Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat yang Terkandung Di Dalam Kentang

Manfaat yang terkandung di dalam kentang

Kentang adalah tanaman yang termasuk kedalam umbi-umbian yang lebih cocok di tanam pada daerah yang lumayan tinggi, sekitar 1000 mdpl. Di Indonesia kentang memiliki nilai ekonomis yang lumayan tinggi karena dapat di gunakan sebagai sumber karbohidrat, kalori serta vitamin yang baik bagi tubuh. Kentang juga termasuk kedalam pangan utama ke 4 di dunia setelah gandum, jagung, serta padi. Di indonesia, produksi kentang sudah sangat berkembang hingga menjadikan Indonesia menjadi penghasil kentang terbesar di wilayah Asia Tenggara.

Selain nilai ekonomis yang cukup tinggi di indonesia, kentang juga memiliki banyak sekali manfaat bagi yang mengonsumsinya, Inilah beberapa manfaat yang dapat di berikan kentang :

1. Baik Untuk Jantung

Manfaat mengonsumsi kentang yang pertama adalah baik untuk jantung. Hal ini lantaran kentang memiliki kandungan serat kalium, vitamun B5, serta vitamin C yang tinggi apabila di olah dengan cara di kukus tanpa di kupas kulitnya.

Perlu di ketahui di sini bahwa baik untuk jantung bukan serta merta dapat mencegah atau mengobati penyakit jantung, tetapi dapat membantu mengatur aktivitas elektrik jantung.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat kedua dari mengkonsumsi kentang adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Hal ini dapat di lakukan karena di dalam kentang terdapat kandungan karbohidrat yang tinggi yang dapat mempertahankan kadar glukosa didalam darah. Karena hal inilah maka dapat mencegah otak mengalami kelelahan serta meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik.

6. Mencegah Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal adalah penyakit yang sangat menyakitkan dan biasanya lebih banyak di alami oleh seseorang berjenis kelamin laki-laki. Ternyata penyakit jenis ini dapat dicegah oleh kentang rebus. Hal ini lantaran umbi-umbian seperti kentang mengandung magnesium yang dapat menghambat pengendapan kalsium di dalam organ ginjal serta jaringan yang lain

Di tambah lagi kentang juga memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru menuju otak dan organ tubuh yang lainnya.

3. Memperkuat Tulang

Magnesium dan kalium dalam kentang berkontribusi besar terhadap kesehatan tulang. Kedua mineral ini membantu mencegah keropos tulang pada pria dan wanita dan juga memperkuat tulang.

4. Mencegah Kanker

Kentang mengandung folat yang berperan dalam sistesis dan perbaikan dalam DNA, sehingga dapat mencegah berbagai jenis sel kanker terbentuk karena mutasi pada DNA. Aasupan serat dari buah-buahan, sayuran serta umbi seperti kentang biasanya selalu di kaitkan dengan penurunan resiko kanker kolorektal (kanker yang tumbuh pada usus besar).

5. Membangun Kekebalan Tubuh

Berdasarkan penelitian, kentang juga berdampak bagi sistem kekebalan tubuh. Kentang bermanfaat untuk menurunkan leukosit yang diproduksi dalam tubuh manusia karena peradangan atau ketika seseorang sakit.

6. Mencegah Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal adalah penyakit yang sangat menyakitkan dan biasanya lebih banyak di alami oleh seseorang berjenis kelamin laki-laki. Ternyata penyakit jenis ini dapat dicegah oleh kentang rebus. Hal ini lantaran umbi-umbian seperti kentang mengandung magnesium yang dapat menghambat pengendapan kalsium di dalam organ ginjal serta jaringan yang lain.

7. Baik Untuk Pencernaan

Kentang baik untuk pencernaan lantaran umbi ini mengandung banyak serat, khususnya kentang yang di olah dengan dikukus tanpa di kupas. Selain itu kentang juga dapat membantu menjaga diare dan menjadi kaya akan kalium karena mineral yang hilang lantaran diare. Sebagian besar serat dalam kentang ditemukan didalam kulitnya.

8. Menyehatkan Kulit

Vitamin C memiliki peran yang penting didalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C dapat berfungsi sebagai anti oksidan untuk membantu kulit mencegah kerusakan yang di sebabkan oleh sinar matahari, ataupun asap kendaraan. Vitamn C ini juga banyak di temukan dalam Kentang. Di ketahui bahwa kentang yang di masak dengan cara di kukus tanpa di kupas dapat mempertahankan kandungan dari Vitamin C tersebut.

Kesimpulan

Apabila Anda ingin mengkonsumsi kentang dan ingin mendapatkan manfaat maksimalnya, Anda harus mengolah kentang tersebut dengan cara di kukus tanpa di kupas. Ini karena dengan cara di kukus, kandungan nutrisi di dalam kentang tidak akan hilang dan mengurangi penggunaan pengawet makanan.

Posting Komentar untuk "Manfaat yang Terkandung Di Dalam Kentang"