Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghemat Kuota Untuk Instagram

Cara Agar Instagram Tidak Boros Kuota Internet

Jika Anda sering menggunakan Instagram, Anda mungkin memperhatikan paket data Anda lebih cepat dari biasanya. Ini karena Instagram menghabiskan banyak kuota data seluler, terutama jika Anda terus menggulir gambar atau menonton banyak video IGTV. Untungnya, dimungkinkan untuk mengurangi penggunaan data Instagram tanpa mengurangi waktu Anda di platform. Pada artikel ini, perhatikan empat cara cepat menyimpan data seluler di Instagram.

Cara Menghemat Kuota Untuk Instagram


Instagram penuh dengan gambar, video IGTV, dan pengguliran tanpa akhir, yang merupakan gulungan berkualitas tinggi. Inilah sebabnya mengapa menghabiskan waktu di Instagram memakan lebih banyak data di ponsel Anda daripada hampir semua aplikasi media sosial lainnya. Karena itu, kami memiliki beberapa cara berguna untuk membuat aplikasi Instagram tidak memakan kuota internet terlalu banyak, yang diberikan di bawah ini.

1. Aktifkan Penghemat Data di Instagram (Android, iOS)

Instagram hadir dengan penghemat data bawaan, yang dapat Anda gunakan saat data hampir habis. Saat diaktifkan, ini mencegah video dari pramuat, yang pada akhirnya menurunkan penggunaan data. Namun, mungkin perlu waktu lebih lama untuk memutar reel dan video di feed Anda.

Untuk mengaktifkan Penghemat Data di Instagram:

Cara Agar Instagram Tidak Boros Kuota Internet

  • Buka Instagram dan buka profil Anda.
  • Di sini, klik menu hamburger dan pilih Pengaturan.
  • Klik Akun dan pilih Penggunaan Data Seluler.
Cara Agar Instagram Tidak Boros Kuota Internet
  • Di sini, aktifkan sakelar untuk penghemat data.

2. Nonaktifkan media resolusi tinggi (khusus Android)

Di bagian penghemat data yang sama, Instagram juga menawarkan opsi untuk menonaktifkan media resolusi tinggi. Seperti namanya, ini mengurangi kualitas media di platform untuk mengurangi konsumsi data.

Gambar dan video mungkin tidak terlihat setajam sebelumnya, tetapi Anda pasti akan menghemat banyak data seluler, dan segala sesuatunya akan dimuat lebih cepat dari biasanya. Opsi tersebut saat ini hanya tersedia untuk pengguna Android.

Untuk menonaktifkan media resolusi tinggi di Instagram:

Cara Agar Instagram Tidak Boros Kuota Internet

  • Buka Instagram dan buka profil Anda.
  • Di sini, klik menu hamburger dan pilih Pengaturan.
  • Klik Akun dan pilih Penggunaan Data Seluler.
  • Di sini, klik media resolusi tinggi dan pilih WiFi saja.

3. Gunakan Instagram Lite (khusus Android)

Seperti Facebook, Instagram menawarkan versi aplikasinya yang lebih ringan yang disebut Instagram Lite. Ini tidak memiliki beberapa fitur dari aplikasi utama, tetapi memuat lebih cepat dan mengkonsumsi lebih sedikit data seluler. Jadi, jika Anda memiliki koneksi internet atau paket data terbatas, coba gunakan Instagram Lite.

Aplikasi ini menawarkan semua fitur dasar termasuk cerita, DM, tab penjelajahan, dan bahkan gulungan. Namun, reel tidak dapat dibagikan dalam cerita. Ini juga berfungsi pada transisi kubus, animasi, filter AR, dan fitur live Instagram. Namun, mode gelap berfungsi.

4. Aktifkan Mode Penghemat Data Sistem

Baik Android dan iOS menyediakan mode hemat data bawaan. Saat dihidupkan, mereka akan membatasi aktivitas online latar belakang untuk memotong penggunaan data.

Mengaktifkan Penghemat Data Sistem

Di Android, Anda biasanya akan menemukan opsi di Pengaturan > Jaringan seluler > Penggunaan data. Sedangkan di iOS, Anda dapat mengaktifkan Pengaturan > Data seluler > Opsi data seluler > Mode data rendah.

Tips Periksa berapa banyak data yang digunakan oleh Instagram

Ingin mengawasi berapa banyak data yang digunakan Instagram? Baik Android dan iOS memungkinkan Anda melihat penggunaan data dari aplikasi yang diinstal di ponsel.

Di Android, buka Pengaturan dan pilih Jaringan Seluler. Ketuk penggunaan data di sini. Jika Anda menggunakan iPhone atau iPad, buka Pengaturan> Data Seluler dan gulir ke bawah ke daftar Aplikasi. Di sini, Anda dapat memeriksa data seluler yang digunakan oleh Instagram dan aplikasi lain di perangkat Anda.

Ini adalah beberapa tip cepat untuk menghemat data seluler di aplikasi Instagram untuk Android dan iOS. Metode di atas pasti akan membantu Anda mengurangi konsumsi internet di ponsel Anda dan Anda tidak perlu khawatir tentang kedaluwarsa paket data Anda. Jadi, coba lakukan mereka dan beri tahu saya pengalaman Anda di komentar di bawah. Jika Anda ingin menambahkan sesuatu yang lain, tetap saja, silakan hubungi.


Posting Komentar untuk "Cara Menghemat Kuota Untuk Instagram"