Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Pakan Ikan Cupang Agar Berwarna Bagus

Sumber : Seputar Kita
Seputar Kita - Banyak orang yang baru saja ingin memulai memelihara ikan cupang hias tetapi tidak tahu makanan yang baik dan bernutrisi tinggi untuk ikan cupang hias. Padahal ikan cupang hias sangat membutuhkan makanan yang bernutrisi tinggi agar sirip dan warnyanya tetap terlihat indah dan menawan.

Hal ini terutama untuk jenis ikan cupang seperti Half Moon yang sangat membutuhkan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi agar sirip tetap terlihat indah dan menawan.

Kali ini Seputar Kita akan menjelaskan Rekomendasi Pakan Ikan Cupang Agar Berwarna Bagus dan bernutrisi tinggi yang pastinya dapat menambah kecantikan warna ikan dan kesehatan cupang hias peliharaan Agan.

Inilah list Rekomendasi Pakan Ikan Cupang

  1. Jentik nyamuk,
  2. Cacing Sutra,
  3. Kutu Air,
  4. Kuning Telur,
  5. Cacing darah.
Kenapa Saya merekomendasikan pakan ikan cupang yang terdapat di atas? hal itu akan saya bahas satu persatu agar lebih jelas.

Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk adalah makanan hidup terbaik untuk ikan cupang karena jentik nyamuk memiliki kandungan protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan ikan cupang. Jentik nyamuk sangat bagus untuk di berikan kepada anak cupang yang sudah berusia 2 bulan keatas. Karena dapat mempercepat perkembangan tubuhnya dan juga menyehatkan. Selain baik untuk anakan cupang, Jentik Nyamuk juga sangat penting untuk ikan cupang betina yang akan di pijahkan atau di kawinkan karena dapat mempercepat pertumbuhan sel telur betina sehingga hasil kawinan dapat optimal dan menghasilkan burayak yang berkualitas.

Cacing Sutra

Makanan selanjutnya yang cocok untuk cupang adalah Cacing Sutra atau memiliki nama lain cacing rambut untuk sebagian daerah. Menemukan cacing ini sangatlah mudah, Agan hanyalah tinggal menengok selokan yang kotor pasti akan ada kumpulan cacing jenis ini di dalamnya. Jika Agan merasa jijik untuk mengambilnya, maka Agan dapat membelinya di pedagang cupang dengan harga yang sangat murah.


Sama halnya seperti yang sebelumnya yaitu jentik nyamuk, cacing jenis ini juga sangat - sangat bagus untuk pertumbuhan cupang agar dapat mencapai bentuk tubuh sempurna dalam waktu yang lumayan cepat. Sebelum agan memberikannya kepada ikan cupang, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu cacing ini dengan air bersih. Pasalnya kotoran yang menempel pada cacing ini dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi ikan cupang.

Kutu Air

Kutu air merupakan makanan favorit bagi anak ikan cupang atau burayak. Burayak yang sudah berusia 3 hari biasanya akan mulai memakan kutu air yang bergerak - gerak di air. Namun kutu air ini tidak akan mempercepat pertumbuhan mereka karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya sedikit. Meskipun begitu, kutu air di anggap memiliki khasiat untuk memperkuat tulang dan mempercantik warna ikan cupang.


Maka dari itu, ikan cupang yang sudah dewasa juga menyukai hewan yang satu ini. Kutu air biasanya banyak di temukan di persawahan, sayangnya budidaya kutu air sangat sulit karena hewan ini umurnya pendek dan sangat rentan terhadap perubahan suhu air. Maka dari itu, kutu air biasanya di jual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan makanan ikan cupang yang lain.

Kuning Telur

Kuning telur juga dapat menjadikan alternatif untuk makanan anak cupang atau ikan cupang dewasa. Agan hanya tinggal mengukus kuning telur tersebut hingga matang kemudian berikan kepada ikan cupang sedikit demi sedikit. Namun ingat, jangan terlalu sering memberikan kuning telur ini karena dapat mengotori air dan mengganggu kesehatan ikan.

Cacing Darah

Meskipun dinamaan cacing, sebenarnya cacing darah bukanlah sejenis cacing. Cacing darah adalah larva serangga yang terlihat seperti cacing. Cacing darah adalah makanan terbaik untuk ikan cupang hias selanjutnya. Cacing darah Saya tempatkan di list terakhir karena cacing darah tidak terlalu bagus untuk ikan cupang hias karena memiliki zat besi terlalu tinggi di bandingkan yang lainnya. Namun cacing darah masih dapat menjadi makanan hidup alternatif apabila Agan tidak dapat menemukan jentik nyamuk, kutu air, ataupun cacing sutra di wilayah anda.

Itulah rekomendasi pakan ikan cupang yang telah saya kumpulkan dari berbagai sumber. Untuk Agan semua yang sudah mau membaca tulisan ini hingga selesai, saya ucapkan Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Pakan Ikan Cupang Agar Berwarna Bagus"