Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Ikan Cupang Pemula

Seputar Kita -  Trend memelihara ikan hias pada bulan Juli 2021 ini mulai naik lagi khususnya untuk Ikan Cupang atu biasa juga di namai dengan Ikan Betta.

Hal ini mungkin dampak dari diberlakukannya Work From Home atau di singkat WFH untuk masyarakat indonesia, khususnya daerah yang masuk dalam kategori Zona Merah.

Ikan Cupang mampu bertahan di dalam ruang yang sempit dan volume air yang sedikit. Ini merupakan nilai lebih jika ingin Ternak Ikan Hias yang satu ini. Karena tidak akan membutuhkan tempat yang besar untuk membudidayakan nya dan dapat menghemat pengeluaran air.

Cara Ternak Ikan Cupang Mudah
Sumber : Seputar Kita

Dengan segala kelebihan di atas, maka tak salah rasanya jika Anda mulai juga ingin mencoba Ternak ikan jenis ini. Untuk itulah, maka Saya akan mencoba memberi tips Anda agar dapat berhasil untuk memulai Ternak Ikan cupang.

Cara Ternak Ikan Cupang Pemula

Salah satu tips Ternak ikan cupang adalah Pilihlah ikan indukan dan jantan yang baik, apabila kedua orang tua ikan tersebut baik, maka dapat di pastikan akan menghasilkan anakan atau bibit yang baik pula.

Apabila Anda belum mengetahui dan tidak bisa membedakan antara ikan yang jantan maupun betina. Nah cara paling mudah untuk mengetahuinya yaitu melalui :

Bentuk Tubuh

Membedakan ikan cupang jantan dan betina

Biasanya bentuk tubuh Ikan jantan lebih kokoh dan sangar daripada ikan yang betina. Ikan betina banyak di jumpai memiliki bentuk tubuh yang lebih bulat dan memiliki warna yang lebih pudar atau pucat di bandingkan yang jantan.

Untuk mulai Ternak Ikan ini perlu di ketahui usia ikan jantan maupun betina yang optimal. Saya merekomendasikan usia 4-8 bulan untuk jantan dan 3-4 bulan untuk betina.

Lalu yang selanjutnya dalah pemijahan atau pengembang biakan Ikan Cupang. Setelah Anda mendapatkan indukan jantan dan betina yang sudah siap kawin, lalu sediakan wadah biasanya baskom  atau akuarium kecil dengan ukuran  minimal 20x20x20 cm.

Jangan lupa juga sediakan tumbuhan air seperti tumbuhan kiambang atau kayu apu yang biasanya mudah di temukan di sawah - sawah.

Ikan jantan sendiri dapat di kawinkan lagi dalam interval waktu biasanya 2-3 minggu lagi, namun ikan betina lebih baik hanya di kawinkan sekali saja atau maksimal 2 kali.

Pemilihan air

Perlu di ingat adalah jangan pernah menggunakan air dari PDAM yang mengandung kaporit. Karena hal ini dapat berakibat buruk pada ikan. Anda dapat menggunakan air sumur yang masih murni tanpa mengandung zat kimia. Tetapi, sebelum air tersebut Anda harus mendiamkan setidaknya 1 malam untuk proses pengendapan.

Itulah tips yang bisa Saya berikan kepada Anda, sebenarnya hal tersebut belum mencakup semuanya, namun Saya akan mencoba memberikan secara maksimal di lain waktu. Terimakasih untuk Agan yang sudah membaca sampai akhir. Terimakasih.


Posting Komentar untuk "Cara Ternak Ikan Cupang Pemula"