,5 ons saat menetas dan membawa kuning telur yang belum tercerna, yang akan memberi makan mereka selama pertama kali di laut.

Di dekat sarang penyu pipih terdapat banyak predator tukik termasuk buaya air asin, kadal, burung, dan kepiting.

Begitu sampai di lautan, tukik tidak masuk ke perairan yang lebih dalam seperti spesies penyu lainnya, melainkan tinggal di perairan dangkal di sepanjang pantai.

Konservasi

Penyu pipih terdaftar sebagai Data Deficient di IUCN RedList, dan berada di bawah Australian Environment Protection & Biodiversity Conservation Act . Ancaman termasuk pengambilan telur, tangkapan sampingan dalam perikanan, predasi sarang dan tukik, terjerat atau tertelannya sampah laut dan perusakan habitat serta polusi.

Referensi dan Informasi Lebih Lanjut

  • Australian Government. EPBC Act List of Threatened Fauna.
  • IUCN Marine Turtle Specialist Group. Flatback Turtle: Natator depressus .
  • Red List Standards & Petitions Subcommittee 1996. Natator depressus. IUCN Red List of Threatened Species.
  • Spotila, James R. Sea Turtles: A Complete Guide to Their Biology, Behavior and Conservation 2004. The Johns Hopkins University Press.
  • SWOT. State of the World's Sea Turtles.
  • Waller, Geoffrey, ed. SeaLife: A Complete Guide to the Marine Environment. Smithsonian Institution Press. Washington, D.C. 1996.

Posting Komentar untuk "Fakta Penyu Pipih"