Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar-dasar Pengeditan Video dan Tips Agar Berhasil

Pengeditan video adalah bagian penting dari proses pembuatan konten, tetapi hal tersebut tidaklah merupakan keterampilan yang dapat langsung diperoleh. Mengetahui cara memulai dan perangkat lunak apa yang harus digunakan bisa sulit untuk pemula, tetapi dalam blog ini Saya akan memandu Anda melalui proses ini sehingga Anda dapat memulai pengeditan video dengan lebih percaya diri.

Apa yang Dilakukan Editor?

Editor video bertanggung jawab untuk menambahkan semua elemen ke video yang membuatnya siap untuk konsumen. Mulai dari menambahkan musik, efek suara, gambar, keterangan, A-Roll dan B-Roll, dan banyak lagi.

New Blue mengklarifikasi definisi editor video sebagai berikut: "Keyakinan umum seputar editor video adalah bahwa mereka mengambil, atau menghapus rekaman. Itu sebenarnya palsu. Editor video bertanggung jawab untuk menambahkan efek, transisi, format, judul, dan lainnya ke rekaman. Pekerjaan ini sangat penting karena mengubah klip video menjadi produksi yang tampak profesional."

Ketentuan Pengeditan Video yang Perlu Anda Ketahui

Seperti halnya perdagangan tertentu, ada beberapa istilah yang perlu Anda ketahui untuk pengeditan video.

Aspect Ratio : Tinggi dan lebar video Anda dan bagaimana video tersebut berhubungan satu sama lain. Aspect Ratio yang paling umum saat ini adalah 16:9, standar untuk video definisi tinggi.
A-Roll: Rekaman utama video Anda.
B-Roll: Rekaman sekunder video Anda (yaitu, pengisi).
Cut: Ubah dari satu bidikan ke bidikan lainnya.

Untuk menemukan lebih banyak istilah yang akan membantu Anda dalam perjalanan pengeditan video. Anda dapat belajar melalui otodidiak dengan mengandalkan internet. Hal itu saya rasa sudah cukup untuk dapat mengetahui istilah-istilah rumit yang mungkin baru anda ketahui.

Pilih Perangkat Keras (Hardware) Anda

Pengeditan video dapat menjadi proses yang menuntut komputer Anda bekerja keras. Komputer editing yang tepat akan memiliki prosesor multicore, banyak RAM dan solid-state drive (SSD) yang cepat.

Anda dapat memilih desktop atau laptop, tetapi sumber yang paling tepercaya merekomendasikan desktop untuk lebih banyak daya.

Pilih Perangkat Lunak (Software) Anda

Meskipun ada banyak perangkat lunak pengeditan video yang tersedia, dua utama yang akan Anda temukan adalah Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro. Adobe Premiere Pro ditampilkan di Adobe Creative Suite, sementara Final Cut Pro adalah perangkat lunak pengeditan video dari Apple.

Pemilihan software editor video

Perencanaan

Semakin banyak perencanaan yang dapat Anda lakukan, semakin baik.

Jika Anda baru mengenal pengeditan video, semakin banyak perencanaan yang dapat Anda lakukan semakin baik. Biteable menawarkan saran ini: "Miliki tujuan yang jelas dan spesifik untuk audiens. Apa yang Anda ingin video Anda lakukan? Siapa yang akan menontonnya? Memperjelas tujuan video akan membantu Anda menyajikan pesan dengan lebih menarik."

Perencanaan video editing

“Fokus pada satu ide pada satu waktu. Cari tahu apa ide utama dari video Anda dan fokuslah pada itu. Dengan tetap berpegang pada satu tema atau masalah pada satu waktu, Anda dapat membuat video yang lebih padat dan informatif. Bicaralah dengan audiens Anda. Video adalah percakapan. Saat menulis naskah Anda, pikirkan tentang pertanyaan, pemikiran, dan perasaan apa yang ada di benak pemirsa dan jawablah."

Manajemen file

Untuk pengeditan video yang sukses, Anda perlu untuk mengaturnya. Terdapat banyak sekali file yang dimasukkan ke dalam satu video, dan mengaturnya adalah satu-satunya cara untuk mengedit secara efisien. Membuat tempat sampah, memberi nama file, dan menyortir menurut jenis file adalah beberapa trik yang dapat anda gunakan agar tetap teratur. Selain itu, jangan lupa tentang fitur Search bar di Adobe Premiere Pro. Anda dapat menggunakan alat ini untuk membantu menemukan file yang Anda cari.

Adorama berbagi tip tentang menggunakan hard drive eksternal untuk memaksimalkan alur kerja Anda: “Cara lain agar Anda dapat bekerja lebih cepat adalah dengan menggunakan hard drive eksternal untuk menyimpan footage Anda, sehingga Anda dapat mengosongkan lebih banyak memori komputer. Kami menyarankan Anda memilih hard drive yang dapat dihubungkan melalui USB 3.0 atau Thunderbolt untuk memungkinkan transfer file lebih cepat. Selain itu, pertimbangkan untuk mengalokasikan RAM Anda agar dapat menggunakan lebih banyak untuk mengedit dan mendapatkan mouse gaming yang memungkinkan Anda menyetel fungsi pengeditan khusus untuk tombolnya.”

Memilih file yang benar

Konsumen sekarang terbiasa dengan gambar dan video berkualitas tinggi apa pun konten yang mereka tonton. Anda perlu menemukan gambar berkualitas dan stok footage yang tepat untuk digunakan dengan video yang Anda edit. Biasanya, Anda ingin menggunakan footage minimal 1080p atau lebih tinggi. Video beresolusi rendah dapat digunakan, tetapi akan terlihat perbedaan setelah sampai produk akhir.

Untuk foto, sebaiknya Anda menggunakan gambar besar dan berkualitas tinggi, baik jenis file .png atau .jpg.

Memilih Suara yang Tepat

Seperti yang disebutkan Biteable, “Kebanyakan dari kita akan memasang video dengan kualitas kurang dari HD jika suaranya berkualitas tinggi. Intinya, jika audio Anda tidak berfungsi, video Anda tidak akan sangat efektif. "

Pemilihan suara yang tepat

Memilih suara yang tepat membutuhkan trial and error. Anda harus memilih efek suara dari perpustakaan audio pilihan Anda, serta musiknya. Namun, Anda tidak akan tahu apakah Anda menyukai perpaduan musik dan video, sampai Anda mendengarkannya bersama. Pastikan untuk meluangkan waktu Anda untuk eksperimen, dan Anda akan mendapatkan hasil yang dapat Anda banggakan.

Anda juga perlu mengetahui hak cipta. Jika Anda hanya mengambil musik dari mana saja yang Anda suka, Anda berisiko mengalami masalah hukum. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan mendapatkan musik dari layanan musik bebas royalti.

Edit Untuk Cerita

Tugas Anda sebagai editor video adalah menceritakan sebuah cerita. Adorama menjelaskannya dengan baik, dengan mengatakan, "Lakukan lebih dari yang mendasar - memotong rekaman yang tidak relevan dan mengoreksi urutan klip Anda - dan mengambil kesempatan untuk membuat film Anda secara estetis dan secara dramatis menarik untuk membangkitkan emosi yang tepat dan secara efektif menyampaikan pesan yang Anda maksudkan. Gunakan pengetahuan praktis dan teknis Anda untuk mencapai hal ini daripada hanya menambahkan sekumpulan efek untuk mengesankan pemirsa Anda."

Selain itu, jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai jepretan. Seperti memilih suara, pengeditan video sebagian besar merupakan trial and error. Terkadang Anda akan menemukan inspirasi dengan mencoba hal-hal baru.

Transisi

Efek transisi video editing

Jika Anda baru mengenal pengeditan video, Anda mungkin ingin menggunakan transisi yang elegan di antara pengambilan gambar. Namun, hal ini adalah kesalahan besar. Transisi mengganggu dan menghilangkan video. Paling banyak yang perlu Anda lakukan adalah memberi warna hitam pada efek transisi.

Menambahkan Teks

Menambahkan teks ke dalam video Anda membuatnya lebih mudah diakses oleh pemirsa yang mengalami gangguan pendengaran dan juga akan membantu pengoptimalan mesin telusur. Terlebih lagi jik anda dapat menambahkan teks dalam bahasa internasional seperti bahasa inggris.

Format Video Anda

Ada berbagai macam format file video di luar sana. Yang paling sering Anda gunakan adalah MP4, yang diterima di sebagian besar layanan pengunggahan video. Untuk Adobe Premiere Pro, Anda dapat mengekspor menggunakan H.264 dan mengekspor dalam 4k 2160p berkualitas tinggi. Hal ini akan memungkinkan video Anda dapat diputar dalam 4K dan membantu membuktikan konten Anda di masa mendatang.

Pemasaran sebagai Editor

Meskipun sekarang editor video menjadi pekerjaan Anda, namun tetap penting untuk dicatat bahwa video Anda tidak akan berhasil jika Anda tidak memasarkannya dengan benar. Jangan takut untuk menjadi kreatif dan berpikir di luar kebiasaan.

Posting Komentar untuk "Dasar-dasar Pengeditan Video dan Tips Agar Berhasil"