Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Minum Kopi Dapat Meningkatkan Daya Ingat?

Apakah Minum Kopi Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Peminum kopi sering bertanya-tanya apakah kafein dapat meningkatkan daya ingat mereka. Itu karena banyak orang yang secara religius mengonsumsi minuman tersebut memperhatikan bahwa mereka tampak lebih waspada ketika mereka minum kopi. Seorang peminum kopi, yang menggambarkan dirinya sebagai "orang pelupa" bersumpah bahwa ingatannya membaik setelah minum secangkir kopi.

    Namun apakah sebenarnya ada keterkaitan antara kopi dan daya ingat, atau apakah keterkaitan tersebut hanya ada di benak para peminum kopi? Dapatkan fakta tentang hubungan antara kafein dan memori dengan ulasan ini. 

    Bagaimana Kafein Bekerja

    Kafein adalah obat perangsang yang mempengaruhi otak secara langsung, dan telah terbukti dapat meningkatkan kewaspadaan . Namun, efek kafein pada memori lebih beragam.

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan beberapa jenis memori, khususnya aspek memori global. Penelitian yang lebih mendalam menunjukkan bahwa manfaat kafein pada memori bergantung pada keadaan. Ini berarti bahwa kafein hanya meningkatkan daya ingat jika digunakan baik pada saat mengambil informasi dan pada saat mengingat informasi nanti.

    Jika kafein tidak digunakan pada saat informasi diberikan, kinerja orang-orang akan lebih buruk jika mereka mengonsumsi kafein pada saat mereka perlu mengingat informasi tersebut. Di sisi lain, jika mereka mengonsumsi kafein saat menerima informasi, dan tidak mengonsumsi kafein saat mencoba mengingatnya, manfaatnya lebih buruk daripada jika mereka mengonsumsi kafein pada saat perlu mengingatnya.

    Studi lain menunjukkan bahwa dengan tugas memori tertentu, kafein sebenarnya memperburuk kinerja. Ini termasuk kinerja yang lebih buruk pada tugas informasi mengingat-mengingat tanpa diminta. Orang-orang juga mengingat lebih banyak kenangan palsu saat mereka berada di bawah pengaruh kafein, sehingga dapat memiliki efek merangsang otak untuk memunculkan ingatan secara tidak akurat. 

    Pengaruh Kafein pada Memori Orang Dewasa yang Lebih Tua

    Ada beberapa penelitian yang menggembirakan tentang penggunaan kafein pada orang dewasa atau lebih tua untuk melawan penurunan alami dalam memori yang terkait dengan usia. Sebagai contoh, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kafein mengurangi penurunan memori pada sore hari yang dialami oleh "orang pagi", orang dewasa yang lebih tua yang umumnya bekerja lebih baik di pagi hari daripada di sore hari.

    Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa kafein bukanlah cara yang dapat diandalkan untuk meningkatkan daya ingat pada orang tua. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa orang tua tampil lebih buruk pada tes memori episodik setelah mengonsumsi makanan yang mengandung kafein daripada mereka yang tidak. Dan meskipun ada bukti bahwa kebiasaan penggunaan kafein dikaitkan dengan sedikit keuntungan dalam memori jangka panjang, ini tidak melawan penurunan memori terkait usia.

    Karena kafein adalah zat adiktif, mencoba mengobati sendiri apa yang Anda yakini sebagai ingatan yang buruk sebenarnya dapat memperburuk keadaan. Misalnya, kafein cenderung mengganggu tidur Anda yang dapat menyebabkan masalah memori.

    Bicaralah dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda benar-benar memiliki masalah dengan ingatan Anda, cara lain untuk meningkatkan daya ingat Anda, dan berapa jumlah optimal kafein untuk Anda.


    Posting Komentar untuk "Apakah Minum Kopi Dapat Meningkatkan Daya Ingat?"