Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Dimaksud Kalimat Thayyibah ?

Kalimat Thayyibah

A. Pengertan Kalimat Thayyibah (Astagfirullahal'azim)

Kalimat thayyibah adalah kalimat yang baik untuk mengagungkan Allah. Salah satunya adalah "Astagfirullahal'azim" yang artinya "Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung".

Kalimat Astagfirullahhal'azim di ucapkan pada waktu kita melakukan kesalahan, baik kesalahan yang dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja. Setiap manusia pasti pernah berbuat dosa, baik kepada Allah SWT, kepada manusia, atau kepada mahluk lain, dan kepada diri sendiri. Kesalahan kepada orang lain misalnya menyakiti hati orang tua, mencuri, dan marah kepada teman. Kesalahan kepada diri sendiri misalnya lupa memakai helm saat berkendara ataupun dalam hal yang sepele misalnya salah saat menulis. Namun Allah SWT mempunyai sifat Maha Pengampun, Maha Pemurah dan Maha Penyayang. Maka apabila kita melakukan kesalahan, segeralah memohon ampunan kepada-Nya.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Asy-Syura ayat 25 :
وَهُوَ الَّذِيْ يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهٖ وَيَعْفُوْا عَنِ السَّيِّاٰتِ وَيَعْلَمُ مَا تَفْعَلُوْنَۙ - ٢٥

Artinya : "Dan Dialah yang menerima tobat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan dan mengetahui apa yang kamu kerjakan," (QS. Asy-Syura [42]: 25)

B. Waktu Mengucapkan Kalimat Astagfirullahal'azim

Kalimat Astagfirullahal'azim sebaiknya di ucapkan pada saat :
  • Melupakan kewajiban kepada Allah SWT;
  • Melakukan kesalahan;
  • Berdoa dan berzikir.
Nabi Muhammad SAW setiap hari beristigfar sebanyak 100 kali, sebagaimana sabda Rasulullah :
عَنِ اْلأَغَرِّ بْنِ يَسَارٍ الْمُزَنِي قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَآايُّهَا النَّاسُ تُوْبُوْا إِلَى اللهِ وَاسْتَغْفِرُوْهُ فَإِنِّي أَتُوْبُ فِي الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ.
Dari Agharr bin Yasar Al Muzani, ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,”Hai sekalian manusia! Taubatlah kalian kepada Allah dan mintalah ampun kepadaNya, karena sesungguhnya aku bertaubat kepada Allah dalam sehari sebanyak seratus kali”

Adapun bacaan Istigfar sebagai berikut :
أستغفر الله العظيم الذي لا إله إلا هو الحيّ القيّوم وأتوب إليه
Artinya : "Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, Tiada Tuhan Selain Dia, Yang Maha Hidup lagi Maha Berkuasa dan Aku bertaubat kepada-Nya."

C. Manfaat Membaca Istigfar

  • Menghapus dosa;
  • Menambah Rezeki;
  • Menyehatkan badan karena selalu berfikir positif;
  • Memudahkan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari

Sumber Referensi :

Posting Komentar untuk "Apa Yang Dimaksud Kalimat Thayyibah ?"