Apakah Lobster Merasakan Sakit?

Apakah Lobster Merasa Sakit?

Metode tradisional untuk memasak lobster merebusnya hidup-hidup menimbulkan pertanyaan apakah lobster merasakan sakit atau tidak. Teknik memasak ini (dan lainnya, seperti menyimpan lobster hidup di atas es) digunakan untuk meningkatkan pengalaman makan manusia. Lobster membusuk dengan sangat cepat setelah mati, dan memakan lobster mati meningkatkan risiko penyakit yang ditularkan melalui makanan dan menurunkan kualitas rasanya. Namun, jika lobster mampu merasakan sakit, metode memasak ini menimbulkan pertanyaan etis bagi koki dan pemakan lobster.

Bagaimana Ilmuwan Mengukur Nyeri

Hingga 1980-an, para ilmuwan dan dokter hewan dilatih untuk mengabaikan rasa sakit pada hewan, berdasarkan keyakinan bahwa kemampuan untuk merasakan nyeri hanya dikaitkan dengan kesadaran yang lebih tinggi.

Namun, saat ini, para ilmuwan memandang manusia sebagai spesies hewan, dan sebagian besar menerima bahwa banyak spesies (baik vertebrata maupun invertebrata) yang mampu belajar dan pada tingkat kesadaran diri tertentu. Keuntungan evolusioner dari merasakan sakit untuk menghindari cedera memungkinkan spesies lain, bahkan mereka yang memiliki fisiologi berbeda dengan manusia, mungkin memiliki sistem analog yang memungkinkan mereka merasakan sakit.

Jika Anda menampar wajah orang lain, Anda dapat mengukur tingkat rasa sakit mereka dengan apa yang mereka lakukan atau katakan sebagai tanggapan. Lebih sulit menilai rasa sakit pada spesies lain karena kita tidak dapat berkomunikasi dengan mudah. Para ilmuwan telah mengembangkan seperangkat kriteria berikut untuk menetapkan respons nyeri pada hewan bukan manusia:

Menunjukkan respons fisiologis terhadap rangsangan negatif.
Memiliki sistem saraf dan reseptor sensorik.
Memiliki reseptor opioid dan menunjukkan respon yang berkurang terhadap rangsangan saat diberikan anestesi atau analgesik.
Mendemonstrasikan pembelajaran menghindar.
Menampilkan perilaku pelindung area cedera.
Memilih untuk menghindari rangsangan yang merugikan daripada memenuhi beberapa kebutuhan lain.
Memiliki kesadaran diri atau kemampuan berpikir.

Apakah Lobster Merasa Sakit

Bagaimana Ilmuwan Mengukur Nyeri

Para ilmuwan tidak setuju apakah lobster merasakan sakit atau tidak. Lobster memiliki sistem periferal seperti manusia, tetapi bukannya satu otak, mereka memiliki ganglia (gugus saraf) yang tersegmentasi. Karena perbedaan ini, beberapa peneliti berpendapat lobster terlalu berbeda dengan vertebrata untuk merasakan sakit dan bahwa reaksi mereka terhadap rangsangan negatif hanyalah refleks.

Meskipun demikian, lobster dan dekapoda lainnya, seperti kepiting dan udang, memenuhi semua kriteria untuk respons nyeri. Lobster menjaga lukanya, belajar menghindari situasi berbahaya, memiliki nosiseptor (reseptor kimia, termal, dan cedera fisik), memiliki reseptor opioid, merespons anestesi, dan diyakini memiliki tingkat kesadaran tertentu. Karena alasan ini, sebagian besar ilmuwan percaya bahwa melukai lobster (misalnya menyimpannya di atas es atau merebusnya hidup-hidup) menimbulkan rasa sakit fisik.

Karena semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa dekapoda mungkin terasa sakit, sekarang menjadi ilegal untuk merebus lobster hidup-hidup atau menyimpannya di atas es. Saat ini, merebus lobster hidup-hidup adalah ilegal di Swiss, Selandia Baru, dan kota Reggio Emilia di Italia. Bahkan di lokasi di mana merebus lobster tetap legal, banyak restoran memilih metode yang lebih manusiawi, baik untuk menenangkan hati nurani pelanggan dan karena para koki percaya stres berdampak negatif pada rasa daging.

Cara Manusiawi untuk Memasak Lobster

Cara Manusiawi untuk Memasak Lobster

Meskipun kami tidak dapat mengetahui secara pasti apakah lobster merasakan sakit atau tidak, penelitian menunjukkan kemungkinannya. Jadi, jika Anda ingin menikmati makan malam lobster, bagaimana caranya? Cara yang paling tidak manusiawi untuk membunuh lobster meliputi:

  • Menempatkannya di air tawar.
  • Menempatkannya dalam air mendidih atau memasukkannya ke dalam air yang kemudian dididihkan.
  • Memanaskan dalam microwave saat masih hidup.
  • Memotong anggota badan atau memisahkan dada dari perut (karena "otak" tidak hanya di "kepala").

Ini mengesampingkan sebagian besar metode pemotongan dan memasak yang biasa. Menusuk kepala lobster juga bukan pilihan yang baik, karena tidak akan membunuh lobster atau membuatnya pingsan.

Beberapa restoran menempatkan lobster di dalam kantong plastik dan meletakkannya di dalam freezer selama beberapa jam, selama waktu itu krustasea (Udang-udangan) kehilangan kesadaran dan mati. Meskipun solusi ini tidak ideal, ini mungkin pilihan yang paling manusiawi untuk membunuh lobster (atau kepiting atau udang) sebelum memasak dan memakannya.

Poin Utama

Sistem saraf pusat lobster sangat berbeda dengan manusia dan vertebrata lainnya, jadi beberapa ilmuwan menyarankan kami tidak dapat secara pasti mengatakan apakah lobster merasakan sakit atau tidak.

Namun, sebagian besar ilmuwan setuju bahwa lobster merasakan sakit berdasarkan kriteria berikut: memiliki sistem saraf tepi dengan reseptor yang sesuai, reaksi terhadap opioid, melindungi cedera, belajar menghindari rangsangan negatif, dan memilih untuk menghindari rangsangan negatif daripada memenuhi kebutuhan lain.

Menempatkan lobster di atas es atau merebusnya hidup-hidup adalah ilegal di beberapa lokasi, termasuk Swiss, Selandia Baru, dan Reggio Emilia.

Sumber

  • Barr, S., Laming, P.R., Dick, J.T.A. and Elwood, R.W. (2008). "Nociception or pain in a decapod crustacean?". Animal Behaviour. 75 (3): 745–751.
  • Casares, F.M., McElroy, A., Mantione, K.J., Baggermann, G., Zhu, W. and Stefano, G.B. (2005). "The American lobster, Homarus americanus, contains morphine that is coupled to nitric oxide release in its nervous and immune tissues: Evidence for neurotransmitter and hormonal signaling". Neuro Endocrinol. Lett. 26: 89–97.
  • Crook, R.J., Dickson, K., Hanlon, R.T. and Walters, E.T. (2014). "Nociceptive sensitization reduces predation risk". Current Biology. 24 (10): 1121–1125.
Lebih baru Lebih lama