Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Aman Dalam Memakai Media Sosial

Tips aman dalam memakai media sosial

Internet penuh dengan bahaya para pengguna media sosial yang tidak bertanggung jawab. Di sini, di kami akan menjelaskan panjang lebar tentang bagaimana media sosial digunakan untuk melakukan penipuan finansial dan bagaimana Anda dapat memeriksa apakah akun media sosial Anda aman.

Penting untuk diingat bahwa aman atau tidaknya media sosial tergantung dengan bagaimana kita menggunakannua. Sama seperti mengemudi, jika Anda mengikuti beberapa tindakan pencegahan seperti memakai helm saat berkendara, sangat mungkin untuk tetap aman di media sosial dari sejumlah besar ancaman.

Berikut adalah beberapa poin yang dapat di terapan saat menggunakan media sosial.

Berbagi dengan hati-hati

Semuanya tidak perlu masuk ke media sosial. Tentu, ini adalah platform untuk berbagi pemikiran dengan semua orang, tetapi meskipun demikian, tidak semuanya harus di bagikan di media sosial. Informasi pribadi yang dapat diidentifikasi ( seperti foto detail rumah Anda ) dapat memberikan alamat rumah Anda kepada calon pencuri. Dan ini bukan hanya ancaman finansial, ingatlah bahwa apa pun yang Anda bagikan (teks, foto, atau video) akan tetap ada di sana selamanya meskipun Anda menghapusnya.

Sadar akan siapa yang bisa melihat apa

Berikut aturan dasar yang perlu diingat, jika Anda aktif di situs media sosial, Anda harus benar-benar mengetahui siapa yang dapat melihat apa yang Anda lakukan di sana. Itu berarti meluangkan waktu untuk masuk ke pengaturan privasi Anda dan membuat perubahan sesuai kebutuhan. Pastikan hanya orang yang Anda inginkan yang dapat melihat hal-hal yang Anda bagikan.

Lindungi akun Anda

Semua akun media sosial Anda adalah harta karun informasi bagi peretas dunia maya. Jika Anda tidak ingin akun Anda jatuh ke tangan yang salah, Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa hanya Anda yang dapat mengakses akun Anda dan bukan orang lain. Hal ini dapat dimulai dari menjaga kata sandi yang kuat untuk semua akun Anda, menjaga otentikasi multi-faktor, untuk memastikan bahwa setiap perangkat tempat Anda menggunakan akun media sosial. Baik itu smartphone, laptop atau desktop harus diamankan.

Jangan percaya semua yang Anda lihat

Media sosial telah mempersulit untuk memverifikasi semua yang Anda lihat sambil mempertahankan kemampuan untuk memengaruhi Anda secara emosional. Jadi, akan ada ribuan orang yang akan Anda temui di media sosial dengan banyak cerita sedih meminta sedikit bantuan finansial untuk bertahan hidup. Beberapa dari mereka akan tampak sangat meyakinkan dan Anda akan tergerak untuk menyumbangkan sebagian kecil dari tabungan Anda untuk tujuan yang baik. Tapi, tidak secepat itu. Semakin meyakinkan ceritanya, Anda seharusnya semakin waspada. Jangan percaya semua yang Anda lihat di dunia media sosial.

Lindungi ponsel Anda

Jika Anda termasuk di antara ribuan orang yang kebanyakan menggunakan media sosial dari perangkat ponsel , Anda juga harus memiliki tingkat perlindungan pada perangkat seluler Anda. Pertimbangkan  untuk memiliki aplikasi perlindungan di Smartphone milik anda.

Itulah beberapa poin yang dapat anda terapkan mulai dari sekarang agar Anda dapat terhindar dari hal yang tidak di inginkan dalam menggunakanan media sosial. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Tips Aman Dalam Memakai Media Sosial"